Beranda » Pulau » Pulau Ayam Belitung Timur Destinasi Camping de Island

Pulau Ayam alias Love Island di Belitung Timur

JABEJABEHOLIDAY.ID, IDEAS FOR HOLIDAY – Wisata di Kabupaten Belitung Timur semakin ramai dikunjungi. Ada banyak destinasi pantai nan memesona, wisata budaya yang menarik, bahkan adal pula wisata sastra yang jarang ditemui di Indonesia seperti Musium Kata Andrea Hirata.

Seperti Kabupaten Belitung dengan kekuatan destinasi wisata pantai dan pulau-pulau kecil, nyatanya Kabupaten Belitung Timur pun memiliki pulau-pulau kecil nan cantik.


Namun, diantara destinasi pulau-pulu inik ini, masih terdapat beberapa yang belum diketahui, salah satunya Pulau Ayam.

Pulau ini terletak di bagian selatan Belitung Timur. Persisnya diantara Pulau Melidang dan Pulau Selanduk. Untuk mengakses pulau ini dibutuhkan waktu sekitar 1 jam. Titik keberangkatan dari Pelabuhan Pasar Ikan (PPI), Kecamatan Gantung, Belitung Timur.

Setidaknya setengah jam menyusuri Sungai Lenggang hingga ke muara, dan sisanya adalah perjalanan dari muara ke Pulau Ayam.

Mengapa Pulau Ayam Disebut Love Island?

Beberapa pelaku wisata menyebutnya Love Island. Ini karena, jika dari kacamata kamera melalui sudut pandang mata burung (bird view), Pulau Ayam terlihat berbentuk love. Meski demikian, pulau yang banyak ditumbuhi pepohonan kelapa ini lebih dikenal dengan sebutan Pulau Ayam.

Di balik kealamian dan keasrian pulau ini, belum jelas asal-muasal mengapa disebut pulau ayam. Mungkin dari sisi tertentu, pulau ini juga berbentuk ayam atau pernah terdapat banyak ayam di dalamnya.

Karakter Pulau Ayam

Pepohonan kelapa mendominasi pulau ayam. Namun jika dilihat dari dekat, beberapa tumbuhan mangrove mulai terlihat di sisi pantai.

Seperti pantai dan pulau-pulau lainnya di Belitung, Pulau Ayam memiliki pasir putih. Selain pohon kelapa dan mangrove, yang ada adalah rerumputan mengelilingi pulau.

Sepi sudah menjadi bagian dari pulau ini. Sangat cocok bagi rekan-rekan wisatawan yang ingin menikmati pantai dan pulau sembari mencari ketenangan, laiknya pulau pribadi.

Pulau Ayam Belitung Timur

Apa Saja Keistimewaan Pulau Ayam

  • Pulau yang cantik dan air laut yang jernih di sekitarnya
  • Pulau Ayam bisa dikatakan masih perawan alias lestari dan alami
  • Sunrise dan sunset menjadi salah satu sajian menarik di pulau ini
  • Laiknya private island, tak ada pengunjung lain dan memiliki suasana tenang dan nyaman

Apa yang Bisa Dilakukan di Pulau Ayam

  • Let’s trekking Pulau Ayam

Pulau Ayam tidak luas, kurang lebih hanya 1,5 hektar. Di tengah pulau banyak terdapat pohon kelapa dan rerumputan. Sementara itu di sekelilingnya terdapat mangrove.

  • Menikmati suasana pantai

Tidak semua area di sekeliling pantai ditumbuhi mangrove, sebagian kawasan pantai juga terdapat hamparan pasir putih. Tak jauh dari Pulau Ayam terdapat pulau selanduk dan gundukan pulau-pulau kecil, menjadikan panorama  yang indah untuk dinikmati.

  • Berburu foto

Tentu saja dokumentasi yang menarik di Pulau Ayam tak begitu saja bisa diabaikan, panorama nan indah membuat karya fotografi anda menjadi sangat menarik.

Pulau Ayam Belitung Timur

Akses Menuju Pulau Ayam

Ada banyak akses menuju pulau ini, salah satunya melalui Pelabuhan Pasar Ikan di Kecamatan Gantung. Namun demikian, pada dasarnya anda bisa mengakses pulau ini melalui pelabuhan-pelabuhan kecil di kawasan pantai bagian timur.

Destinasi Lain di Wilayah Pantai Timur

  • Pantai Bukit Batu

Pantai Bukit Batu merupakan pantai berpasir serta terdapat gugusan batu granit yang terletak di Desa Burung Mandi, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

  • Pulau Buku Limau

Pulau Buku Limau merupaka salah satu desa yang yang terdapat di Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

  • Pantai Burung Mandi

Pantai inimerupakan salah satu geosite yang dimiliki Belitong Geopark. Pantai ini terletak di Desa Burung Mandi, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

  • Pantai Nyiur Melambai

Pantai ini terletak di Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pantai ini seringkali menjadi pusat pertemuan dalam skala besar.

  • Pantai Olie Pier

Pantai ini merupakan pantai yang erat kaitannya dengan sejarah pertambangan timah di Belitung Timur. Pantai yang terletak di Desa Lalang ini merupakan tempat berlabuh kapal-kapal pengangkut timah, serta tempat pengisian bahan-bakar kapal-kapal tersebut.

  • Pantai Keramat

Pantai Keramat merupakan pantai yang bersambungan langsung dengan garis Pantai Nyiur Melambai. Berbeda dengan sebutan nama pantainya, saat memasuki pantai ini yang terlihat adalah pantai yang indah menawan berpasir putih.

  • Pantai Mudong

Secara administratif, pantai ini masih dalam area Kecamatan Gantung Kabupaten Belitung Timur. Namun demikian, pantai ini merupakan pantai terpanjang di Belitung Timur.

  • Pantai Serdang

Tidak jauh dari Pasar Lipat Kajang Kecamatan Manggar, terdapat pantai indah yang selalu ramai dikunjungi masyarakat lokal, yakni Pantai Serdang. Di pantai berpasir putih ini terdapat jejeran rumah makan yang menyajikan menu-menu seafood.

  • Pantai Tambak

Salah satu pantai yang terletak di Desa Sukamandi Kecamatan Damar adalah Pantai Tambak. Pantai ini merupakan dermaga bagi nelayan bekater (Perahu bercadik).

Di pantai ini terdapat wisata mangrove, di mana pengunjung bisa trekking melalui jalur yang dibangun oleh pengelola. Pengunjung juga bisa melihat hamparan pembibitan mangrove di area ini.

Camping de Island di Pulau Ayam

Pada tahun 2013 dan 2015, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur menggelar kegiatan berkemah, yakni Camping de Island.

Kegiatan ini melibatkan berbagai pihak yang memiliki kontribusi besar bagi promosi dan kemajuan pariwisata Belitung Timur. Diantaranya pihak Travel Agency, Media, Backpacker, serta Tim dari Disbudpar Kab. Belitung Timur selaku penyelenggara. Bahkan beberapa wisatawan dan pelaku travel dari Singapura juga mengikuti acara ini.

Tujuan kegiatan ini terutama promosi, mengenalkan objek wisata Belitung Timur ke dunia luar.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.