Beranda » Pulau » Barat Laut Belitung » Pulau Kelayang Belitung yang Menyimpan Keunikan, Ada Telaga Bidadari?

Berwisata ke Pulau Belitong akan terasa kurang jika tidak mengeksplor pulau-pulau, karenanya mengunjungi Pulau Kelayang menjadi salah satu poin yang tak boleh terlewatkan.

Namun demikian, sebelum memutuskan mengambil paket liburan ke Belitung, ada baiknya mengetahui destinasi apa-apa saja yang ada di Negeri Laskar Pelangi ini, salah satunya Pulau Kelayang.

Pulau Kelayang Merupakan Serambi Pantai Tanjung Kelayang 

JABEJABEHOLIDAY.ID, IDEAS FOR HOLIDAY – Pulau Kelayang Belitung terletak di sebelah Barat Laut Pantai Tanjung Kelayang. Jaraknya sangat dekat, bahkan terlihat dari Pantai Tanjung Kelayang dan bisa disebut Serambi Pantai Tanjung Kelayang.

Pulau kecil ini berada persis di sebelah Batu Garuda, bahkan gugusan Batu Garuda dikatakan sebagai bagian dari Pulau Kelayang.

Setengah bagian pesisir pulau ini terdiri dari hamparan pasir, gugusan batu granit raksasa, serta pepohonan kelapa dan jenis pohon lainnya seperti ketapang dan mangrove.

Meski kecil, namun panorama yang dimiliki Pulau Kelayang mampu menghipnotis wisatawan yang berkunjung. Bukan tanpa sebab, ternyata ada banyak keunikan yang dimiliki Pulau Kelayang.

Foto-foto Keunikan Pulau Kelayang

Pulau-pulau satelit yang berada di sekitar Tanjung Kelayang memang terlihat cantik. Perpaduan batu, pasir, dan pohon-pohon membuat Mahakarya Yang Maha Kuasa ini laiknya surga kecil di Pulau Belitong.

Lokasi dan Akses ke Pulau Kelayang

Jika menggunakan boat tradisional lokal, untuk mencapai pulau ini kurang lebih membutuhkan waktu sekira tujuh menit.

Untuk Traveler mengambil paket tour ke pulau-pulau (Hopping Island), maka destinasi yang dikunjugi pertama kali adalah Batu Garuda. Namun Traveler tak akan turun di area Batu Garuda karena pulau ini hanya memiliki hamparan pasir yang sempit, sehingga akan menyulitkan boat lokal untuk mampir.

Adapun yang dilakukan hanya mengambil foto dengan latar belakang Batu Garuda. Dan perlu diketahui, foto dengan latar belakang Batu Garuda ini sangat instagramable.

Mengapa Disebut Pulau Kelayang?

Pulau kecil ini sebetulnya tidak memiliki nama jelas. Ada yang menyebutnya Pulau Kelayang, ada pula dengan sebutan Pulau Batu Garuda. Di pihak lain mengatakan namanya Pulau Batu Kelayang, dan juga Pulau Batu Gerude. Ada banyak.

Penamaan Pulau Kelayang sepertinya memiliki persamaan dengan Pantai Tanjung Kelayang. Bagi masyarakat Belitung, kelayang merupakan burung walet. Ada kemungkinan di daerah ini banyak terdapat burung kelayang.

Terlepas dari banyaknya versi nama-nama tersebut, tentu saja tidak mengurangi keindahan dan keunikan yang ada di Pulau Kelayang.

Fasilitas di Pulau Kelayang

Bisa dikatakan tak ada fasilitas di pulau ini. Kalau pun ada hanyalah toilet sederhana. Kemudian ada pula warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman.

Kemudian di sisi -sisi warung terdapat beberapa tempat duduk yang dibuat seadanya sebagai tempat bersantai bagi pengunjung.

Ada Apa di Balik Telaga Bidadari?

Meski Pulau Kelayang tidak luas, namun trekking menuju bagian dalam pulau ini menjadi hal menarik untuk dilakukan pengunjung. Konon, di dalamnya terdapat telaga bidadari?

Memasuki bagian dalam pulau ini akan melalui jalan sempit dan sedikit menanjak. Tak berapa jauh, ternyata di sisi barat pulau ini terdapat beberapa batu granit raksasa yang memanjang secara vertikal, serta ada pula yang horizontal.

Kemudian di tengah-tengah gugusan granit vertikal ini terdapat sebentuk telaga di bawahnya. Telaga ini sebetulnya rembesan air asin yang masuk melalui celah-celah batu.

Konon, adanya air dalam wadah berbentuk telaga tersebut kemudian masyarakat lokal menyebutnya telaga bidadari. Dan, wisatawan yang berkunjung ke Pulau Kelayang ini selalu tak sanggup menahan diri untuk mandi di telaga tersebut.

Tukong Kelayang

Ada dua pulau kecil di sekitar Pulau Kelayang. Dua pulau itu adalah Batu Berlayar dan Tukong Kelayang. Oleh masyarakat lokal Belitong, tukong berarti anak, atau sebut sajak Tukong Kelayang yang berarti anak Pulau Kelayang. Karena itulah pulau kecil di sebelah Pulau Kelayang ini disebut Pulau Tukong Kelayang.

Berbeda halnya dengan nama Batu Garuda. Karena pulau di mana terdapat batu yang menyerupai kepala Burung Garuda tersebut memiliki penamaan tersendiri, maka tak disebut Tukong Kelayang.

