Beranda » Tours » Paket Tour Belitung 3 Hari 2 Malam

JABEJABEHOLIDAY.ID, IDEAS FOR HOLIDAY – Liburan kini sudah menjadi kebutuhan dan banyak para Traveler melirik Pulau Belitung sebagai salah satu kunjungan destinasi wisata. Khusus untuk Anda, Kami menyiapkan Paket Tour Belitung 3 Hari 2 Malam.

Paket wisata yang kami sajikan ini available untuk pasangan yang baru menikah alias paket wisata honeymon, keluarga, group atau pun perusahaan.

Berikut akan kami paparkan detail itinerary Paket Wisata Belitung serta penjelasan destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi dalam Paket Tour Belitung 3 Hari 2 Malam.

 

DETAIL WISATA REGULER BELITUNG 3 HARI 2 MALAM

Eksplor Wisata Laskar Pelangi

Selamat Datang di Belitung. Untuk Tamu/Peserta yang melakukan reservasi Paket Tour Belitung, akan Kami dijemput di Bandara Internasional H.A.S Hanandjoedin Tanjungpandan, Belitung.

Sebagai penyegar dan jeda istirahat sebelum memulai perjalanan tour, Anda terlebih dahulu mencicipi Mie Khas Belitong dan minuman segar Jeruk Kunci. Menu maksnyus ini merupakan welcome meals dari Jabejabe Holiday.

Paket Tour Belitung 3 Hari 2 Malam

Jika ke Traveler berkunjung ke Belitung, tentu belum lengkap dan afdol jika tidak berkunjung ke Kampung Wisatalaskar Pelangi di Kecamatan Gantung, Belitung Timur. Dari Kota Tanjungpandan, Selanjutnya akan kami ajak Anda mengunjungi Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi di Desa Lenggang, Gantung.

Perjalanan menempuh Gantung, Belitung Timur sejauh 66,8 kilometer ini bisa ditempuh selama 1 jam 12 menit dengan berkendara.

  • Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi

Film Laskar Pelangi memang sudah lama selesai, dan barangkali sudah tidak pernah lagi terputar di bioskop. Namun, mereka yang menyukai novel karya Andrea Hirata dan film yang dibuat oleh Riri Riza akan selalu penasaran ingin melihat lebih dekat apa dan bagaimana jejak-jejak Laskar Pelangi.

Replika SD ini dibangun di atas tanah buangan hasil pencucian timah. Sebuah bukit yang berisi pasir putih. Di sinilah Sineas Riri Riza dan Sang Produser Mira Lesmana mengadaptasi cerita Laskar Pelangi ke dalam sebuah film layar lebar.

Gedung sekolah ini hanyalah bangunan kayu yang jika ditabrak oleh sapi ngamuk mungkin bisa roboh. Terdapat dua ruangan, masing-masing ruangan hanyalah kelas sederhana yang hanya terdapat meja kursi dan gambar pahlawan. Namun apa yang ingin diambil oleh wisatawan yang berkunjung ke tempat ini adalah semangat Laskar Pelangi.

Di sisi kiri sekolah (jika dilihat dari depan) terdapat pondok dan sumur yang sepertinya tinggal sejarah dan sudah tidak terpakai. Sementara halaman sekolah sendiri hanya terdapat sebuah tiang dan kibaran Bendera Merah Putih.

  • Museum Kata Andrea Hirata

Hingga saat ini, Museum Kata Andrea masih merupakan satu-satunya museum sastra di Indonesia. Terlepas dari itu, melalui museum ini, Andrea berusaha membangkitkan semangat dan pemikiran bahwa sastera adalah salah satu bagian penting dari kehidupan. Sastera tidak hanya kata-kata atau puisi, namun bagaimana jiwanya bisa bermanfaat bagi orang lain.

Tidak hanya museum sastera, pada tahun 2017, Museum Kata Andrea Hirata ini terpilih dan mendapatkan predikat Museum Terunik di Indonesia.

Museum Kata Andrea ini terletak di Jalan Laskar Pelangi, Desa Lenggang, Kecamatan Gantung, Belitung Timur. Sesuai dengan tema utaama, yaitu Laskar Pelangi, Museum Kata laksana bangunan klasik yang penuh warna warni.

Untuk memasuki Museum Kata, pihak pengelola menetapkan tarif yang kemudian ditukarkan dengan kumpulan cerpen karya Andrea.

Secara umum, museum ini dibagi kedalam 3 (tiga) bagian. Hal ini mencerminkan karakter tokoh utama dalam novel dan film tersebut. Karakter ruangan pun disulap mewakili karakter sang tokoh.

  • Dermaga Kirana

Banyak menyebut Dermaga Kirana dengan sebutan Rumah Keong. Hal ini tentu saja karena bentuk bangunan Dermaga Kirana seperti tempat hidup keong.

Destinasi wisata Rumah Keong masih dalam kawasan Desa Lenggang. Letaknya persis di depan Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi.

Untuk yang ingin menyusuri Sungai Lenggang dan tertarik melihat buaya di habitat aslinya, Anda bisa menggunakan perahu yang ada di dermaga ini.

Umumnya Dermaga Kirana memiliki banyak spot untuk fotografi. Tak heran jika Dermaga Kirana sangat instagramable. Tempat ini juga seringkali dijadikan even seni budaya dan peragaan busana Batik Khas Belitong.

