Beranda » Pantai » Pantai Tanjung Pendam Belitung Nan Menawan dengan Sunset Terbaik

Letaknya Strategis, Pantai Tanjung Pendam juga Dikelilingi Hotel

JABEJABEHOLIDAY.ID, IDEAS FOR HOLIDAY – Pantai Tanjung Pendam Belitung merupakan pantai legendaris yang paling ramai dikunjungi di Pusat Kota Kabupaten Belitung.

Tak hanya ramai dikunjungi oleh masyarakat lokal, bahkan wisatawan domestik dan mancanegara pun berkunjung ke Pantai Tanjung Pendam.

Letak Pantai Tanjung Pendam sangat strategis dan dikelilingi berbagai kelas hotel. Tak hanya itu, selain bisa menikmati suasana yang nyaman, di pantai ini juga dilengkapi berbagai fasilitas.

Akses Bandara H. AS Hanandjoeddin ke Pantai Tanjung Pendam

Jika anda baru tiba ke Pulau Belitung dan ingin bersantai di Tanjung Pendam, maka perjalanan dari Bandara H. AS Tanjungpandan ke pantai ini membutuhkan waktu 25 menit dan berjarak 15,9 kilometer, tanpa macet.

Akses Bandara H.AS Hanandjoeddin – Pantai Tanjung Pendam pun bisa dikatakan satu jalan lurus. Dengan berkendara, anda bisa melewati jalan raya ke arah Kota Tanjungpandan melewati Desa Buluh Tumbang, Desa Perawas melalui Jalan Jend. Sudirman menuju Jantung Kota Tanjungpandan yakni Tugu Satam atau sekarang dikenal dengan Satam Square.

Kemudian apabila anda sudah berada di Jantung Kota Tanjungpandan, maka perjalanan menuju ke Pantai Tanjung Pendam hanya memakan waktu satu menit atau dengan jarak satu kilometer.

Dari Jantung Kota Tanjungpandan tersebut, anda tinggal melewati Jalan Depati Gegedek yang langsung menuju Pantai ini.

Pantai Legendaris yang Memiliki Latar Belakang Sejarah Kejayaan PT Timah

Sebagai destinasi wisata terdekat dengan Kota Tanjungpandan, Pantai Tanjung Pendam Belitung tentunya memiliki sejarah yang erat keitannya dengan kejayaan eksploitasi timah di Pulau Belitung.

Dulu, area di sekitar Pantai Tanjung Pendam merupakan pemukiman atau komplek tinggal para petinggi PT Timah. Bahkan, hingga saat ini pun masih terlihat rumah-rumah besar yang pada eranya merupakan kediaman para elite PT Timah.

Sebut saja Wisma Burgenvile, Masjid Al Ihram, merupakan dua dari sekian banyak peninggalan PT Timah yang hingga kini masih bisa disaksikan.

Dikelola Oleh UPTD Taman Hiburan Pantai Tanjung Pendam

Setelah lama dikelola dan menjadi aset milik PT Timah, Pantai Tanjungpendam dengan luas 22 hektar ini kini sudah diserahkan dan dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Belitung sejak tahun 2000 hingga kini.

Adapun pengelolaan pantai oleh UPTD Taman Hiburan Pantai Tanjung Pendam yang berada di bawah Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung.

Sejak itu pula, beragam fasilitas mulai dibangun Pemda setempat untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung Pantai Tanjung Pendam.

Tiket Masuk ke Pantai Tanjung Pendam

Sebagai destinasi wisata yang kini resmi dikelola oleh UPTD Taman Hiburan Pemkab Belitung, Pantai Tanjung Pendam merupakan salah satu aset yang mendukung pendapatan daerah.

Karenanya, pengunjung yang ingin masuk dan menikmati kenyamanan beragam fasilitas di pantai ini dikenakan tiket Rp 3000,-

Setiap harinya, Pantai Tanjung Pendam dibuka pada pukul 08.00 WIB hingga malam hari, yakni ditutup pada pukul 23.00 WIB.

Panorama Pantai Tanjung Pendam

  • Sunset di Pantai Tanjungpendam

Ada banyak lokasi strategis untuk menyaksikan terbenamnya matahari (Sunset) di ufuk barat. Salah satunya tentu Pantai Tanjungpendam.

Bahkan, sama halnya di di Pantai Kuta Bali, menyaksikan keindahan sunset di Pantai Tanjungpendam Belitung merupakan salah satu agenda pada kunjungan wisata.

