Beranda » Attractions » Paket Tour Belitung Eksplor Negeri Laskar Pelangi

JABEJABEHOLIDAY.ID, IDEAS FOR HOLIDAY – Hai Traveler, di sela-sela pekerjaan dan keruwetan sehari-hari, tentunya liburan bukan hanya sekedar keinginan, namun sudah menjadi kebutuhan.

Lalu mau liburan kemana dong? orait, saat ini banyak alternatif destinasi wisata yang menawarkan hal-hal menarik dan wajib dikunjungi, salah satunya ya ke Belitung.

Nah, untuk mengeksplor lebih dalam Wisata Negeri Laskar Pelangi, Jabejabe Holiday | Belitung Tour & Travel menjelaskan bagaimana step by step melakukan reservasi Paket Tour Belitung.

Pertanyaannya; mengapa harus mengikuti trip dengan Biro Perjalanan Wisata? lebih lanjut dijelaskan.

Paket Tour Belitung

 

Info ini terkhusus untuk Anda yang pertama kali datang ke Pulau Belitung dan ingin mengeksplor keindahan Belitung.

Meskipun daerah wisata, namun Belitung masih belum memiliki akses transportasi yang mumpuni. Dengan demikian, akan lebih baik jika menggunakan jasa paket tour wisata.

 

Map

 

Paket Tour Belitung Untuk Anda

Jadwal liburan Anda ke Belitung berisi semua agenda untuk perjalanan liburan dari pagi hinga malam hari. Dengan demikian, tidak ada kekosongan akibat bengong dan mikir akan jalan-jalan kemana.

Menggunakan Rental Mobil Murah Belitung akan jauh lebih murah dibandingkan menggunakan layanan lain.

Guide / Driver memiliki peranan penting dalam pelayanan melayani Anda selama tour di Belitung. Mereka akan menginfokan banyak hal tentang Belitung selama liburan.

  • Memilih Paket Belitung

Kami ingin memastikan Anda agar hunting jenis-jenis Paket Tour Belitung. Ada banyak varian paket yang bisa dipilih.

Secara Umum Kami Menyediakan Beberapa Jenis Paket;

Ini paket full. Kecuali Tiket Pesawat, Paket ini menyediakan layanan Tour + Meals + Hotel

Selalu hunting paket-paket promo yang kami update di website. Setiap bulannya belum tentu sama, tergantung momentum.

Kemudahannya, Anda bisa saja memesan sendiri untuk Tiket Pesawat Terbang dan Hotel tempat Anda menginap selama di Belitung.

Layanan berlibur untuk perusahaan; Family Gathering & Outbound

  • Paket Wisata Keluarga ke Belitung

Jabejabe Holiday juga menyediakan paket khusus buat liburan keluarga.

Selain itu terdapat pula jenis Paket Open Trip Belitung serta jenis-jenis paket yang disesuaikan dengan selera liburan Anda.

Percayakan liburan Anda kepada Kami. Sebagai salah satu tour organizer terpercaya dan berpengalaman, kami akan mengurus semua agenda dan tetek-bengek keperluan Anda dalam berwisata.

Guide yang berpengalaman akan memandu Anda selama berwisata di Belitung. Guide ini bekerja secara profesional dan memahami budaya dan tradisi di Belitung.

Dengan panduan Guide atau Guide yang juga bertugas sebagai Guide di Belitung, Anda akan mudah untuk menjangkau tempat-tempat yang ingin dituju. Mereka akan memberikan pilihan terbaik untuk destinasi dan wisata serta tradisi unik yang ada di Belitung.

 

Step by Step;

  • Tuliskan jenis paket wisata yang Anda inginkan.

Ada beberapa jenis paket wisata sebagaimana yang sudah dituliskan di atas. Diantaranya Paket Tour Belitung Reguler, Paket Belitung Hemat, Company Outing Belitung, Open Trip Belitung, dll.

  • Berapa lama Anda berlibur di Belitung.

Sebutkan berapa lama Anda ingin berlibur ke Belitung. Misalnya Paket Tour Belitung 2 Hari 1 Malam, Paket Tour Belitung 3 Hari 2 Malam, atau Paket Tour Belitung 4 Hari 3 Malam. Anda juga bisa melakukan reservasi paket One Day Tour.

  • Berapa jumlah peserta tour.

Infokan berapa peserta yang akan berpartisipasi dalam liburan. Lebih detail lagi berikut umur, karena jika menyertakan anak-anak akan mempengaruhi harga Paket Wisata Belitung Anda.

  • Infokan tanggal liburan tour.

