Beranda » Pantai » Pantai Tanjung Kelayang Belitung, Pesona Batu Granit dan Pasir Putih di Semenanjung

Tanjung Kelayang Pantai Berbatu Tempat Hiburan di Hari Minggu

JABEJABEHOLIDAY.ID, IDEAS FOR HOLIDAY – Pantai Tanjung Kelayang Belitung merupakan salah satu pantai yang wajib dikunjungi saat Traveler berlibur ke Belitung.

Keindahan pantai Tanjung Kelayang yang terletak di Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kab. Belitung, Prov. Kep. Bangka Belitung ini tentu tak perlu diragukan. Ombaknya yang tenang, hamparan bebatuan granit, pasir putih, deretan nyiur melambai menambah keindahan pantai ini.

Pada hari libur, pantai ini sangat ramai dikunjungi oleh masyarakat lokal, wisatawan domestik serta wisatawan manca negara. Tak heran jika Pantai Tanjung Kelayang merupakan salah satu destinasi utama pariwisata Belitung.

Lokasi dan Rute

  • Bandara – Pantai Tanjung Kelayang

Jarak antara Bandara H.AS Hanandjoeddin Tanjungpandan ke Pantai Tanjung kelayang adalah 32,4 kilometer dengan waktu tempuh 41 menit dengan berkendara.

Waktu yang ditempuh relatif singkat, mengingat Pulau Belitung yang anti macet sehingga memberikan kenyamanan saat berkendara menuju tiap-tiap destinasi wisata di Belitung.

Rute yang ditempuh adalah jalan pintas melalui perkebunan sawit di Desa Air Selumar Kecamatan Sijuk menuju arah Lorin di Desa Keciput Kecamatan Sijuk.

  • Kota Tanjungpandan – Pantai Tanjung Kelayang

Sementara itu jika anda berangkat dari hotel di Tanjungpandan menuju Pantai Tanjung Kelayang, maka dengan berkendara akan memakan waktu 37 menit untuk menempuh jarak 27,5 kilometer. Adapun rute yang dilalui adalah Jalan Sijuk.

Why You Should Visit Tanjung Kelayang Beach?

Ada empat alasan mengapa anda wajib menikmati pantai ini:

  • Something to See

Memiliki panorama yang cantik, berpasir putih, berpayungkan pepohonan kelapa, dan memiliki air laut yang jernih. Selain itu, Pantai Tanjung Kelayang juga memiliki panorama Batu Garuda dan Pulau Kelayang.

  • Something to Do

Bagaimanapun, anda akan bosan jika hanya melihat hamparan laut biru dan pasir putih, di pantai ini bisa melakukan banyak hal yang membuat suasana berlibur semakin menyenangkan.

Di pantai ini anda bisa mandi dan snorkeling. Untuk melengkapi kegembiraan berlibur, ada penyewaan kayak yang bisa anda mainkan di pesisir pantai. Bahkan, jika memang piawai berkayak, anda bisa menggunakannya untuk mengelilingi Pulau Batu Garuda dan pulau-pulau kecil lainnya di sekitar.

Jika memang memiliki budget, silahkan bermain jetsky dan mengelilingi pulau-pulau yang umumnya dijelajahi dalam hopping island di Belitung.

  • Something to Buy

Belum lengkap jika tidak membeli souvenir saat berlibur. Di Pantai Tanjung Kelayang tentunya banyak dijual souvenir yang unik mencirikan pantai dan khas Pulau Belitung.

Selain souvenir, anda juga bisa menikmati sajian menu-menu seafood dari warung makan yang berjejer di sepanjang pantai.

  • Something to Learn

Berlibur sembari mempelajari sesuatu terasa bermanfaat. Keunikan yang dimiliki Pulau Belitong terasa lebih lengkap jika anda mengetahui lebih apa yang tersembunyi di baliknya. Misalnya mengetahui lebih jelas asal mula batu granit di Belitung yang berusia ratusan juta tahun.

Selain itu, mempelajari kultur masyarakat pantai di Kecamatan Sijuk Kabupaten Belitung merupakan hal unik lainnya jika anda ingin mengeksplor lebih banyak.

Tak hanya itu, di pantai ini juga terdapat penangkaran tukik atau anak penyu. Anda bisa bertanya lebih banyak informasi seputar bagaimana kehidupan penyu.

Harga Tiket Masuk ke Pantai

Tidak ada bayaran untuk menikmati keindahan Pantai Tanjung Kelayang alias gratis. Anda hanya membayar biaya parkir kendaraan.

Namun demikian, anda tetap membayar jika menggunakan fasilitas seperti toilet dan kamar mandi di pantai yang dikelola swasta.

Tanjung Kelayang Pusat KEK Pariwisata Belitung

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Kelayang di Pulau Belitung, Provinsi Bangka Belitung yang secara resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo, saat kunjungan kerjanya ke Provinsi Bangka Belitung, Kamis 14 Maret 2019.

Dengan diresmikannya KEK Tanjung Kelayang, hal tersebut akan mempercepat upaya pembangunan ekonomi daerah serta meningkatkan daya saing ekonomi melalui peningkatan investasi.

