Beranda » Pulau » Pulau Ayam Belitung Timur

JABEJABEHOLIDAY.ID, IDEAS FOR HOLIDAY – Wisata di Kabupaten Belitung Timur semakin ramai dikunjungi. Namun, diantara destinasi-destinasi ini terdapat beberapa yangmasih belum diketahui, salah satunya Pulau Ayam.

Pulau ini terletak di bagian selatan Belitung Timur. Persisnya diantara Pulau Melidang dan Pulau Selanduk. Untuk mengakses pulau ini dibutuhkan waktu sekitar 1 jam. Titik keberangkatan dari Pelabuhan Pasar Ikan (PPI), Kecamatan Gantung, Belitung Timur.

Setidaknya setengah jam menyusuri Sungai Lenggang hingga ke muara, dan sisanya adalah perjalanan dari muara ke Pulau Ayam.

Pulau Ayam Belitung Timur

 

Pulau Ayam / Love Island di Belitung Timur

Love Island

Beberapa pelaku wisata menyebutnya Love Island. Ini karena, jika dari kacamata kamera melalui angle View Bird, Pulau Ayam akan terlihat berbentuk love. Meski demikian pulau ini lebih dikenal dengan sebutan Pulau Ayam.

Di balik kealamian dan keasrian pulau ini, belum jelas asal-muasal mengapa disebut pulau ayam. Mungkin dari sisi tertentu, pulau ini juga berbentuk ayam atau pernah terdapat banyak ayam di dalamnya.

 

Karakter Pulau

Pepohonan kelapa mendominasi pulau ayam. Namun jika dilihat dari dekat, beberapa tumbuhan manrove mulai terlihat di sisi pantai.

Seperti pantai dan pulau-pulau lainnya di Belitung, Pulau Ayam memiliki pasir putih. Selain pohon kelapa dan mangrove, yang ada adalah rerumputan mengelilingi pulau.

Sepi sudah menjadi bagian dari pulau ini. Sangat cocok bagi rekan-rekan wisatawan yang ingin menikmati pantai dan pulau sembari mencari ketenangan.

Pulau Ayam Belitung Timur

 

Camping de Island

Pada tahun 2013 dan 2015, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur menggelar kegiatan Camping de Island.

Kegiatan ini melibatkan berbagai pihak yang memiliki kontribusi besar bagi promosi dan kemajuan pariwisata. Diantaranya pihak Travel Agency, Media, Backpacker, serta Tim dari Disbudpar Kab. Belitung Timur selaku penyelenggara. Bahkan beberapa wisatawan dan pelaku travel dari Singapura juga mengikuti acara ini.

Tujuan kegiatan ini terutama promosi, mengenalkan objek wisata Belitung Timur ke dunia luar.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.