Beranda » Attractions » Lima Destinasi Primadona dalam Objek Wisata Belitung yang Wajib Dikunjungi
Wisata Belitung

JABEJABEHOLIDAY.ID, IDEAS FOR HOLIDAY – Halo Traveler berminat Wisata Belitung? berikut ini berbagai hal yang wajib dan Destinasi Favorit Belityng yang Traveler ketahui jika ingin berpakansi ke Negeri Laskar Pelangi, Pulau Belitung. Jangan sampai salah ya, nanti nyasar ke mana-mana lagi, karena itu Anda bisa melihatnya dalam artikel Lima Destinasi Primadona dalam Paket Wisata Belitung yang Wajib Dikunjungi.

 

Belitung Pulau Rekreasi

Banyak tulisan yang menyebutkan Wisata di Belitung dalam tajuk Belitung Sejuta Pesona. Tidak hanya tiga destinasi, namun keindahan panorama Belitung dan destinasi unik yang meliputi budaya dan tradisi menjadi daya tarik tersendiri.

  • Akses ke Pulau Belitung

Jika Anda memiliki waktu liburan dan ingin menikmati Paket Wisata Belitung, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian. Hal-hal ini penting diketahui demi kelancaran Anda saat berwisata di Pulau Belitung. Lagi pula, jauh-jauh kita membahas seputar destinasi favorit tanpa mengetahui akses dan kelancaran transportasi juga sama saja bo’ong kan Traveler.

Meski jalurnya terbatas, Belitung memiliki akses yang mudah. Yaitu jalur laut dan udara. Jika Anda berlibur bersama keluarga dan memilih Paket Tour Belitung, Anda bisa menggunakan pesawat terbang menuju Bandara Internasional H.A.S Hanandjoeddin Tanjungpandan, Belitung.

Adapun jalur kedua yaitu melalui jalur laut. Jika Anda menyenangi bepergian dengan kapal laut, maka bisa menggunakan Kapal Penumpang atau Kapal Cepat dan berlabuh di Pelabuhan Laskar Pelangi Tanjungpandan.

  • Transportasi di Belitung

Anda sudah berada di Belitung dan ingin berwisata? Untuk berlibur di Negeri Laskar Pelangi ini, alat transportasi yang mudah sih menggunakan sewa mobil. Disamping harganya relatif murah, Anda juga bisa mengakses destinasi wisata primadona di Belitung dengan mudah. Bukan tanpa alasan, karena jumlah taksi masih terbatas, tentu akan menyulitkan Anda ingin berlibur dengan santai.

Sebetulnya ada jenis layanan Bus Gratis, namun hanya mengantarkan Traveler dari bandara ke hotel-hotel di sekitar Tanjungpandan. Selain bus, Traveler juga bisa mengakses Ojol untuk transportasi sepedamotor dan mobil.

Jika Traveler menggunakan sewa mobil, umumnya, Driver Sewa Mobil Belitung sudah terbiasa membawa wisatawan ke area destinasi wisata dan berperan sebagai Guide.

 

Destinasi Wisata Belitung yang Wajib Dikunjungi

Lalu, kemana Tour Belitung Anda? nah di Belitung banyak terdapat destinasi, terutama pantai untuk bersantai. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi Destinasi Wisata Belitung Timur di Kecamatan Gantung, yaitu ke Kampung Laskar Pelangi. Berikut ini destinasi-destinasi yang bisa anda kunjungi saat di Belitung;

1. Pantai Tanjung Tinggi

Pertama. Kunjungilah Pantai Tanjung Tinggi. Pantai Tanjung Tinggi terletak di Desa Sijuk, Kabupaten Belitung. Jika Anda dari Tanjungpandan, jarak ke Pantai ini sekitar 37 kilometer atau 35 menit berkendara.

Pantai ini merupakan yang terelok di Belitung. Hamparan pasir putih, formasi granit-granit raksasa dan air laut yang tenang, membuat Anda betah berlama-lama.

Pantai Tanjung Tinggi terkenal setelah beberapa scene keindahannya termuat dalam Film Laskar Pelangi. Sebagaimana di film tersebut, anda tentu melihat batu besar tempat berdirinya beberapa anak Laskar Pelangi. Dan Batu tersebut merupakan salah satu objek foto menarik yang ramai dikunjungi wisatawan.

Dengan ombak pantai yang tenang, anda bisa aman untuk melakukan aktifitas air. Lakukan juga snorkeling untuk melihat keindahan alam bawah laut di Pantai Tanjung Tinggi.