Adapun peluang investasi di KEK Pariwisata Tanjung Kelayang diantaranya Akomodasi dan MICE, Food and beverages, Hiburan dan relaksasi, Wisata Petualang, Seni, Edukasi, serta infrastruktur pendukung seperti Marina, sea plane, solar farm (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) dan reservoir (Sumur Resapan).

Saat ini, di Pantai Tanjung Kelayang seringkali digelar even wisata berskala internasional. Diantaranya tempat berkumpulnya yachter dari berbagai penjuru dunia, Kegiatan Tri-Factor Triathlon Asia, Kayak Marathon, dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Start Point Hopping Island Belitung

Pantai ini juga merupakan sebagai start point untuk kegiatan Islands Hopping. Tour pulau-pulau unik di sebelah barat laut Belitung. Pulau-pulau yang dikunjungi diantaranya Batu Garuda, Pulau Kelayang, Batu Berlayar, Pulau Lengkuas, Pulau Burung, Gusong, dan Pulau Kepayang.

Destinasi Wisata di Sekitar Pantai Tanjung Kelayang

  • Pulau Batu Berlayar

Destinasi wisata Pulau Batu Berlayar merupakan salah satu tujuan saat anda menikmati paket wisata hopping island di Belitung.

Pulau ini hanya terdiri dari bebatuan granit yang menyerupai sirip ikan hiu dan hamparan pasir putih.

Untuk mendatangi pulau ini, pengunjung menggunakan perahu wisata lokal dengan waktu tempuh sekira 20 menit dan jarak 1,4 kilometer dari Pantai Tanjung Kelayang.

  • Pulau Pasir

Tak lebih dari gundukan pasir di tengah laut, namun bukan di situ pesona Pulau Pasir atau biasa disebut Gusong. Daya tarik pulau ini adalah banyak bintang laut di sekitarnya.

Selain itu, panorama pulau-pulau cantik yang berada di sekeliling Pulau Pasir membuat spot foto yang menarik.

Jika anda dari Pantai Tanjung Kelayang, dibutuhkan waktu sekitar 18 menit untuk mencapai Pulau Pasir atau dengan jarak tempuh 1,3 kilometer.

  • Pulau Lengkuas

Tentu tak lengkap jika tidak mengunjungi Pulau Lengkias saat hopping island di Belitung. Daya tarik utama dari pulau ini tentu saja mercusuarnya. Namun demikian, hamparan pasir putih, bebatuan granit, jernihnya air laut, serta lambaian pohon nyiur membuat pantai ini menjadi surga yang bisa dinikmati di Negeri Laskar Pelangi.

Pulau Lengkuas berjarak 5,9 kilometer dari Pantai Tanjung Kelayang. Untuk mendatangi pulau nan cantik itu, pengunjung bisa menggunakan perahu wisata lokal.

  • Pulau Kepayang

Setelah berlelah-lelah mengunjungi pulau-pulau dan snorkeling di Pulau Lengkuas, menikmati sajian seafood menjadi lebih nikmat di Pulau Kelayang.

Pulau Kelayang memang menjadi persinggahan untuk makan siang dan di pulau ini juga terdapat restoran.

Dari Pantai Tanjung Kelayang membutuhkan waktu sekira 25 menit menuju Pulau Kelayang yang berjarak 2,1 kilometer. Di pulau ini juga terdapat penangkaran anak penyu atau biasa disebut tukik.

  • Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi nan indah dengan pasir putih dan bebatuan granit terletak di Desa Air Selumar Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Privinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Pantai yang terletak 11,6 kilometer dari Pantai Tanjung Kelayang ini terkenal sebagai tempat shooting Film Laskar Pelangi.

Selain memiliki panorama yang indah, ada banyak fasilitas pendukung untuk membuat pengunjung merasa lebih nyaman saat menikmati pantai. Di pantai ini terdapat permainan air, rumah makan, mushola, toliet, serta fasilitas pendukung lainnya.

  • Pantai Bukit Berahu

Pantai Bukit Berahu terletak di Desa Tanjung Binga atau 18 kilometer dari Kota Tanjungpandan, Kabupaten Belitung dan 6,9 kilometer dari Pantai Tanjung Kelayang.

Di area bukitnya terdapat penginapan dan rumah makan. Sementara itu untuk menuju pantai, pengunjung bisa menuruni ratusan anak tangga. Jika anda sampai di area pesisir, akan terlihat beberapa unit cottage milik pengelola yang juga disewakan bagi pengunjung.

Pada sore hari, anda bisa menyaksikan keindahan matahari terbenam (Sunset) dari Pantai Bukit Berahu.

  • Desa Nelayan Tanjung Binga

Menunjungi Desa Nelayan Tanjung Binga dan melihat dari dekat budaya masyarakat nelayan pesisir merupakan salah satu hal menarik yang bisa dilakukan wisatawan.

Desa Nelayan Tanjung Binga terletak di Kecamatan Sijuk Kabupaten Belitung dan berjarak 5,9 km dari Pantai Tanjung Kelayang.

