Beranda » Tours » Paket Tour Belitung 4 Hari 3 Malam

JABEJABEHOLIDAY.ID, IDEAS FOR HOLIDAY – Untuk Anda yang ingin mengeksplor Pulau Belitung bersama pasangan, keluarga atau pun rekan kerja, Kami menyediakan Paket Tour Belitung 4 Hari 3 Malam. Eksplor pantai dan pulau-pulau satelit berpasir putih, air laut jernih dan formasi  granit berusia ratusan juta tahun.

Belitung kini bukan hanya menjadi alternatif liburan. Setelah masuk dalam 10 top destinasi ‘Bali Baru’, Belitung kini menjadi incaran berlibur bagi wisatan domestik dan luar negeri.

Jika Anda ingin menjelajahi Negeri Laskar Pelangi, selain pilihan reservasi Paket Tour Belitung 4D3N, Anda juga memiliki opsi liburan berdasarkan jenis paket dan lama waktu liburan yang Anda miliki.

 

DETAIL PAKET TOUR BELITUNG 4 HARI 3 MALAM

Eksplor Pantai di Belitung 

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terdiri dari dua pulau. Yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Jika melalui jaalur udara, maka pintu masuk ke Pulau Belitung yaitu Bandar Udara Internasional H.A.S. Hanandjoeddin. Sementara pintu masuk ke Pulau Bangka melalui Bandar Udara Depati Amir.

Jika Anda melakukan traveling ke Pulau Belitung, maka akan Kami jemputan di Bandara Internasional H.AS Hanandjoedin, Tanjungpandan, Kabupaten Belitung.

Setelah melakukan perjalanan darat dan udara ke Pulau Belitung, tentunya Anda lelah dan memerlukan istirahat. Sejenak Anda memerlukan istirahat dan menghela nafas dengan sajian welcome meals; Mie Khas Belitong dan Minuman Segar Jeruk Kunci.

  • Danau Kaolin atau Danau Biru

Destinasi pertama yang bisa Anda kunjungi dalam Tour Belitung 4D3N adalah Danau Kaolin. Destinasi ini terletak di Jalan Murai, Tanjungpandan, Belitung. Jarak dari Bandara Hanandjoeddin ke Danau Kaolin sekitar 11,1 Kilometer atau 15 menit berkendara.

Danau Kaolin merupakan penambangan aktif eksploitasi kaolin. Danau ini menarik karena memiliki air biru dan memiliki tebing putih, serupa dengan kawah putih. Tidak heran jika masyarakat lokal menyebutnya Danau Biru. Bagi penggemar fotografi, danau ini selalu menjadi incaran.

Aktifitas penambangan kaolin di Danau Biru ini mengeksploitasi kaolin. Kaolin merupakan bahan dasar pembuatan porselin, keramik, cat rumah, dan kosmetik.

  • Mengunjungi Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi. Pantai ini terletak di Kecamatan Sijuk, Kab. Belitung. Pantai ini berjarak sekitar 29,9 kilometer dari Bandara H.A.S Hanandjoeddin Tanjungpandan. Karena tanpa macet maka jika menggunakan kendaraan bermotor, perjalanan ke Pantai Tanjung Tinggi dari Bandaramemakan waktu 39 menit.

Keindahan Pantai Tanjung Tinggi tentunya sudah tidak perlu dipertanyakan. Pantai berpasir putih, air laut nan jernih dan formasi granit-granit raksasa membuat pantai ini indah sekaligus unik.

Paket Tour Belitung 4 Hari 3 Malam

Jika Anda menyukai snorkeling, di pantai ini juga asyik untuk menikmati keindahan alam bawah laut. Anda juga bisa melakukan penyewaan standing paddle, kayak, dan perahu karet. Di Pantai Tanjung Tinggi ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti rumah makan, mushola, dan toilet.

Oh ya Traveler, siapakan dokumentasi Anda. Tentu saja di Tanjung Tinggi banyak spot menarik yang bisa Anda upload ke instagram.