Pilih kepastian waktu yang tepat untuk liburan Anda. Dengan demikian Anda sudah tidak ragu melakukan pemesanan tiket pesawat dan paket liburan ke Belitung.

  • Infokan jika berminat liburan ke Pulau Leebong, Open Pit Nam Sa Lu, DLL.

Berminat ke Private Trip Leebong Island? pantai unik, memesona yang perlu Anda eksplor. Dan jika Anda menginginkan wisata minat khusus, Anda bisa mendatangi Open Pit Nam Sa Lu di Kelapa Kampit Belitung Timur. Kedua destinasi ini merupakan destinasi tambahan untuk menambah keistimewaan liburan Anda.

  • Kami akan memberitahukan apa dan di mana jenis hotel terbaik di Belitung yang Anda inginkan.

Beberapa hotel terbaik dan strategis bisa kami pilihkan untuk Anda. Nikmati hotel dengan panorama pantai. Namun untuk Anda yang senang berada di pusat keramaian, Kami bisa memilihkan hotel-hotel yang berada di pusat kota.

  • Kami akan menginfokan mekanisme pembayaran paket tour

Pastikan beberapa poin di atas, setelah itu akan Kami kirimkan invoice paket liburan Anda. Untuk pembayaran pertama, Anda bisa melakukan down payment (DP) sebesar 30 persen. Sisa pembayaran bisa dilakukan setelah Anda tiba di Belitung.

 

Let’s Go Belitung

Kami akan menjemput Anda di Bandara Internasional H.A.S Hanandjoeddin. Bandara ini terletak di Desa Perawas, Kecamatan Tanjungpandan Belitung. Akses kendaraan dari pusat kota ke bandara sangat mudah dan cepat.

Demikian pula jika Anda ingin langsung menuju destinasi wisata. Jarak Antara Bandara Hanandjoeddin dengan Pantai Tanjung Tinggi dan Tanjung Kelayang sekitar 35 Km atau ditempuh paling lama 30 menit.

Persiapan kendaraan pada saat penjemputan disesuaikan dengan jumlah tamu. Airport Handling disiapkan untuk Anda yang berwisata ke Belitung dalam group.

Pengecualian jika permintaan Anda penjemputan di lakukan di Hotel, maka Kami akan mengarahkan Tim untuk standby di hotel tempat Anda menginap selama di Belitung.

  • Eksplor Belitung

Pesona Belitung berbeda dengan destinasi wisata lain di Indonesia. Masing-masing memiliki keindahan dan memiliki karakter dan keunikan masing-masing. Banyaknya keunikan yang dikandung Belitung, membuat Paket Tour Belitung Anda terpuaskan.

Paket Tour Belitung

 

Jangan lupa tanyakan kepada Tour Guide Anda seputar destinasi dan tempat-tempat Wisata Belitung terbaik. Saran Kami; eksplor wisata Laskar Pelangi di Belitung Timur. Kemudian jelajahi lebih jauh pulau dan pantai-pantai di Belitung (Barat).

 

Ini Surga-surga Tersembunyi di Belitung

  • Pulau Lengkuas Belitung

Sudah pernah mendengar tentang Pulau Lengkuas? Jika belum, maka perlu mengeksplor keindahan pulau ini. Pulau Lengkuas terletak di sebelah utara Pulau Belitung. Untuk mengunjungi pulau tersebut Traveler bisa menggunakan Boat Tradisional nelayan lokal.

Tour ke Pulau Lengkuas termasuk dalam agenda Belitung Islands Hopping. Jadi, jika Traveler ingin mengunjungi Pulau Lengkuas tentu saja akan mengunjungi beberapa pulau eksotis lainnya seperti Pulau Batu Berlayar, Pulau Kepayang, Pulau Kelayang, dan Gusong.

Keindahan Pulau Lengkuas sudah dikenal banyak wisatawan. Setiap harinya, ada ratusan pelancong yang menikmati keindahan pulau bermercusuar tersebut. Dan hingga kini mercusuar ini masih aktif dan sering digunakan sebagai pemandu bagi pelayan nasional dan internasional.

Paket Tour Belitung

Pulau Lengkuas Belitung memiliki karakter yang sama dengan pulau-pulau di sekitarnya. Yaitu berpasir putih dan memiliki bebatuan granit yang berusia ratusan juta tahun. Pepohonan kelapa yang tumbuh mengelilingi pulau lengkuas menambah keindahan surga tersembunyi di Pulau Belitung ini.

