Beranda » Budaya » Belitung Timur » Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi

JABEJABEHOLIDAY.ID, IDEAS FOR HOLIDAY – Hi Traveler, yuk saatnya berlibur ke Pulau Belitung, Negeri Laskar Pelangi. Pertanyaannya ya kapan lagi? Jangan ngaku-ngaku Traveler nih kalau belum pernah mengunjungi Replika SD Laskar Pelangi.

Jika Ke Belitung tanpa mengunjungi Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi tentu kurang lengkap. Bangunan kayu ini sederhana. Kata Novelis Andrea Hirata, jika siang hari sekolah ini diperuntukkan oleh murud-murid belajar. Sedangkan malam hari sebagai kandang kambing.

Diakui atau tidak, boomingnya novel Laskar Pelangi yang kemudian diadaptasi menjadi film yang juga sangat banyak ditonton oleh masyarakat Indonesia membuat Bangka Belitung dikenal luas. Di kemudian hari, di dukung dengan keindahan alamnya dan akibat ‘goncangan’ Laskar Pelangi, sektor pariwisata khususnya di Pulau Belitung kian banyak diminati.

Apalagi Riri Riza sangat pintar dalam mengambil beberapa scene di film tersebut. Salah satunya Pantai Tanjung Tinggi. Momentum 10 anak Laskar Pelangi berdiri di batu besar sembari melihat pelangi adalah salah satu momentum terbaik.

Melihat Keindahan Pantai Tanjung Tinggi dalam Laskar Pelangi tentu mendorong banyak penontong untuk mengeksplor lebih jauh bagaimana keindahan pesona Pulau Belitung.

 

Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi

SD ini terletak di Desa Lenggang, Kecamatan Gantung, Belitung Timur. Di depannya terdapat halaman luas berupa bukit berpasir putih. Adapun bukit pasir putih ini adalah sampah dari pembuangan hasil pencucian timah. Beberapa angle eksploitasi timah tentu bisa Travveler lihat dalam film Laskar Pelangi.

Oh ya, tentu Traveler sudah pernah membaca Novel Laskar Pelangi atau menonton filemnya. Jika ya, pastinya sudah tahu benar bagaimana gambaran sekolah para anak buruh PN.Timah ini.

Bangunan Replika SD Laskar Pelangi ini terbagi ke dalam tiga ruangan. Dua ruangan belajar dan satu ruangan guru yang sempit juga berfungsi sebagai dapur.

Di dalam ruangan kelas hanya terdapat beberapa kursi kayu sederhana dan papan tulis hitam dengan alat tulis kapur. Sementara itu di sekeliling dinding terdapat beberapa gambar Pahlawan Nasional

Dalam film Laskar Pelangi yang digarap oleh Riri Riza dan Mira Lesmana, di sekolah inilah bagaimana Bu Muslimah yang diperankan oleh Cut Mini. Dengan bersemangat meskipun mendapatkan gaji yang tidak seberapa, Bu Mus dengan sabar mengajar 10 orang anak-anak Laskar Pelangi.

 

Dokumentasi SD Muhammadiyah Laskar Pelangi

1. Sisi paling instagramable dari Replika SD Laskar Pelangi

Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi Belitung Timur

Papan nama Replika Sekolah Laskar Pelangi ini adalah spot foto yang paling banyak diambil oleh wisatawan. Tidak heran jika di bagian ini pada ngantri. Tentunya dalam film belum ada papan nama seperti ini, namun setelah area ini dikelola oleh Pemerintah Desa Lenggang, Gantung, beberapa bagian sudah mulai dibenahi.

 

2. Papan Nama dan Logo SD Muhammadiyah Gantung Belitung Timur

Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi Belitung Timur

Pada masanya, Sekolah Muhammadiyah Gantong Belitung Timur merupakan satu-satunya atau sekolah Islam pertama di Pulau Belitung. Dengan berbagai pertimbangan dan kesederhanannya, SD ini menjadi tempat sekolah anak-anak kuli timah.

Namun, tidak menutup kemungkinan pada masa itu bagi orang tua kaya yang anaknya ingin menimba ilmu agama lebih dalam. Pilihan mereka adalah SD Muhammadiyah ini.

 

3. Meski sederhana, Replika SD Laskar Pelangi ini diresmikan oleh Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal Republik Indonesia, Ir. H.A. Helmi Faisal Zaini pada tanggal 27 November 2010.

Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi Belitung Timur

Jika dipikir-pikir, mungkin Sekolah Laskar Pelangi merupakan satu-satunya bangunan sederhana yang pernah diresmikan oleh seorang menteri. Karena umumnya hanya bangunan megahlah yang biasanya diresmikan oleh level seorang menteri.

