Beranda » Budaya » Belitung Timur » Vihara Dewi Kwan Im Belitung Timur

JABEJABEHOLIDAY.ID, IDEAS FOR HOLIDAY – Jalan-jalan ke Pulau Belitung tidak melulu hanya mengunjungi wisata pantai. Tentu ada beberapa wisata religi dan budaya, salahsatunya adalah Vihara Dewi Kwan Im.

Jika Traveler berangkat langsung dari Bandara Internasional H.A.S Hanandjoeddin Tanjungpandan, Belitung melewati jalur Kecamatan Kelapa Kampit, menuju Dewi Kwan Im akan menempuh perjalanan sejauh 68,8 kilometer. Perjalanan tersebut jika berkendara akan memerlukan waktu sekitar 1 jam 17 menit.


Namun jika Traveler sudah berada di Kota Manggar (Ibukota Kab. Belitung Timur), jaraknya sudah dekat atau sekitar 18,2 kilometer yang ditempuh dengan berkendara memakan waktu 23 menit.

 

Dewi Kwan Im Pernah Bersembahyang di Altar Batu di Kon Im

Vihara Dewi Kwan Im atau biasa juga disebut Vihara Buddhayana Dewi Kwan Im ini merupakan salah satu situs yang sudah kuno dan paling tua di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Dari usia, Vihara yang dibangun di kaki Gunung Burung Mandi, Kecamatan Damar Belitung Timur ini kini telah berusia lebih dari dua abad atau 226 tahun. Dalam catatan sejarah, Vihara Dewi Kwan Im Belitung Timur ini ditemukan pertama kali pada tahun 1747.

Vihara Dewi Kwan Im Belitung Timur

Vihara yang merupakan terbesar di Pulau Belitung ini selalu ramai Pengunjung. Tujuan dan wisatawannya pun beragam, pengunjung tidak hanya dari etnis Tionghua dengan niat beribadah atau berdoa, karena unik dan memiliki pesona, pengunjung datang dari mana dan siapa saja.

 

Tiga Konon Melatarbelakangi Vihara

Vihara ini sangat banyak menyedot kunjungan wisatawan dikarenakan cerita unik dan ajaib yang mengiringi pembangunan vihara ini. Apa saja?
Konon Pertama, Dewi Kwan Im pernah bersembahyang di atas batu yang ada di Kon Im, salah satu tempat sembayang paling besar dan utama di vihara ini.
Konon Kedua, sebelum vihara dibangun, ada patung Budha Bodhisttwa yang muncul pada permukaan laut. Sejak kejadian tersebutlah, vihara ini dibangun.
Konon Ketiga, menurut ceritera para pemeluk dan kepercayaan agamanya, saat berdoa di Vihara ini selalu terkabul.

Untuk memasuki vihara ini, Anda harus menaiki anak tangga sedikitnya berjumlah sekitar 86 buah. Vihara ini memiliki tiga tempat sembahyang.
Pertama, Shimunyo yang berada di dekat anak tangga. Di tempat ini biasa digunakan untuk berdoa pada toapekong atau Dewa Laut. Kedua, Naik lebih ke atas, maka Anda akan menjumpai satu lagi tempat sembahyang bernama Sitiyamuni. biasa digunakan untuk berdoa pada Budha. Ketiga, Beranjak lebih ke atas, maka Anda akan menjumpai tempat sembahyang yang paling besar di vihara ini yaitu Kon Im. Bangunan yang pertama biasa digunakan untuk berdoa pada Dewi Kwan Im.

Kolam Tujuh Bidadari
Di kolam ini pengunjung yang datang dapat melemparkan koin, seraya mengucap doa dan permohonan. Sebagian orang mempercayai bahwa dengan melakukan hal itu apa saja permohonan atau doa mereka akan dikabulkan.

Vihara Dewi Kwan Im Belitung Timur

Keunikan Vihara Dewi Kwan Im

  • Berlokasi di dinding bukit serta memiliki hawa yang nyaman dan sejuk;
  • Tidak hanya sebagai tempat ibadah. Lebih dari itu, Vihara Dewi Kwan im bernilai sejarah, karena usianya sudah mencapai 2 abad lebih;
  • Memiliki panorama Pantai Burung Mandi. Pantai ini terlihat dari puncak Vihara.
  • Untuk mengoptimalkan objek fotografi Anda, Pengelola vihara mempersilahkan mengambil foto, dan mengenakan pakaian cina kuno yang disediakan di kuil.
  • Nama besar Vihara Dwi Kwan Im tidak hanya terkenal di dalam negeri melainkan di kalangan wisatawan mancanegara.

 

Patung Berukuran Raksasa : Dewi Kwan Im
Di puncak vihara terdapat patung berukuran besar Dewi Kwan Im. Patung ini memiliki tinggi hingga 12 meter. Pengunjung bisa menikmati dan berfoto di area ini melewati tangga-tangga vihara atau jalur samping jalan beraspal menggunakan kendaraan akses langsung ke patung ini.

Tidak tanggung-tanggung, matrial patung ini sengaja didatangkan dari Tiongkok. merakit dan membangunnya pun tidak mudah dan membutuhkan waktu dua tahun pengerjaan sebelum peresmian.

kehadiran patung ini menambah daya tarik vihara, sehingga pengunjung lebih ramai berwisata ke vihhara ini.

