Beranda » Pantai » Pantai Tanjung Tinggi, Destinasi Wisata Primadona di Negeri Laskar Pelangi

Pesona Pantai Tanjung Tinggi di Pulau Belitung

JABEJABEHOLIDAY.ID, IDEAS FOR HOLIDAY – Pantai Tanjung Tinggi merupakan salah satu pantai yang memesona di Kabupaten Belitung. Pantai ini menjadi salah satu destinasi utama kunjungan wisatawan yang berkunjung ke Negeri Laskar Pelangi.

Pilihan mengunjungi Pantai Tanjung Tinggi bukan tanpa alasan, bisa dikatakan pantai ini adalah salah satu pantai tercantik di Pulau Belitung. Penasaran kan, tentu bisa dibuktikan dengan mengunjungi pantai nan indah ini.

Dinamakan Pantai Tanjung Tinggi 

Tanjung  atau semananjung Tinggi diapit oleh dua tanjung, yaitu Tanjung Kelayang dan Tanjungpendam. Kedua Pantai ini, yaitu Tanjungpendam dan Tanjung Kelayang juga tak  kalah elok.

Perpaduan pantai berpasir putih, batu granit, pepohonan kelapa, serta air laut yang jernih merupakan beberapa unsur yang memoles keindahan Pantai Tanjung Tinggi.

Meski tidak dikelola oleh pemerintah setempat, namun demikian pantai ini cukup terawat dan sangat layak untuk dikunjungi. Beberapa fasilitas penunjang kenyamanan membuat anda betah saat berlibur di Pantai Tanjung Tinggi.

Asal-muasal nama Tanjung Tinggi diambil dari tingginya bebatuan granit yang  meraksasa di Pantai Tanjung Tinggi. saking besar dan tingginya formasi granit ini, maka disebut Tanjung Tinggi, atau Pantai Tanjung Tinggi. Dulunya, Pantai ini disebut  pelabuhan Bilik, yaitu tempat berlabuhnya kapal-kapal nelayan warga Keciput atau Tanjung Tinggi.

Area pantai yang memiliki luas 80 hektar ini berjarak 37 km dari Ibukota Belitung, Kota Tanjungpandan. lebih tepatnya Pantai Tanjung Tinggi ini terletak di sebelah utara Pulau Belitung.

Pantai Tanjung Tinggi yang berpasir putih memiliki area seluas 80 hektar dan terdapat gugusan batu granit besar dan tersebar di kedua semenanjung. Tak hanya di tepian pantai, bebatuan granit ini juga terdapat di tengah laut dan pesisir pantai.

Pantai Tanjung Tinggi Belitung

Fasilitas Pantai dan Warung Makan

Untuk kenyamanan pengunjung, pantai ini sudah lengkap dengan berbagai fasilitas. Diantaranya toliet, kamar mandi, mushola, warung makanan, serta fasilitas pendukung  lainnya.

Khusus warung makan, di sepanjang pantai ini terdapat warung makan milik warga setempat yang menghadirkan menu-menu seafood terbaik di Belitung.

Tentu saja aneka sajian lauk seafood ini berasal dari aneka hasil laut seperti ikan, udang, serta kepiting yang masih segar, sehingga kualitas rasa makanannya dijamin maknyus.

Dekat dengan Hotel-hotel Berbintang

  • Lor In Belitung Hotel & Resort

Lor In Belitung Hotel & Resort hanya berjarak 2,3 km dari Pantai Tanjung Tinggi. Berada di tepi pantai nan eksotis, Lor In Belitung juga memiliki akses yang dekat dengan pusat Kota Tanjungpandan dan bandara H.AS Hanandjoeddin.

Lor In Belitung Hotel & Resort yang memiliki 20 kamar memberikan pelayanan sempurna dan segala fasilitas yang semata-mata memanjakan para wisatawan.

Hotel ini juga menyediakan layanan resepsionis 24 jam, parkir valet, serta koran yang memberikan anda informasi terbaru tentang Belitung dan sekitarnya setiap harinya.

Adapun fasilitas kamar memiliki kotak penyimpanan dalam kamar, jubah mandi, bar mini, TV satelit/kabel, dan kamar bebas asap rokok.
Anda juga bisa menikmati suasana menenangkan dari kolam renang yang berada di luar ruangan, kolam renang anak, dan memancing.

  • Hotel Santika Premiere Beach Resort Belitung

Hotel ini terletak di sebelah Barat Laut Pulau Belitung dan hanya tiga menit berkendara dari salah satu pantai yang paling indah, Tanjung Tinggi.

Hotel Santika Premiere Beach Resort Belitung menawarkan alternatif yang nyaman dan akses yang sangat dekat dengan Pantai Tanjung Kelayang dan Pantai Tanjung Tinggi.

Dari hotel ini hanya membutuhkan waktu 45 menit berkendara di jalan yang sangat baik tanpa macet. Pebisnis dan wisatawan yang melancong ke Belitung akan mendapatkan kenyamanan dari hotel berkualitas tinggi.