Pada kenyatannya, apa yang terlihat pada Replika SD Laskar Pelangi bukanlah dari besar kecilnya bangunan atau bagus tidaknya bangunan, namun adanya spirit besar yang melatarbelakangi keberadaan sekolah tersebut. Nah, bagi yang pernah membaca buku dan menonton filmnya, melihat sekolah ini pun sudah memiliki chemistry tersendiri.

 

4. Ekspresikan dirimu di tiap sisi Sekolah Dasar Laskar Pelangi

Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi Belitung Timur

Mungin saja Bendera merah putih di depan Sekolah Laskar Pelangi ini adalah bendera yang paling instagramable. berbagai ekspresi wisatawan tercurahkan di depan Bendera Merah Putih ini, Merdeka!

 

5. Menikmati wisata sastera di Replika SD Laskar Pelangi sembari membaca buku kumpulan cerpen Andrea Hirata

Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi Belitung Timur

Menikmati sastera Karya Andrea Hirata di depan Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi tentu memunculkan sensasi tersendiri. Tiba-tiba semuanya tergambar dan serasa masuk ke dalam puzzle-puzzle kehidupan dan perjuangan 10 anak Laskar Pelangi.

 

Destinasi Wisata Lainnya di Kampung Laskar Pelangi

  • Museum Kata Andrea Hirata

Jangan lupa untuk mengunjungi Museum Kata Andrea Hirata di Jalan Laskar Pelangi, Desa Lenggang, Gantung, Beleitung Timur. Jarak dari Replika SD Laskar Pelangi ke Museum Kata Andrea hanya 1,8 kilometer yang bisa ditempuh dengan berkendara dalam waktu 5 menit.

Spirit terbesar Laskar Pelangi akan Anda temukan di Museum Kata. Berbagai karya Andrea Hirata kini dituangkan dalam wujud Museum Sastera.

Anda juga bisa melihat beberapa sekuel terbaik yang sebelumnya Anda lihat di Film Laskar Pelangi. Untuk lebih menyeret Anda ke dalam atmosphere Laskar Pelangi, Andrea juga membangun sebentuk Replika SD Laskar Pelangi di bagian belakang Museum Kata Andrea Hirata.

  • Batik Simpor

Jika Anda senang membeli souvenir, Anda bisa mengunjungi Batik Simpor. Galeri Batik ini terletak di Kampoeng Fifi atau persis di sebelah rumah keluarga besar Basuki Tjahja Purnama alias Ahok.

Batik ini diproduksi oleh masyarakat lokal dan menampilkan ciri khas lokal. Mungkin sebagian Traveler tahu bahwa Daun Simpor merupakan jenis daun lebar yang bisa didapatkan di hutan-hutan Pulau Belitung. Daun ini umumnya digunakan oleh ibu-ibu rumah tangga membungkus makanan.

Dengan ciri yang khas dan menjadi bagian dari tradisi Belitong, Daun Simpor kemudian diadaptasi menjadi motif batik yang indah dan menarik.

Selain Galeri Batik, Anda juga bisa hunting souvenir di Kampoeng Fifi. Anda bisa melihat banguna berbentuk Rumah Adat Belitong, sebuah bangunan kayu yang di dalamnya Anda bisa membeli beragam oleh-oleh khas dari Belitung Timur.

  • Dermaga Kirana

Dermaga Kirana atau dikenal juga dengan sebutan Rumah Keong terletak persis di Depan Replika SD Laskar Pelangi. Dermaga ini terletak di Sungai Lenggang, Gantung. Dalam novel Andrea Hirata, terdapat beberapa bagian ia menyebutkan atau bercerita seputar Sungai Lenggang.

Rumah Keong banyak digemari wisatawan karena memiliki bangunan yang unik, yakni menyerupai rumah keong. Ditambah lagi destinasi ini merupakan spot foto menarik yang harus Anda kunjungi.

Di Dermaga Kirana atau Rumah Keong ini juga terdapat perahu yang available untuk Anda yang ingin menyusuri keindahan Sungai Lenggang.

 

Jelajahi Kampung Laskar Pelangi Belitung Timur

Let’s Go Belitung, Yuk eksplor Kampung Laskar Pelangi. Jabejabe Holiday menyediakan berbagai macam paket wisata ke Belitung yang disesuaikan dengan karakter liburan Anda.

Diantara paket tour Belitung yang dilayani oleh Jabejabe Holiday diantaranya Paket Tour Belitung (reguler), Paket Outing Belitung, Paket Tour Belitung Tanpa Hotel, Honeymoon di Belitung, Open Trip Belitung, dan Paket Tour Belitung Hemat.

Silahkan lakukan reservasi paket dan lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan Travel Advisor Jabejabe Amazing Holiday untuk mendapatkan info lengkap.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.