Beranda » Paket Tour Belitung Timur » Eksplor Keindahan Pulau Sekepar di Belitung Timur

Hopping Island di Belitung Timur

Penulis: es/su3 | Editor: Subrata Kampit

JABEJABEHOLIDAY.ID, IDEAS FOR HOLIDAY – Pulau Belitong terkenal dengan wisata pantai dan pulaunya. Jika di  Kabupaten Belitung memiliki Pulau Lengkuas, maka di Belitung Timur ada Pulau Sekepar.

Meski memiliki karakter pulau dan pantai yang berbeda sebagaimana di bagian barat Belitung, Pulau Sekepar memiliki daya tarik tersendiri.

Rata-rata, pulau di Belitung memiliki halaman pasir yang memanjang, seperti Tanjung. Sebut saja Pulau Keran, Pulau Campang Kemudi, Pantai Tiram, demikian pula halnya dengan Pulau Sekepar.


Untuk diketahui, pulau ini terletak pada koordinat 3° 8′ 58.000″ LS, 108° 14′ 41.000″ BT dengan luas 9,41 hektar.

Setengah dari pulau ini berserambikan permadani pasir putih dan pepohonan kelapa yang mengitarinya. Di bagian lainnya, terdapat pesisir yang dipenuhi mangrove. Sementara itu rerumputan hijau melapisi sebagian pulau.

Untuk mengunjungi pulau ini dan pulau-pulau lainnya, traveler bisa melakukan hopping island (Tour pulau) di Belitung Timur.

Pulau Sekepar. Foto Instagram: @sekepar_island_belitung

Akses Menuju Pulau Sekepar

Kemudian, ntuk menuju pulau ini, traveler bisa menyewa perahu nelayan yang ada di Dermaga Gusong China, Desa Limbongan di Kecamatan Gantung Kabupaten Belitung Timur.

Adapun perjalanan menuju pulau ini membutuhkan waktu tempuh kurang lebih satu hingga dua jam, tergantung dari kecepatan kapal.

Kepemilikan Pulau Sekepar

Dilansir dari mediaindonesia.com, Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Babel Abdul Fatah tak menampik kepemilikan tiga pulau di Beltim.

Menurut Abdul Fatah, ia membeli ketiga pulau dari koceknya sendiri seharga Rp25 juta saat masih bertugas di Kementerian Dalam Negeri. Namun, ada juga yang merupakan warisan dari orang tua.

Di samping itu, Abdul Fatah pun menyebutkan bahwa dua dari tiga pulau tersebut adalah miliknya, yakni Pulau Bulukut dan Pulau Sekepar di Kabupaten Belitung Timur.

Karena di bawah pengelolaan manajemen, maka saat ingin berkunjung ke pulau ini akan lebih baik jika meminta izin terlebih dahulu kepada pengelola.

Pulau Sekepar. Foto: Randhica/Disparbudkepora Bangka Belitung.

Fasilitas Pulau

Oleh pengelola, pulau ini memiliki beberapa fasilitas untuk mendukung kenyamanan saat berkunjung.

Fasilitas tersebut di antaranya adalah dermaga yang mempermudah perahu saat berlabuh di pulau ini.

Di pulau ini terdapat dua gazebo yang terbuat kayu untuk bersantai. Selain itu, terdapat satu pondok yang juga terbuat dari kayu.

Something to Do

Objek wisata pulau ini memiliki jenis pantai landai berpasir putih yang di sekitarnya terdapat terumbu karang mati akibat pasang surut air laut. Terumbu karang ini muncul di atas permukaan air yang jernih.

Walau demikian, terdapat terumbu karang di bagian lebih dalam yang bisa dieksplor keindahannya.

Adapun kegiatan yang bisa dilakukan pengunjung yang datang ke pulau ini antara lain:

1. Berenang dan menikmati suasana di pesisir pantai;
2. Snorkeling;
3. Fun diving;
4. Spearfishing; dan
5. Memancing.

Hal yang tak kalah menarik lainnya dari pulau ini adalah menyaksikan sunrise (Matahari terbit) dan sunset (Matahari terbenam).

Destinasi Wisata di Sekitar

Hopping island alias tour ke pulau-pulau kecil tidak hanya ada di Kabupaten Belitung. Namun demikian, di Belitung Timur terdapat beberapa pulau yang berada di sekitar pulau ini.

Pulau-pulau ini di antaranya Pulau Ayam, Pulau Selanduk, Pulau Rotan, serta beberapa pulau kecil lainnya.

Apabila masih belum puas, kunjungi juga spot-spot destinasi wisata seperti Pulau Pasir atau Gusong yang juga terdapat di Perairan Laut Belitung Timur.

Dan jika ingin lebih menantang, traveler juga bisa melakukan aktifitas snorkeling, fun diving, Spearfishing, dan mancing.

Referensi

Rendy Ferdiansyah. 2018. Wagub Babel Akui Punya Tiga Pulau di Belitung Timur. mediaindonesia.com

Endro Siswono. 2020. Pulau Sekepar, Pulau Kecil Yang Indah Di Belitung Timur. belitungwonderful.com

Sekepar. Website Kementerian Kelautan dan Perikanan

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.