  • Bukit Berahu

Bukit Berahu merupakan area pantai berbukit di Desa Tanjong Binga, Sijuk, Belitung. Keindahan pantai dan pulau-pulau satelit di Belitung terlihat dari Bukit Berahu. Memiliki penginapan di tepi pantai, dan beberapa fasilitas seperti rumah makan dan kolam renang.

Makan siang di resto Bukit Berahu tentunya menjanjikan suasana yang nyaman. Dengan menu-menu seafood nan segar, sembari memandang kindahan panorama laut Belitung.

 

Tour Pulau di Belitung

Jika Anda menginap di hotel seputar Tanjungpandan, perjalanan dari hotel di Tanjungpandan ke Pantai Tanjung Kelayang diperkirakan memakan waktu 41 Menit atau dengan jarak tempuh yang dilalui sejauh 27,5 kilometer. Selanjutnya Anda bisa menikmati panorama Pantai Tanjung Kelayang sebelum melakukan kegiatan tour pulau.

Destinasi yang akan Anda kunjungi pada saat wisata pulau di Belitung adalah Batu Garuda. Pulau kecil ini merupakan formasi granit raksasa yang membentuk serupa Kepala Burung Garuda ( Lambang Negara Indonesia ). Pulau kecil nan unik ini terletak persis di depan Pantai Tanjung Kelayang, Belitung.

Batu Garuda merupakan anak Pulau Kelayang. Posisi Batu Garuda persis berada di sebelah Pulau Kelayang.

  • Pulau Kelayang

Pulau Kelayang terletak persis di samping Pulau Batu Berlayar. Pulau Kelayang memiliki keunikan lain dibandingkan dengan pulau-pulau satelit lainnya.

Di tengah pulau Kelayang terdapat formasi granit yang membentuk goa. Kemudian di tengah-tengah goa ini terdapat air. Oleh masyarakat lokal menyebutnya telaga bidadari.

Hal menarik lainnya adalah keindahan panorama Batu Garuda dari Pulau Kelayang. Dari beberapa spot foto yang ada, spot inilah yang paling menarik.

  • Gusong

Pulau Pasir atau Gusong merupakan gundukan pasir yang terletak di antara pulau-pulau satelit saat melakukan tour pulau. Keunikan pulau ini, Anda bisa melihat bintang-bintang laut di sekitar pulau. Anda juga bisa melakukan aktifitas fotografi dengan background pulau-pulau di sekitarnya.

Jika ingin melakukan aktifitas foto dengan bintang laut, silahkan gunakan underwater camera. Pastikan anda tidak mengangkat bintang laut ke permukaan.

  • Pulau Batu Berlayar

Persis di sebelah barat daya pantai Tanjung Kelayang, terdapat pula formasi granit berusia ratusan juta tahun yang membentuk perahu. Di tengah-tengah pulau ini terdapat batu granit pipih yang menyerupai layar. Oleh masyarakat lokal, Pulau ini disebut Pulau Batu Berlayar.

Paket Tour Belitung 4 Hari 3 Malam

Jangan melewatkan momentum terbaik di pulau ini. Anda bisa mengambil foto yang menarik. Bagi penggila fotografi, Pulau Batu Berlayar sangat menarik sebagai foreground Milky Way, Star Trail, Sunset, dan Sunrise.

  • Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas merupakan destinasi utama tujuan Belitung Islands Hopping. Keindahan pulau ini sudah tidak diragukan lagi. Di tengah Pulau Lengkuas terdapat mercusuar yang masih aktif digunakan hingga saat ini. Mercuar ini tetap menjadi panduan bagi Pelayaran Nasional dan Internasional.

Paket Tour Belitung 4 Hari 3 Malam

Sama seperti pulau-pulau kecil lainnya, di Pulau Lengkuas juga terdapat beberapa formasi bebatuan raksasa. Anda juga bisa melakukan kegiatan snorkeling di sekeliling Pulau Lengkuas Belitung dengan panduan guide.

