Beranda » Budaya » Belitung Timur » Pemandu Wisata di Belitung Timur Dilatih, Agar Wisatawan Puas dan Balik Lagi
Suasana pelatihan pemandu wisata budaya di Guest Hotel, Manggar. Foto: Istiewa/ East East.

Suasana pelatihan pemandu wisata budaya di Guest Hotel, Manggar. Foto: Istimewa/ East East.

BELITUNG TIMUR, JABEJABEHOLIDAY.ID – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur menyelenggarakan Pelatihan Pemandu Wisata Budaya. Pelatihan ini merupakan bagian dari 7 (Tujuh) rangkaian pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) Pariwarisata Belitung Timur DAK Non Fisik Tahun 2021, Kamis (7/10/2021).

Pelatihan tersebut akan dilaksanakan selama tiga hari, yaitu sejak 7 hingga 9 Oktober bertempat di Hotel Guest Manggar dengan peserta sebanyak 40 orang. Adapun para peserta ini berasal dari komunitas pengelola destinasi wisata, Pokdarwis dan penggiat kepariwisataan lainnya di Belitung Timur.

Pemandu wisata budaya lokal harus memahami kekayaan budaya dan menguasai teknik memandu wisatawan ketika wisatawan berkunjung ke daerah/desanya masing-masing. Keterampilan ini dimaksudkan supaya wisatawan yang berkunjung merasa puas, kemudian akan kembali lagi dengan teman dan keluarganya.

Guna mewujudkan keinginan tersebut menjadi nyata, panitia pelatihan menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya yaitu dari Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) – Belitung Timur dan Lembaga Adat Melayu (LAM) Belitung Timur.

Dalam paparannya, kedua narasumber dari perhimpunan tersebut mengangkat tema atau materi utama pelatihan, diantaranya pengertian kepariwisataan dan tahapan penyelenggaraan perjalanan wisata, prosedur merencanakan dan mempersiapkan pemanduan wisata budaya, potensi utama sumber daya budaya serta informasi umum dan khusus tentang budaya dan cagar budaya.

Peserta yang ikut pada Pelatihan Pemandu Wisata Budaya Belitung Timur diharapkan bisa mengikuti pelatihan dengan serius, di mana pelatihan tersebut terdiri dari beberapa sesi dengan materi berbeda terkait kepemanduan wisata budaya. Para peserta bisa berinteraksi, berdiskusi, dan aktif bertanya untuk menyerap ilmu yang disampaikan oleh narasumber.

Potensi wisata budaya, adalah salah satu potensi yang akan berkontribusi besar terhadap pembangunan sektor pariwisata Belitung Timur.***

Referensi

Disbudpar Belitung Timur

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.