2. Pulau Lengkuas

Kedua. Hopping Island di Belitung merupakan salah satu hal wajib. Adalah pulau utama yang dikunjungi tentu saja Pulau Lengkuas. Pulau bermercusuar dengan hamparan pasir putih, lautan jernih dan formasi granit berusia ratusan juta tahun.

Hingga saat ini mercusuar di Pulau Lengkuas masih aktif dan menjadi panduan bagi pelayaran nasional dan internasional. Lampu suar ini biasa dihidupkan petugas dari Kementrian perhubungan Ri pada sore hari, yaitu Pukul 18.00 WIB dan dimasikan pada pukul 06.00 WIB.

Eksplor pula keindahan pekarangan bawah laut di sekitar Pulau Lengkuas dengan bersnorkeling. Saksikan formasi schooling ratusan ikan yang akan mengelilingi anda saat bersnorkeling.

3. Museum Kata Andrea Hirata

Ketiga. Tidaklah lengkap jika Liburan ke destinasi Wisata Belitung Anda tanpa berkunjung ke Museum Kata Andrea Hirata. Museum ini terletak di Jalan Laskar Pelangi, Desa Lenggang, Kecamatan Gantung Belitung Timur.

Nikmati keunikan Museum Kata Andrea Hirata serta karya-karyanya yang fanomenal. Beberapa fragmen novel dan film Laskar Pelangi menghiasi dinding-dinding bangunan Museum Kata Andrea Hirata.

Selain karya-kaya Andrea, beberapa karya fenomenal sastrawan dunia juga dimunculkan di museum ini. Anda juga bisa melihat Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi di area belakang museum.

Pada tahun 2017, Museum Kata Andrea Hirata mendapatkan predikat Museum Terunik di Indonesia.

Untuk memasuki museum ini, Anda akan dikenakan tiket sebesar Rp.50.000,- dan akan diganti dengan kumpulan cerpen karya Andrea Hirata. Jangan lupa juga membeli oleh-oleh khas Laskar Pelangi yang juga dijual di museum ini.

4. Pulau Leebong

Pulau Leebong terletak di Kecamatan Badau, kabupaten Belitung. Jika menggunakan kendaraan dari arah Tanjungpandan, desinasi ini bisa ditempuh dalam 45 menit atau berjarak 49 kilometer. Satu-satunya akses pulau ini yaitu dari Pekabuhan Tanjung Ru. Dari pelabuhan ini Traveler menggunakan perahu nelayan yang khusus menuju pulau Leebong.

Sebelum ke Pulau Leebong, biasanya traveler akan diajak ke Pulau Pasir atau Gusong Pasir yang berdekatan dengan Pulau Leebong. Pulau Pasir ini memiliki panorama yang indah. Eksplor pula keunikan yang ada di pulau ini dan temukan bintang laut berwarna -warni. Oh ya, jika mau berfoto, lakukan dengan underwater camera. Karena tidak diperkenankan mengangkat bintang laut ke permukaan.

Paket ke Pulau Leebong sudah termasuk dengan makan siang dan menggunakan berbagai fasilitas dan kenyamanan di Private island ini. Anda bisa bermain sepeda, kayaking, standing paddle, serta keseruan lainnya.

Jika sudah berada di Pulau Leebong, kunjungi Chicas Beach atau Pantai Chicas di sebelah barat Pulau Leebong. Nikmati kenyamanan bersantai di Pantai Chicas. tersedia pula berbagai fasilitas umum dan warung kopi.

Bawa kamera anda, ambil keseruan mengambil dokumentasi di gazebo yang terdapat di pantai chicas.

5. Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi

Yuk telusuri jejak-jejak anak-anak Laskar Pelangi di Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi. Replika SD ini terletak di Desa Lenggang Kecamatan Gantung, Belitung Timur.

Sekolah yang terdiri dari beberapa ruangan ini merupakan rumah sekolah sederhana 10 anak para buruh timah di Kecamatan Gantung. Mereka bersekolah dalam keterbatasan namun kekurangan ini tidak memiskinkan semangat mereka dalam meraih prestasi.

Replika SD Muhammadiyah ini merupakan salah satu wisata sastera di Indonesia. Sejak Film Laskar Pelangi mendapatkan jutaan penonton, kini SD Muhammadiyah Laskar Pelangi ini menjadi objek Wisata Belitung yang banyak dikunjungi wisatawan.

 

Catatan Traveler

Demikian Traveler, semoga bahasan dari puzle-puzle di atas bisa memberikan referensi perjalanan Traveler saat berada di Pulau Belitung. Namun jika Traveler tidak ingin repot mengakses sana-sini, silahkan hubungi Travel Belitung yang bisa mengorganisir secara penuh perjalanan wisata Traveler.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.