Keunikan Pulau Kelayang Belitung

  • Formasi granit berusia ratusan juta tahun.
  • Panorama Batu Garuda.
  • Terdapat formasi unik berupa goa yang terletak di bagian barat pulau.
  • Terdapat Telaga Bidadari

Apa yang Dilakukan di Pulau Kelayang

  • Hunting foto menjadi hal paling menarik di Pulau Kelayang
  • Bermain atau mandi di pantai
  • Rilis tukik (Anak Penyu) dari Pulau Kelayang
  • Trekking Pulau Kelayang

Paket Liburan Apa yang Dipilih Untuk Berlibur ke Pulau Kelayang?

  • Hampir semua paket wisata di Belitung menempatkan hopping island (Tour Pulau), sebagai salah satu kunjungan utama. Terutama paket Belitung One Day Tour ke Pulau Lengkuas.

Destinasi Wisata di Sekitar Pulau Kelayang

Saat hopping island atau tour pulau-pulau keci di Belitung, anda tidak akan hanya mengunjungi Pulau Kelayang, masih ada beberapa pulau-pulau lainnya yang akan anda kunjungi.

  • Batu Berlayar

Pulau Batu Berlayar berada di sebelah Barat Lau Pantai Tanjung Kelayang. Untuk mendatangi pulau ini, anda tentu akan menggunakan boat tradisional lokal dan membutuhkan waktu kurang dari 20 menit.

Sama halnya dengan Pulau Kelayang, Batu Berlayar adalah pulau kecil dengan formasi batu granit yang berusia ratusan juta tahun. Batu-batu nan ini unik nampak dari kejauhan laksana kapal yang sedang berlayar di tengah lautan.

Tempat ini sangat bagus bagi penggila fotografi. Untuk diketahui, momentum terbaik pengambilan gambar di Batu Berlayar adalah saat sunset, sunrise, milky way, dan star trail.

  • Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas adalah ikon dan Primadona Wisata Belitung. Lengkuas merupakan tujuan utama hopping island di Belitung.

Di tengah pulau ini terdapat mercusuar yang dibangun pada tahun 1882. Hingga saat ini, mercusuar ini masih aktif dan menjadi panduan bagi pelayaran nasional dan internasional.

Nikmati suasana eksotis saat berada di Pulau Lengkuas. Jangan lewatka yang tak kalah seru, lakukan snorkeling di sekitar perairan Lengkuas. Saksikan keindahan terumbu karang dan sensasi asyik dikelilingi oleh ratusan ikan.

  • Pulau Kepayang

Pulau Kepayang merupakan salah satu pulau terbesar yang Anda kunjungi dalam kegiatan hopping island di Belitung. Luas pulau ini lebih kurang sekitar 3 hektar.

Di Pulau Kepayang terdapat restoran yang menyajikan berbagai varian menu seafood. Menu utama di resto ini adalah ikan bakar yang maknyus. Pilihan menu seafood lainnya adalah kepiting, udang, cumi, bahkan siput gonggong juga ada di sini.

Kemudian di pulau ini juga ada penangkaran anak penyu atau tukik. posisinya terletak di sebelah restoran Pulau Kepayang. Jika ingin, anda pun bisa me-release anak-anak penyu ini dari bibir pantai sebagai bentuk penyelamatan dan keberlangsungan lingkungan hidup.

Hotel-hotel yang Berada di Sekitar Pulau Kelayang

  • Capital O 399 Kelayang Beach Hotel Belitung

Kelayang Beach Hotel Belitung terletak di Jalan Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Hotel yang bersih dan memiliki panorama pantai ini memiliki fasilitas kamar yang nyaman, parking Area, restoran, Non-smoking rooms, Layanan Kamar, dan cleaning service.

Selain itu, untuk memberikan kenyamanan bagi tamu, fasilitas lain yang dimiliki hotel ini diantaranya air conditioner: all rooms, bath and yoilet: all rooms, shower: all rooms, TV, tooth brush and/or Toothpaste.

  • Truntum Village

Kemudian hotel yang bersih dan nyaman di sekitar Pulau Kelayang adalah Truntum Villlage. Hotel ini berada di Jalan Tanjung Kelayang, Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Penginapan yang berkelas ini terletak 1,2 kilometer dari Pantai Tanjung Kelayang dengan panorama Pulau Kelayang dan Batu Garuda.

  • Rock and Wreck Dive Resort

Rock and Wreck Dive Resort terletak di sisi Pantai Tanjung Kelayang Belitung atau hanya berjarak 55 meter dari pantai tersebut. Resort ini berjarak dekat dengan Pulau Kelayang, bahkan menjadi salah satu panorama yang terlihat dari resort.

Resort berbentuk bangunan khas Belitong ini dengan layanan 17 unit kamar serta fasilitas pendukung seperti area parkir, kopi/teh di lobby, layanan kamar, dan WiFi di area umum.

Tak hanya itu, guna kenyamanan pengunjung, resort ini juga memiliki kolam renang outdoor, taman, Bar, dan layanan resepsionis 24 jam.

  • Quins Style Resort Belitung

Quins Style Resort Belitung merupakan kelas hotel bintang tiga yang terletak dekat dengan Pulau Kelayang. Karenanya, untuk melihat pulau tersebut, cukup hanya dengan jalan kaki sebentar saja.

Akomodasi yang nyaman, bersih, dan modern dengan layanan professional; penuh perhatian, ramah, serta memiliki fasilitas Wifi, Restaurant, Room Service, dan Cleaning Service.

Let’s Explore Pulau Kelayang!

Berbagai Paket Tour Belitung menempatkan Pulau Kelayang sebagai salah satu tujuan destinasi, terutama saat tour Pulau. Anda bisa memilih Paket Tour Belitung 4 Hari 3 Malam untuk mengunjungi pulau ini. Namun jika waktu berlibur Anda lebih singkat, Anda bisa memilih Paket Tour Belitung 3 Hari 2 Malam dan Paket Tour Belitung 2 Hari 1 Malam.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.