Saat tour pulau, lihat dari dekat pesona alam bawah laut Pulau Belitung. Anda bisa meminta Tour Guide untuk bersnorkeling di sekitar perairan Pulau Lengkuas. Nikmati keindahan varian terumbu karang dan ragam jenis ikan. Saat bersnorkeling, ratusan ikan ini akan membentuk formasi schooling mengelilingi Anda.

  • Pulau Leebong

Eksplor Pulau Leebong di wilayah Belitung Selatan. Untuk mengakses pulau ini, Traveler bisa menggunakan kendaraan menuju Pelabuhan Tanjung Ru. Oh ya, Pulau Leebong umumnya tidak masuk dalam itinerary, namun jika menginginkan, pihak Biro Perjalanan Wisata akan memasukkan daftar Pulau Leebong dalam Paket Tour Belitung yang direservasi.

Dari Pelabuhan Tanjung Ru, pengunjung akan menaiki boat tradisional nelayan. Sebelum ke Pulau Leebong, biasanya wisatawan akan diajak mengunjungi Pulau Pasir atau Gusong. Keunikan Gusong adalah hamparan pasir di tengah laut. Anda bisa menemukan bintang laut di pesisir pantai Gusong.

Paket Tour Belitung

 

Namun perlu diperhatikan, jika ingin mengambil foto dengan bintang laut, diharuskan tidak mengangkat bintang laut ke atas permukaan. Tetaplah bintang laut berada  di dalam air. Traveler bisa memoto dari atas laut yang jernih atau menggunakan underwater camera.

Selain mengeksplor Gusong, Traveler akan diajak mengeksplor mangrove yang ada di sekitar Pulau Leebong. Mangrove di area ini tumbuh besar dan menjadi hutan yang sangat baik kehidupan biota yang ada di dalamnya.

Jika sudah berada di Pulau Leebong, kunjungi Pantai Chicas. Pantai ini menyajika pemandangan yang indah dan terdapat tiga buah gazebo yang nyaman untuk bersantai.

Jika Traveler menyenangi wisata air, Traveler bisa menggunakan kayak dan standing paddle.

Baik Lengkuas atau Leebong menyajikan keindahan tak terperi. Sebagaimana ungkapan Menteri Pariwisata keindahan pulau-pulau ini bak Maldive-nya Indonesia. Pulau Lengkuas menyajikan wisata natural, sementara itu Pulau Leebong sudah digarap sedemikian rupa dan memesona oleh pengelola.

  • Pantai Tanjung Tinggi

Kunjungi pula Pantai Tanjung Tinggi. Pantai ini terletak di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Pantai Tanjung Tinggi merupakan salah satu pantai tercantik di Belitong. Tak mengherankan jika Pantai Tanjung Tinggi dijadikan sebagai salah satu lokasi shooting Film Laskar Pelangi.

Bebatuan granit yang berada di sekitar Pantai Tanjung Tinggi tumbuh meraksasa. Usia granit ini ditaksir oleh Ahli Geologi mencapai ratusan juta tahun.

Nikmati keindahan perpaduan granit, pepohonan kelapa dan pasir putih di Pantai Tanjung Tinggi. Ombak yang tenang dan air laut yang jernih sangat nyaman untuk mandi dan berenang. Traveler juga bisa mengeskplor pekarangan bawah laut Pantai Tanjung Tinggi dengan smorkeling.

 

Keliling Kota Tanjungpandan Dalam Program Belitung City Tour

Berkeliling Kota Tanjungpandan biasanya ditempatkan pada hari terakhir liburan di Belitung. Program ini mengeksplor Budaya Belitung dengan mengunjungi Rumah Adat Belitung, Sekelumit Sejarah Belitung di Musium Tanjungpandan, dan lebih dekat dengan Tradisi Ngopi Urang Belitong.

  • Rumah Adat Belitung

Rumah Adat Belitung terletak di Jalan Gajah Mada, Kelurahan Lesung Batang, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung. Gedung yang arsitektur bangunan 90 persen dari bahan kayu ini bersebelahan persis dengan Rumah Dinas Bupati Belitung.

Budaya Belitung bisa digali mulai dari bentuk bangunan rumah adat ini. Terdapat lima bagian atau ruang yang membentuk Rumah Adat Belitung.

Pertama adalah Teras yang berfungsi sebagai area menerima tamu, Kedua Ruang Utama sebagai pusat kegiatan keluarga dan tempat anak-anak mengaji. Selanjutnya ketiga adalah Loss atau selasar. Ruang Selasar sebagai penghubung antara Ruang Utama dan Dapur. Selasar biasa digunakan untuk bersantai, biasanya terdapat tempat duduk, dan terdapat tangga untuk akses masuk ke dapur mau pun ruang utama.