Setiap harinya di pesisir pantai, akan terlihat hamparan luas ikan-ikan yang dijemur menggunakan parak (Tempat menjemur ikan). Pemandangan ini sangat menarik bagi pencinta fotografi.

  • Bukit Peramun

Tak hanya pantai, destinasi yang terletak dekat dengan Pantai Tanjung Kelayang adalah Bukit Peramun. Destinasi wisata ini terletak 9,6 km dari Pantai Tanjung Kelayang.

Ada banyak keunikan di Bukit Peramun, salah satunya adalah anda bisa melihat salah satu hewan endemik Pulau Belitung, yakni pelilean atau disebut juga Tarsius.

Hotel-hotel di Sekitar Pantai Tanjung Kelayang

  • Lorin Beach Resort Belitung

Lorin Beach Resort Belitung merupakan hotel bintang tiga yang terletak di Jalan Tanjung Tinggi, Desa Tanjung Tinggi, Kec. Sijuk, Kab. Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia, 33451.

Hotel yang berjarak 3,2 kilometer dari Pantai Tanjung Kelayang ini memiliki sejumlah kenyamanan seperti AC, kamar bebas asap rokok, meja tulis, bar mini, balkon/teras untuk menyenangkan semua tamu.

Selai itu, layanan hotel ini diantaranya Security 24 jam, WiFi gratis di semua kamar, persewaan wi-fi portabel, layanan kebersihan harian, dan check-in/check-out pribadi.

  • Capital O 399 Kelayang Beach Hotel Belitung

Kelayang Beach Hotel Belitung terletak di Jalan Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Hotel yang memiliki fasilitas estaurant, Non-smoking rooms, Layanan Kamar, Cleaning service, Parking Area ini berjarak dekat dengan Pantai Tanjung Kelayang atau sekira 978 meter.

Selain itu, untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung, fasilitas lain yang dimiliki hotel ini diantaranya Bath and Toilet: All rooms, Shower: All rooms, Air conditioner: All rooms, TV, Tooth brush and/or Toothpaste.

  • Truntum Village

Truntum Villlage terletak di Jalan Tanjung Kelayang, Desa Keciput , Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Penginapan yang nyaman dan berkelas ini terletak 1,2 kilometer dari Pantai Tanjung Kelayang.

  • Quins Style Resort Belitung

Quins Style Resort Belitung merupakan hotel bintang tiga yang terletak di samping Pantai Tanjung Kelayang. Karenanya, untuk menikmati pantai, cukup hanya dengan jalan kaki sebentar.

Akomodasi yang nyaman dan modern dengan layanan professional, penuh perhatian, ramah dan intim ini memiliki fasilitas Wifi, Restaurant, Room Service, dan Cleaning Service.

  • Swiss-Belresort Belitung

Swiss-Belresort Belitung merupakan hotel bintang empat yang terletak di Jalan Tanjung Kelayang No. 168, Desa Tanjung Binga, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung.

Hotel yang berjarak 4,6 kilometer dari Pantai Tanjung Kelayang ini adalah hotel butik yang chic, kontemporer dan bergaya dengan kamar dan pilihan kecil suite eksklusif.

  • Rock and Wreck Dive Resort

Rock and Wreck Dive Resort terletak di sisi Pantai Tanjung Kelayang atau hanya berjarak 55 meter saja.

Resort ini memiliki 17 unit kamar dengan fasilitas pendukung seperti area parkir, kopi/teh di lobby, layanan kamar, dan WiFi di area umum.

Tak hanya itu, demi kenyamanan pengunjung, Rock and Wreck Dive Resort memiliki taman, kolam renang outdoor, Bar, dan Resepsionis 24 jam.

  • Hotel Santika Premiere Beach Resort Belitung

Santika Premiere Beach Resort Belitung terletak di Jalan Pantai Dusun Ulu, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, provinsi Kepulauan Bangka Belitung, 33414.

Hotel bintang empat yang memiliki 128 kamar dan 1 vila ini berjarak 8,1 kilometer dari Pantai Tanjung Kelayang Belitung.

  • Sheraton Belitung Resort

Sheraton Belitung Resort terletak di Jalan Pantai Penarikan Dusun Timur Jaya, Desa Tanjung Binga, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia, 33414.

Resort yang berjarak 6,5 kilometer dari Pantai Tanjung Kelayang ini memiliki fasilitas Gym, Spa yang tenang, paviliun terbuka, dan kolam renang tanpa batas di luar ruangan. Selain itu, ada pula Kids’ Club untuk anak-anak bermain.

Let’s Explore Belitung

Untuk mengeksplor pantai ini, Anda bisa melakukan reservasi Tour Belitung. Jabejabe Holiday memiliki berbagai varian Paket Tour Belitung yang bisa membawa Anda menikmati surga-surga tersembunyi di Negeri Laskar Pelangi.

Hubungi Travel Advisor kami dan konsultasikan seputar Paket Tour Belitung 2D1N, Paket Wisata Belitung 3D2N, dan Tour Belitung 4D3N.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.