Perpaduan warna orange kemerahan yang perlahan tenggelam di balik horizon, awan, dahan pohon nyiur, perahu nelayan, dan Pulau Kalamoa menjadi keindahan sunset di pantai ini.

  • Pulau Kalamoa

Konon, Pulau Kalomoa disebut sebagai tempat membuang semua nasib buruk alias buang sial. Meski begitu, keindahan pulau ini tak selaras dengan ‘peruntukannya’.

Di Pulau Kalamoa terdapat Klenteng Naga Laut yang dibangun pada tahun 1951. Tempat itu juga merupakan salah satu kunjungan bagi peziarah.

Pulau Kalamoa menjadi panorama yang indah jika dipandang sudut Pantai Tanjungpendam. Pulau ini seolah menjadi gerbang laut bagi kapal-kapal yang memasuki Pulau Belitung.

Saat sunset, pulau ini merupakan salah satu foreground yang indah dipandang, dan bagi yang senang mengambil dokumentasi seperti fotografer, keberadaan pulau ini akan semakin memperkaya hasil fotografi.

  • Pantai Berpasir

Sama halnya dengan pantai-pantai lain di Pulau Belitung, hamparan pasir selalu menjadi permadani penghias bibir pantai. Demikian pula halnya Pantai Tanjung Pendam.

Namun demikian, di samping berpasir, sebagian area pantai merupakan lumpur. Karenanya untuk selalu berhati-hati saat menyusuri pantai.

Hampir setiap hari, banyak masyarakat lokal yang mencari keremis di pesisir pantai. Keremis merupakan sejenis kerang yang memiliki porotein tinggi dan sangat pas sebagai pendamping nasi.

Fasillitas Taman Hiburan Pantai Tanjung Pendam

Tak hanya sebatas panorama, sebagai salah satu destinasi wisata di Kabupaten Belitung yang dikelola pemerintah daerah, Pantai Tanjung Pendam memiliki fasilitas pendukung yang memastikan pengunjung merasa nyaman.

  • Pusat Pertunjukan

Pantai Tanjung Pendam memiliki ruang yang cukup luas untuk menampung jumlah pengunjung berjumlah ribuan. Selain itu, sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya, pantai ini terletak di area strategis dan dekat dengan pusat kota.

Dengan pertimbangan tersebut, di salah satu bagian area Pantai Tanjung Pendam dibangun Panggung Area Pertunjukan.

Di atas panggung serta sekitar area pertunjukan tersebut, seringkali digelar berbagai macam even yang diselenggarakan pemerintah daerah maupun swasta.

  • Fasilitas Olahraga

Di area Pantai Tanjung Pendam juga terdapat fasilitas olahraga, salah satunya Voli Pantai. Di Tanjung Pendam sering digelar Turnamen Voli Pantai Tingkat Nasional yang diadakan oleh Pemerintah Daerah.

Tak hanya voli pantai, di area pantai juga terdapat lapangan untuk permainan futsal.

Selain itu, di area ini terdapat jogging track. Setiap pagi, banyak sekali masyarakat lokal maupun wisatawan yang melakukan joging sembari menikmati kenyamanan di pantai.

  • Kios Wifi

Pengunjung juga mendapatkan fasilitas free wifi di pantai ini. Di area-area tertentu terdapat semacam kios berbentuk halte kecil untuk pengunjung bersantai sembari menikmati fasilitas wifi.

  • Artshop

Bagi yang ingin melihat galeri seni dan membeli souvenir khas Belitung, di Pantai Tanjung pendam juga terdapat area tersebut.

Artshop ini terdiri dari bangunan berjejer terpisah. Di situ, terdapat galeri lukisan, pernak-pernik unik, serta hal lain yang bisa anda jadikan buah tangan saat pulang dari berlibur.

  • Sentra Kuliner

Sama halnya dengan pantai-pantai lainnya di Belitung, di Pantai Tanjung Pendam juga terdapat sentra kuliner yang menyajikan makanan seafood Belitung.

Kemudian pada malam hari, rumah makan dan kafe-kafe ini juga tetap buka dan menyajikan berbagai hiburan untuk menarik pengunjung. Salah satunya sajian life music.

Sajian kuliner tak hanya didapati di kafe, jika anda menelusuri ke arah barat maka akan ditemukan warung-warung kecil di tepi pantai yang menambah kenyamanan saat bersantai.