Dapur merupakan pusatnya kegiatan masak-memasak dan tempat menyimpan segala perlengkapan, termasuk alat-alat pertukangan.

Terakhir Kelima adalah Rumah Penjaga. Rumah Adat Belitung secara arsitektur dibangun berdasarkan kriteria dan karakteristik rumah bangsawan atau pejabat. Rumah penjaga biasa juga diperuntukkan sebagai rumah pembantu.

  • Museum Tanjungpandan

Museum Tanjungpandan terletak di Jalan Melati No.4 1A. Tanjungpandan. Museum ini dibangun oleh Perusahaan Penambangan Timah pada Tahun 1962, oleh Geologis asal Austria DR. Rudolf A.J. Osberger. Museum ini menempati eks Kantor NV Billiton Maatschappij.

Pada awalnya museum ini adalah Museum Geologi yang memuat miniatur dan skema-skema pertambangan yang ada di Pulau Belitung. Miniatur ini adalah berupa Kapal Keruk KK Dendang, jenis alat penambangan timah yang beroperasi di laut. Di bagian lain juga terdapat skema pertambangan yang dilakukan di darat, atau yang terkenal adalah ‘Sumur Palembang’.

Kemudian seiring waktu dan perkembangan, Museum Tanjungpandan mulai mengoleksi beberapa artefak, harta karusn yang diperoleh dari kapal-kapal tenggelam di perairan Belitung. Museum ini juga mengoleksi peninggalan-peninggalan kolonial belanda dan jepang berupa samurai, pedang, dan senjata api.

Selain mengoleksi benda-benda bersejarah, area belakang museum terdapat area yang difungsikan sebagai mini zoo dan taman bermain anak-anak.

  • Ngupi de Belitong

Tradisi ngopi bagi Urang Belitung ya sudah menjadi budaya. Dulu, meskipun pada saat itu belum ada kebun kopi di Belitung, namun Masyarakat Belitung  memiliki semangat ngopi yang besar. Bahkan, di Belitung Timur sendiri hingga kini dikenal sebagai Kota 1001 Warung Kopi.

Baru-baru ini, urang Belitung sudah mulai menanam kopi, namun masih dalam jumlah minim dan belum menjadi sumber utama bagi ketersediaan biji kopi di warung-warung kopi Belitung. Hingga saat ini warung-warung kopi di Belitong masih mengimpor kopi dari beberapa kota seperti Robusta Lampung dengan Arabika Jawa.

Namun yang franchise kopi yang terkenal di Belitung, bahkan sudah ada di beberapa kota di Indonesia hingga luar negeri adalah Kong Djie Coffee. Di Tanjungpandan sendiri terdapat sekitar 20n franchise dan Pusat Kong Djie Coffee terletak di Jalan Gegedek, Persimpangan Siburik, Tanjungpandan.

Jika ada yang bertanya; Mau kemana? pada pemuda yang ingin ke warung kopi, maka dia akan menjawab; Ngupi de Warkop. Meskipun di warkop nanti dia memesan teh, coklat atau menu minuman lainnya. Lalu saat pulang kembali ditanya; dari mana? seraya akan menjawab; Ngupi. Inilah yang kita sebut tradisi yang sudah membudaya, Ngupi.

 

Jalan-jalan ke Destinasi Kampong Laskar Pelangi

Tidak akan lengkap saat berlibur ke Belitung tanpa mengunjungi Kampung Laskar Pelangi di Kecamatan Gantung, Belitung Timur. Jika Traveler beranhgkat dari Tanjungpandan, perjalanan ke Wisata Laskar Pelangi membutuhkan waktu 1 jam 16 menit atau sekitar 70,3 kilometer.

  • Museum Kata Andrea Hirata

Museum Kata Andrea Hirata terletak di Jalan Laskar Pelangi, Desa Lenggang, Gantung, Belitung Timur. Museum ini berisi resume terbaik dari puzzle-puzzle yang terdapat dalam Novel & Film Laskar Pelangi.

Secara umum, Museum Kata menggambarkan karakter-karakter utama yang terdapat dalam dua karya fenomenal tersebut. Di museum ini terdapat bilik Lintang, Ikal, dan Mahar. Beberapa fragmen penting dan dramatis dalam novel dan film dituangkan pada dinding-dinding museum.

Di bagian belakang museum terdapat warung kupi kuli. Sembari bersantai dan menikmati sekeliling Anda bisa menyeruput kopi racikan Belitung. Lebih ke belakang lagi terdapat Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi dan Sastrawan Dunia.