 

Eksplor Wisata Laskar Pelangi 

  • Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi

Novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata sudah lama beredar dan salah satu novel best seller di Indonesia. Kemudian novel ini diadaptasi oleh Riri Riza ke dalam film dalam judul yang sama, Laskar Pelangi. Di kemudian hari, film ini pun banyak digemari oleh masyarakat Indonesia.

Yuk Eksplor jejak anak-anak Laskar Pelangi di Replika SD Muhammadiyah di Belitung Timur. Sekolah ini dibangun di sebuah perbukitan kecil Desa Lenggang Kecamatan Gantung, Belitung Timur. Perbukitan ini merupakan bukit pasir putih hasil pembuangan sampah dari pencucian pasir timah. Di atasnya sebuah bangunan sekolah terdiri dari dua buah ruangan berdinding kayu.

Ruangan kelas SD Laskar Pelangi sangat sederhana. Hanya berisi kayu dan bangku usang. Di dinding sekeliling terdapat beberapa foto pahlawan nasional.

Dari kesemua itu, mereka yang berkunjung ke sekolah ini merupakan napak tilas jejak Laskar Pelangi dan menyerap spirit yang dibangun oleh anak-anak kuli timah tersebut.

  • Dermaga Kirana

Dermaga Kirana atau yang lebih dikenal dengan sebutan Rumah Keong. Destinasi wisata ini terletak di Desa Lenggang, Kecamatan Gantung, Belitung Timur. Posisinya persis berada di depan Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi.

Destinasi wisata Dermaga Kirana merupakan dermaga unik di Sungai Lenggang. Di atas dermaga kayu ini terdapat beberapa rumah yang menyerupai rumah keong. Tempat ini banyak dikunjungi karena memiliki spot foto menarik dan sangat instagramable.

  • Museum Kata Andrea Hirata

Museum unik milik Penulis Fenomenal Tetralogi Laskar Pelangi, Andrea Hirata ini wajib dikunjungi saat berwisata ke Belitung Timur.

Di museum ini terdapat cuplikan kata-kata unik dan beberapa scene dari Film dan Novel Laskar Pelangi. Anda juga bisa membeli beberapa souvenir khas Laskar Pelangi.

Paket Tour Belitung 4 Hari 3 Malam

Galeri Batik Simpor terletak di Desa Lenggang, sekitar 300 meter dari Museum Kata Andrea Hirata.

Simpor merupakan daun lebar yang tumbuh di pulau Belitong. Meski berdaun lebar, pohon dan dahan simpor tidak sebesar dan selebar daunnya. Daun simpor seringkali digunakan sebagai pembungkus makanan dan keperluan lain.

Daun simpor menjadi ciri dan khas Belitong. Tidak heran kemudian motif pada daun simpor dijadikan salah satu motif andalan batik khas Belitong.

  • Kota 1001 Warung Kopi

Tidak lengkap jika tidak ngopi di Manggar, Kota 1001 Warung Kopi, di Belitung Timur. Bisa dibilang, hampir setiap RT di Kota Manggar terdapat warung kopi. Makanya tidak heran jika kota ini disebut Kota 1001 Warung Kopi.

Bagi masyarakat Belitung Timur, ngopi bukan saja sekedar ngopi, namun sudah menjadi tradisi, bahkan bisa disebut suatu kewajiban.

Di warung kopi, ada banyak hal yang menjadi pembahasan. Dari mulai problematika keseharian, pekerjaan, budaya, hingga politik. Semuanya ditampung di warung kopi. Jika sudah masuk pada waktu pilkada atau pileg, isyu politik di warung kopi bisa menjadi rujukan atau patokan.

  • Pantai Burung Mandi

Pantai Burung Mandi merupakan pantai landai nan indah berpasir putih. Di sepanjang pantai ini terdapat kater atau perahu bercadik khas nelayan lokal. Kater merupakan Geo Diversity warisan Geopark Belitong.

