Beranda » Referensi » Rumah Makan Belitong Timpo Duluk

JABEJABEHOLIDAY.ID, IDEAS FOR HOLIDAY РRumah Makan Belitong Timpo Duluk berlokasi di Jl. Lettu Mad Daud, Tanjungpandan, Belitung. Akses yang lebih mudah yaitu dari Tugu Satam ke arah Barata atau menuju Kampong Parit. Posisi rumah makan ini persis di simpang  empat.

Sekedar informasi Traveler, jika Anda menginginkan menyantap makan malam di Resto Belitong Timpo Duluk, sebaiknya reservasi beberapa jam sebelumnya. Hal ini dikarenakan terbatasnya jumlah kursi tamu yang hanya dapat menampung sekitar 70 orang dan terbatas pula area parkir.

Belitong Timpo Duluk

Rindu Kuliner Klasik di Belitong Timpo Duluk

Rumah makan ini menyajikan kuliner lokal Belitong yang sudah banyak ‘dilupakan’ oleh generasi kekinian. Tentu saja seperti berego, sambal serai, dkk merupakan varian klasik yang bisa mengernyitkan generasi kekinian. Namun citra rasanya cukup mengobati kerinduan pada sajian tempo dulu.

Untuk masalah citra rasa tentunya sangat relatif. Terutama untuk wisatawan domestik, apa yang mencirikan makanan serta selera khas Indonesia tentu tidak akan jauh melenceng. Perbedaan yang ada hanyalah sedikit, dikarenakan terdapat tambahan bumbu-bumbu khas yang ada di daerah tersebut.

  • Nuansa Vintage

Tidak hanya ragam makanan tradisional nan klasik, Bagunan R.M. Belitong Timpo Duluk (BTD) atau disebut Simpor Bedulang pun mempresentasikan nuansa vintage. Di ruangan utama BTD, terdapat ornamen-ornamen klasik, mencirikan kearifan lokal Belitong.

Ornamen-ornamen ini kemudian membawa Belitong ke jaman tahun 80an. Beberapa properti dari tembikar menjadi hiasan di dinding-dinding resto. Tak nanggung, bahkan onthel jaman baheula pun ditempel di dinding resto, lengkap dengan keranjang pempang yang ditaruh di kursi belakang.

Nuansa klasik dan makanan yang juga klasik serta untuk ini memberikan daya tarik luar biasa. Tak ayal jika banyak Travel Belitung yang merekomendasikan tempat ini. Bahkan, beberapa selebriti tanah air pun sudah lebih dari selusin yang datang dan tak mau ketinggalan menikmati apa yang ada di Belitong Timpo Duluk.

  • Beberapa Menu Andalan di Belitong Timpo Duluk

Beberapa menu yang harus Anda coba di BTD antara lain; Gangan Kelapa Muda, Gangan Darat, Sambal Serai, Sate Ikan, Ayam Ketumbar dan lain-lain.

  • Makan Bedulang di BTD

Bedulang adalah ciri tradisional menyantap makanan, sebagai budaya khas Masyarakat Melayu Belitong. Dulang atau tempat makanan, sebuah nampan besar yang berbentuk bulat. Di wadah inilah beraneka kuliner Belitung tersaji. Diantaranya Ganagan Darat, Gangan (Laut), umumnya dijadikan menu utama dan khas Belitong.

Menyisiri tepiannya terdapat sate ikan, ayam, sambal serai, lalapan, dan sebagainya. Dulang ini ditutup dengan tudong saji. Satu dulang maksimal untuk dikonsumsi oleh 4 (empat) orang.

Sajian lauk-pauk pun sudah dihitung untuk empat orang. Contoh misalkan ikan empat potong, sate, telur empat potong, begitu pula halnya dengan jenis lauk yang lain.

Adapun makan Bedulang memiliki prosesi dan tahapan-tahapan. Misalnya siapa yang lebih muda akan mengisikan nasi ke dalam piring tiga orang rekan sedulang. Kemudian penggunaan lap tangan juga sudah terlipat dan bisa digunakan selalu di bagian yangbersih oleh empat orang.

 

Explore Kuliner Belitung

Menjelajahi Negeri Laskar Pelangi tidak hanya melulu pantai dan pulau. Anda juga bisa mengeksplor budaya, tradisi, serta kearifan lokal dan kuliner.

Untuk menikmati sajian lengkap Pulau Belitung, Anda bisa melakukan reservasi Paket Tour Belitung Reguler : Makan + Hotel + Tour, Wisata Belitung 2D1N, Wisata Belitung 3D2N, dan Wisata Belitung 4D3N.

Namun jika ingin memilih makanan yang disukai alias mengeksplor kuliner Belitong lebih dalam, Anda bisa mengambil Paket Tour Belitung Hemat : Hotel + Tour. Sedangkan untuk paket makanan bisa Anda pilih sendiri sesuai dengan keinginan dan selera Anda.

Tentunya Tour Guide Kami akan membawa dan mereverensikan kepada Anda apa dan di mana tempat-tempat kuliner terbaik dan khas di Belitung.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.