  • Replika SD Laskar Pelangi

Destinasi Wisata Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi ini terletak di desa yang sama dengan Museum Kata Andrea Hirata, tepatnya Desa Lenggang, Gantung, Belitung Timur.

Replika SD ini merupakan lokasi shooting Film Laskar Pelangi karya Riri Riza. Bangunan gedung sekolah ini menempati bukit pasir putih hasil pembuangan dari pencucian timah.

Ada dua ruangan kelas berdinding kayu. Di dalamnya terdapat meja dan kursi yang sudah usang. Berhadapan dengan meja kursi ini adalah sebuah papan tulis hitam yang sedikit pudah dan terkelupas. Pada sekeliling, menempel foto-foto Pahlawan Nasional.

  • Dermaga Kirana

Terletak di depan Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi, Dermaga Kirana merupakan salah satu destinasi wisata unik yang wajib dikunjungi. Dermaga Kirana biasa disebut oleh masyarakat lokal dengan nama Rumah Keong. Disebut Rumah Keong karena di bagian depan dermaga terdapat beberapa bangunan dar rotan (dom) yang menyerupai rumah cangkang keong.

Dermaga ini terletak di bibir Sungai Lenggang, sementara Rumah Keong merupakan satu kesatuan. Di ujung dermaga terdapat beberapa perahu kecil warna-warni yang disewakan untuk mengeksplor Sungai Lenggang.

Rumah Keong ramai dikunjungi karena bentuk yang unik dan menjadi background yang bagus untuk fotografi. Keindahan panorama ini ditambah lagi dengan kecantikan alam Sungai Lenggang.

  • Batik Simpor

Batik Simpor adalah destinasi dan tempat oleh-oleh Batik Khas Belitung yang berada di Kecamatan Gantung, Belitung Timur. Lokasinya sekitar 350 meter dari Museum Kata Andrea Hirata atau 5 menit dengan berkendara. Area ini merupakan rumah kediaman Keluarga Besar Basuki Tjahja Purnama atau yang karib disapa Ahok.

Sekilas mengenai Batik Simpor. Simpor merupakan daun lebar yang bisa ditemukan di hutan dengan nama pohon yang sama. Daun Simpor sering digunakan oleh ibu-ibu rumah tangga untuk membungkus makanan.

Di depan Oleh-oleh Batik Simpor terdapat Kampoeng Fifi (dulu bernama Kampoeng Ahok). Sama dengan Batik Simpor, Kampoeng Fifi juga tempat penjualan oleh-oleh Khas Belitung Timur.

 

Kuliner Belitung

Jangan lewatkan menjajaki warung-warung tradisional dan warkop untuk mencicipi kuliner khas Belitung. Beberapa warung yang biasa dikunjungi wisatawan menghadirkan Mie Khas Belitong. Selain itu juga terdapat penganan lainnya yang bisa anda coba.

Ngopi bagi warga Belitung merupakan tradisi. Di warung kopi, berbagai permasalahan dan problematika kehidupan termasuk politik mengalir di tiap-tiap gelas.

 

Hunting Oleh-oleh Khas Belitung

Jangan lupa membeli oleh-oleh yang bercirikan khas Belitung yang sangat identik dengan laut. Anda bisa membeli di toko-toko souvenir beberapa oleh-oleh olahan hasil laut.

  • Oleh-oleh Kering

Jenis oleh-oleh kering ini bisa berbentuk souvenir dan makanan kering. Souvenir di Belitung sebagian besar memanfaatkan olahan hasil laut, seperti kerang-kerangan, akar bahar, dan kerajinan unik lain.

Demikian pula halnya dengan makanan ringan. Pastikan Anda membeli jenis kerupuk, pletek, getas, teri crispy yang dibuat dalam berbagai varian dan sumber hasil laut. Anda bisa meminta Driver atau uide agar membawa ke pusat belanja oleh-oleh di Belitung.

  • Oleh-oleh Basah

Yang paling banyak dicari dan diburu adalah jenis oleh-oleh basah khas Belitung. Sebagaimana Anda tahu, beberapa oleh-oleh khas ini seperti ketam / kepiting isi, kerang isi, serta pekmpek dengan bahan dasar ikan laut segar dan berkualitas.

Semoga liburan Anda menyenangkan dan memberikan kesan. Berikan testimoni dan saran konstruktif demi kebaikan layanan Kami.

Demikian Traveler, yuk tour  ke Belitung. Semua destinasi primadona di atas sudah termasuk dalam agenda Paket Tour Belitung.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.