Di pantai ini sering diselenggarakan festival mancing kerisi setiap tahunnya, serta banyak dari nelayan yang ikut serta untuk meramaikan. Hal menarik dari festival tersebut adalah beramai-ramai merayakan hasil dengan memanggang ikan kerisi beramai-ramai.

  • Vihara Dewi Kwan Im

Vihara tertua di Pulau Belitong ini terletak di Desa Gunung Burung Mandi, Kecamatan Damar, Belitung Timur. Vihara ini banyak dikunjungi oleh wisatawan, terutama mereka yang beragama Budha dan Kong Hu Cu dengan tujuan beribadah dan memanjatkan doa.

Di Vihara ini terdapat patung Dewi Kwan Im yang dibangun di atas bukit. Patung Dewi Kwan Im ini kemudian menjadi salah satu daya tarik wisatawan berkunjung ke tempat ini.

 

Belitung City Tour

  • Pantai Tanjung Pendam

Yuk jalan-jalan keliling Kota Tanjungpandan dalam Program Belitung City Tour. Destinasi pertama salah satunya Pantai Tanjung Pendam.

Pantai Tanjung Pendam merupakan pantai kota di wilayah Tanjungpandan. Pantai ini selalu ramai di pagi hingga sore hari. Setiap pagi, ramai sekali orang-orang melakukan olah raga sembari menikmati suasana pantai.

Siang hari pantai ini juga dikunjungi oleh mereka yang ingin menikmati makan siang. Di sekeliling pantai terdapat rumah makan yang menyajikan berbagai varian menu. Adapun sore hari, banyak sekali keluarga atau muda-mudi yang bersantai sembari menikmati keindahan sunset.

  • Rumah Adat Belitong

Melihat Tradisi dan Budaya Belitung dari dekat. Anda bisa melihat bagaimana kebudayaan masyarakat Melayu Belitong di Rumah Adat Belitong.

Paket Tour Belitung 4 Hari 3 Malam

Rumah Adat Belitong merupakan representasi dari rumah-rumah petinggi atau depati Belitung jaman lampau. Tidak heran jika rumah panggung ini berukuran besar.

Memasuki Rumah Adat Anda akan disambut dengan empat model payung yang berwarna-warni. Payung ini biasa disebut Kembang Guyang yang merupakan wujud dari uangkapan Selamat Datang.

Rumah Adat dibagi ke dalam 5 bagian. Pertama adalah teras atau serambi yang berfungsi sebagai area penerima tamu. Kemudian ruangan utama atau ruang tengah. Tempat berkumpulnya keluarga dan mengaji. Loss atau penghubung, mungkin kita biasa meyebutnya selasar. Setelah selasar adalah Dapur.

Di bagian paling belakang adalah rumah penjaga. Fungsinya ya sebagai penjaga, karena rumah besar ini merupakan wujud dari rumah petinggi melayu Belitong di jaman baheula.

  • Museum Timah Geologi Belitung

Menelusuri serta menelaah bagaimana sejarah Belitung. Anda bisa melihat peninggalan tertulis dan tergambar penggalan cerita kerajaan-kerajaan di Belitung hingga kejayaan pertambangan timah di Negeri Laskar Pelangi ini.

Hal uniknya adalah di museum ini terdapat Mini Zoo. Beberapa hewa liar terpelihara di kebun binatang museum Tanjungpanda. Adapun celebrity dari hewan-hewan ini adalah buaya raksasa yang pernah ikut serta dalam shooting film Laskar pelangi.

 

Let’s Go Belitung

Jangan bingung dan ragu, saatnya untuk melakukan reservasi Paket Tour Belitung. Anda bisa memilih Paket Tour Wisata Belitung 2 Hari 1 Malam, Tour Belitung 3D2N, dan Wisata Belitung 4D3N.

Jabejabe Holiday juga menyediakan paket bulan madu ke Belitung, Paket Liburan Keluarga, dan Paket Tour Belitung Outing.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.