Tentunya anda akan menemukan semua ini dan lebih banyak lagi di Hotel Santika Premiere Belitung bintang empat yang menyediakan 128 kamar dan 1 vila berstandar layanan kelas dunia dengan sentuhan khas Indonesia.

  • Swiss-Belresort Belitung

Swiss-Belresort Belitung adalah hotel bintang empat yang elegan, kontemporer, dan bergaya dengan kamar-kamar serta beberapa pilihan suite eksklusif; menjanjikan pemandangan pantai langsung dari balkon dan pemandangan yang menenangkan khas pantai tropis.

Hotel modern dan nyaman yang terletak di Kecamatan Sijuk Kabupaten ini hanya membutuhkan waktu 47 menit berkendara dari Bandara Internasional Hanandjoeddin.

Sama halnya dengan Lor In Belitung Hotel & Resort dan Hotel Santika Premiere Beach Resort Belitung, Swiss-Belresort Belitung pun berada sangat dekat dengan Pantai Tanjung Tinggi dan Pantai Tanjung Kelayang.

Atraksi

Apakah Traveler suka snorkeling? Nah buat Traveler yang suka melihat keindahan alam bawah laut, underwater Pantai Tanjung Tinggi memiliki kakayaan tersendiri. Saat Snorkeling, Traveler akan melihat kumpulan ikan Atherinomorus sp. Ikan ini suka berkelompok. Ribuan ikan ini membentuk formasi artistik ( schooling). Jelajahi pula keindahan terumbu karangnya.

Di pesisir pantai terdapat penyewaan perahu karet, kayak, serta standing paddle. Nikmati keceriaan berlibur Anda dan jangan lupa untuk bermain safety.

Jika Traveler lebih berani untuk agak dalam, yaitu sekitar 2 – 3 meter, akan dijumpai Acropora Branching, Foloise, Mushroom, dan Acropora Tumbulate. Terdapat pula softcoral dan akar bahar.

Pantai Tanjung Tinggi Belitung

Area Shooting laskar Pelangi

Karena keindahannya, banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke Pantai Tanjung Tinggi. Riri Riza pun tak mau ketinggalan, salah satu sudut cantik di pantai ini juga terdapat dalam film Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi.

Dalam film tersebut terdapat salah satu batu unik yang menjadi kini menjadi tempat favorit para pengunjung dan mengambil dokumentasi di tempat menarik tersebut sebagaimana di Film Laskar Pelangi.

Sejarah Granit Belitung

Kemunculan batu-batu granit raksasa di Pantai Tanjung Tinggi bukan tanpa sebab. Ratusan Juta tahun lalu, terjadilah pembekuan magma bersifat asam di puluhan kilometer kedalaman bumi. Beberapa waktu kemudian, karena proses tektonik, maka bebatuan dari lempengan bumi ini saling tubruk dan patah hingga muncul ke permukaan.

Menurut Pakar Geologi dari ITB, Ir. Budi Brahmatyo, batu-batu granit ini sudah cukup tua, yaitu sejak jaman triassic, atau sekitar 65 – 200 juta tahun lalu. Keunikan bentuk batu-batu granit ini terjadi secara alami karena transportasi angin, air, pelapukan, pengikisan serta berbagai faktor lainnya.

Hasil Penelitian Ahli Seputar Batu Granit Belitung

  • Berawal dari pembekuan magma bersifat asam dengan kandungan silika 65 persen.
  • Berusia 65 – 200 Juta Tahun.
  • Sudah ada sejak jama Triassic.
  • Muncul ke permukaan bumi disebabkan gempa tektonik.
  • Tersebar dari Belitung ke Pulau Bangka, kepulauan Natuna, hingga Semenanjung Malaya.
  • Terbentuk unik dikarenakan akibat pelapukan, pataha,  transportasi angin, es, dan air ratusan juta tahun.
  • Fenomena granit seperti gunung es yang mengerucut ke atas dan memiliki badan yang besar.

Saksikan Sunset Terbaik

Ambil waktu dan kesempatan hingga senja di Pantai Tanjung Tinggi. Saksikan keindahan sunset di sela-sela bebatuan granit. Jika Anda penggemar fotografi maka momen inilah yang sangat dinanti-nanti.

Pantai-pantai di sebelah barat Pulau Belitung merupakan tempat terbaik untuk menyaksikan sunset. Selain di pantai Tanjung Tinggi, Anda juga bisa melihat sunset di Pantai Tanjung Kelayang, Bukit Berahu dan Tanjungpendam.

Eksplor Tanjung Tinggi dengan Paket Wisata

Kami memastikan setiap Paket Tour Wisata Belitung akan mengunjungi Pantai Tanjung Tinggi. Sebagai contoh, dalam Paket Tour Belitung 4 Hari 3 Malam, Kami akan mengajak Anda ke pantai ini pada hari pertama.

Setelah Islands Hopping di hari kedua Paket Tour Belitung 3 Hari 2 Malam, Kami akan ajak Anda menikmati sunset di Pantai Tanjung Tinggi.

Bagaimana Traveler? yuk berwisata ke Belitung dan eksplor Pantai Tanjung Tinggi.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.