  • Taman Bermain Anak-anak

Tak hanya memberikan kenyamanan dan kesenangan bagi orang dewasa, di sisi timur Pantai Tanjungpendam juga terdapat area mainan anak-anak.

Area taman bermain anak-anak ini terletak di sebelah sentra makanan dan tak jauh dari pesisir pantai.

  • Mushola dan Toilet

Dan, dua fasilitas pendukung yang tak boleh tak ada tentu saja toilet dan sarana ibadah, yakni mushola.

Fasilitas ini selalu dirawat demi kenyamanan pengunjung lokal dan bagi mereka yang berlibur ke Belitung serta menyempatkan diri menikmati kenyamanan di Pantai Tanjung Pendam.

Hotel di Sekitar Pantai Tanjung Pendam

  • Hotel Grand Hatika

Hotel Grand Hatika merupakan hotel bintang empat yang terletak di Jalan Kemuning A.16 Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia, 33414.

Hotel ini memiliki total 153 kamar dan suite hotel dengan interior desain modern – minimalis. Di samping itu, Hotel ini juga dilengkapi dengan kolam renang, WIFI di area umum, Restoran dan Lounge, Meeting & Convention Hall, dan fasilitas perjamuan yang sempurna untuk tamu bisnis dan liburan.

  • Fairfield by Marriott Hotel

Fairfield by Marriott Belitung merupakan hotel bintang empat yang terletak di Jalan Pattimura No 1, Kel. Tanjung Pendam, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Indonesia, 33415.

Hotel ini memiliki total 136 kamar tamu bebas-rokok dengan Layanan pembersihan kamar harian. Berada di tepi pantai, Fairfield by Marriott Hotel memiliki restoran dan 2 bar/lounge, kolam renang outdoor, kolam renang anak, kamar mandi pribadi, dan Channel TV premium.

  • BW Suite Hotel Belitung

BW Suite Belitung merupakan hotel bintang empat yang terletak di Jalan Pattimura, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung , Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia, 33414.

BW Suite Hotel Belitung dilengkapi dengan 202 kamar, Bar, Ruang Karaoke, tempat Biliar, Kolam renang pantai, Coffee Corner, Gym, dan Spa yang akan membuat hari berlibur Anda di Belitung lebih sempurna.

  • Golden Tulip Essential Belitung Hotel

Golden Tulip Essential Belitung Hotel merupakan hotel bintang tiga yang terletak di Jalan. Seroja A88-A90, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia.

Golden Tulip Essential Belitung memiliki 76 kamar yang didesain memberikan untuk kenyamanan bagi pengunjung. The Branche Restaurant & Bar juga akan memanjakan lidah anda dengan aneka menu pilihan makanan dan minuman khas Belitong.

  • Harlika Jaya Hotel

Hotel Harlika Jaya merupakan hotel bintang satu yang terletak di Jalan. Melati No.A 43, Tanjungpandan, Kab. Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia, 33415.

  • Lux Melati 

Lux melati Hotel merupakan hotel bintang satu yang terletak di Jalan Melati No.72, Kecamatan Tanjungpandan Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia, 33411.

Bangunan dua lantai Hotel Lux Melati memiliki 27 kamar. Hotel yang bersih, apik, cukup luas dan lapang dengan furniture khas Belitung ditambah pelayanan optimal dari staff demi menambah kenyamanan para tamu yang berlibur ke Belitung.

Tips Hemat dan Aman Liburan ke Belitung

Pertama, reservasi paket tour belitung. Disebut hemat alias murah karena Tour & Travel di Belitung memberikan harga rental mobil atau kendaraan yang sudah masuk dalam itinerary lebih murah.

Kedua, Tour & Travel akan merekomendasikan penginapan yang disesuaikan dengan budget anda namun tetap nyaman selama anda berlibur.

Ketiga, jika wisatawan memilih paket hemat dan tak ingin bermewah-mewah dalam urusan konsumsi, maka guide akan menunjukkan tempat kuliner yang disesuaikan dengan keinginan anda.

Keempat, dengan petunjuk guide, anda hanya akan mengunjungi destinasi wisata terbaik dan menyenangkan. Namun jika tanpa pemandu, anda tak hanya boros uang, waktu pun jadi tak efesien.

Let’s Explore Belitung

Yuk jelajahi Belitung. Anda bisa melakukan reservasi berbagai varian Paket Tour Belitung. Sebagai penyedia wisata Travel ke Belitung, Kami akan memberikan pilihan berwisata kepada Anda.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.