Selain sebagai tempat ibadah, dan memiliki pemandangan indah, Jika sedang beruntung, Anda akan melihat kawanan monyet yang turun dari atas bukit untuk mencari makanan ke vihara.

 

Objek Wisata Lainnya di Belitung Timur

Sudah pasti Traveler tidak hanya akan mengunjungi Kwan Im, beberapa destinasi berikut ini bisa menjadi reverensi untuk dikunjungi selama berada di Kabupaten Belitung Timur.

  • Pantai Wisata Burung Mandi

Mengunjungi Pantai Burung Mandi tentu adalah destinasi wisata yang terdekat dengan Vihara Dewi Kwan Im atau 1,3 kilometer. Traveler hanya membutuhkan waktu 2 menit dengan berkendara. Pantai ini menyajikan pemandangan yang cantik dan panorama memikat.

Di sepanjang pantai tersuguhi tempat bersantai dipayungi pepohonan kelapa dan pohon pinus. Burung Mandi memiliki garis pantai sepanjang dua kilometer. Sangat asyik bermain di pantai dan aman, karena pantainya landai.

Di sepanjang pantai terdapat kater, jenis perahu bercarik yang digunakan nelayan menangkap ikan.

  • Kota 1001 Warung Kopi

Apakah Anda penyuka kopi. Datanglah ke Manggar, Ibukota Belitung Timur. Terlalu banyak warung kopi di kota ini, satu dusun terdapat lebih dari 3 warung kopi. Tak heran jika disebut Kota 1001 warungkopi. Dari VIhara menuju Manggar hanya 18,2 kilometer, perjalanan berkendara pun bisa ditempuh selama 23 menit.

Manggar atau lebih luas lagi Belitung Timur bukan kota yang memiliki kebun kopi. Kopi-kopi yang ada mendapat pasokan dari kota-kota lain di luar Belitung.

Bedanya, meski bukan kota penghasil kopi, namun memiliki semangat ngopi yang luar biasa. Ngopi sudah menjadi tradisi.

  • Objek Wisata Unik Ngenjungak

Kunjungi juga Owun atau kependekan dari Objek Wisata Unik Ngenjungak. Destinasi ini ada di Kantor Disbudpar Kabupaten Belitung Timur. Ditempuh hanya dengan 28 menit dari Vihara Dewi Kwan Im, atau 21,9 kilometer dari destinasi wisata religi tersebut.

Budaya Belitung Timur dituangkan sepenuhnya di Galeri Owun. Guide Lokal Owun akan memandu Traveler dan menjelaskan tiap-tiap presentasi yang dipajang di Owun.

  • Museum Kata Andrea Hirata

Kampong Laskar Pelangi di Kecamatan Gantung merupakan destinasi favorit Belitung Timur. Ada beberapa destinasi yang bisa Traveler kunjungi, salah satunya Museum Kata Andrea Hirata. Hanya membutuhkan 45 menit dengan berkendara atau bisa Traveler tempuh sejauh  36,1 kilometer.

Museum Kata merupakan etalase dari karya-karya Andrea Hirata. Selain itu, beberapa scene film Laskar Pelangi karya Riri Riza juga bisa Traveler lihat di museum ini.

Untuk memasuki Museum Kata Andrea Hirata, Traveler harus mengeluarkan kocek sebesar Rp.50.000,- yang kemudian akan digantikan dengan buku kumpulan cerpen karya Andrea.

  • Geo Wisata Nam Salu

Belitung dikenal juga dengan wisata geopark. Warisan taman bumi yang menyajikan keindahan Geologi, Geo Diversity, Geo Biologi, serta Geo Culture. Geo Wisata Nam Salu atau lebih dikenal Open Pit Nam Salu di Kecamatan Kelapa Kampit, Belitung Timur adalah Pusat Geopark Belitong. Jarak dari Vihara ke Nam Salu sejauh 27,5 kilometer dan membutuhkan waktu 35 menit berkendara.

Open Pit adalah tambang terbuka, sementara Nam Salu adalah urat timah jalur selatan. Open Pit Nam Salu merupakan eks pertambangan timah berupa bekas tambang terbuka yang menyerupai spiral atau persis seperti bentuk obat nyamuk.

Bebatuan di Open Pit adalah yang tertua di Belitung, usianya sekitar 350 juta tahun. Di destinasi wisata ini Anda bisa melihat pesona eks tambang, di tengah-tengahnya terdapat danau. Pada beberapa titik, area ini memiliki tunnel atau goa eks tambang.

 

Eksplore Wisata Belitung Timur

Yuk jangan bingun, kunjungi Brlitung Timur dan eksplor wisata-wisata unik dengan panorama aduhai. Anda bisa melakukanreservasi Paket Tour Belitung 2 Hari 1 Malam, Paket Wisata Belitung 3 Hari 2 Malam, dan Paket Tour Belitung 4 Hari 3 Malam.

JabejabeHoliday juga menyediakan Paket Outing Belitung, Honeymoon Belitung, Paket Wisata Keluarga, Open Trip Belitung, serta varian paket liburan lainnya yang disesuaikan dengan minat dan keinginan Anda.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.