  • Kampoeng Fifi

Awalnya Kampoeng Fifi sangat familiar dengan nama Kampoeng Ahok. Seiring perputara waktu, destinasi wisata ini kemudian berubah nama menjadi Kampoeng Fifi.

Kampoeng Fifi terletak di Desa Lenggang Gantung atau sekitar 300 meter dari Museum Kata Andrea Hirata. Persisnya berdiri di rumah kediaman keluarga besar Basuki Tjahja Purnama. Kampong Fifi merupakan Rumah Kayu Khas Belitong yang menjual ragam souvenir Belitong.

Traveler diperkenankan untuk memasuki pekarangan rumah Ahok dan mengambil foto. Selain Kampoeng Fifi, di sebelah rumah keluarga Ahok terdapat bangunan yang menjual Batik Khas Belitong, dikenal dengan Batik Simpor.

  • Mengunjungi Owun Dispar Beltim

Jika di Kabupaten Belitung ada Rumah Adat Belitong, sementara untuk melihat ragam budaya dan tradisi di Belitung Timur bisa Anda lihat di Owun Disbudpar Beltim.

Owun atau Objek Wisata Unik Ngenjungak ini bertempat di Kantor Dinas Pariwisata Belitung yaitu di Komplek Perkantoran Terpadu Pemerintah Kabupaten Belitung Timur.

Di Owun, Anda bisa melihat banyak sekali dokumentasi budaya, tradisi-tradisi, serta berbagai keunikan lainnya. Setiap tamu yang datang akan dipandu langsung oleh Bujang Dayang Belitong yang bertugas di Owun.

  • Vihara Dewi Kwan In dan Pantai Burung Mandi

Pantai Burung Mandi dan Vihara Dewi Kwan Im terletak di Desa Gunung Burung Mandi, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur.  Dari ibukota Kabupaten Belitung, yaitu Kota Manggar, jarak ke Pantai Burung Mandi yaitu 19,5 kilometer. Jika berkendara, Anda membutuhkan waktu 25 menit ke pantai dan vihara tersebut.

Vihara Dewi Kwan Im merupakan wisata religi dan tempat ibadah kepercayaan Agama Budha dan Konghucu. Vihara ini terletak di bukit, sehingga untuk mencapai ke tiap-tiap tempat sembahyang dan berdo’a harus menaiki anak-anak tangga.

Untuk beribadah dan berdoa, ada tiga tempat atau bagian. Sementara itu di puncak vihara atau di dinding bukit dan menjadi daya tarik utama vihara ini adalag patung besar Dewi Kwan Im.

Kemudian, setelah beberapa tempat mengunjungi wisata budaya dan religi, waktunya Traveler bersantai di Pantai Burung Mandi. Letaknya tidak jauh dari vihara atau 1,6 kilometer, jarak yang bisa Anda tempuh dengan berkendara selama 3 menit.

 

Wisata Pulau di Belitung

Itinerary Paket Tour Belitung 3 Hari 2 Malam pada hari kedua adalah tour wisata pulau. Program ini dimulai sejak pagi hari, dari hotel dan keberangkatan menuju Pantai Tanjung Kelayang. Lalu, pulau-pulau apa saja yang akan dikunjungi?

  • Batu Garuda
  • Batu Berlayar
  • Gusong
  • Pulau Burung
  • Pulau Lengkuas
  • Pulau Kepayang
  • Pulau Kelayang

Paket Tour Belitung 3 Hari 2 Malam

  • Batu Garuda Belitung

Batu Garuda merupakan formasi batu granit yang terletak di serambi Pantai Tanjung Kelayang. Terkait dengan keberadaan Batu Garuda ini, Traveler bisa membaca seputar Asal Usul Batu Granit Belitong.

Dari Pantai Tanjung Kelayang, Traveler akan menggunakan Boat Tradisional Nelayan. Tidak memakan waktu lama, kurang dari 7 menit, Anda sudah bisa mencapai Batu Garuda. Di area ini, peserta tour tidak diperkenankan untuk singgah. Umumnya wisatawan hanya mengambil dokumentasi dari atas boat.

  • Batu Berlayar

Perjalanan tour pulau kemudian dilanjutkan ke Pulau Batu Berlayar. Pulau ini luasnya tidak lebih dari 1/2 hektar. Jika Traveler berjalan kaki tidak memakan waktu lama atau lebih dari 5 menit. Berarti kecil sekali ya.

Disebut Batu Berlayar karena terlihat dua onggokan batu seperti sirip ikan hiu atau menyerupai layar kapal. Batu yang berbaring di sekitarnya ibarat badan kapal. Saat air laut pasang, Pulau ini ibarat kapal yang sedang berlayar. Demikianlah mengapa disebut Pulau Batu Berlayar oleh masyarakat setempat.

Banyak sekali spot fotografi yang bisa Anda ambil di Batu Berlayar. Bagi penggila fotografi, foreground Batu Berlayar sangat indah saat sunset, milky way, dan star trail.

  • Pulau Lengkuas

Setelah menikmati Pulau Batu Berlayar, saatnya menuju destinasi utama tour pulau di Belitung, yaitu Pulau Lengkuas.

Seperti pulau-pulau lainnya, di Pulau Lengkuas terdapat gugusan batu granit, berpasir putih dan jejeran pohon kelapa. Perpaduan ini membuat Pulau Lengkuas demikian indah. Adapun keunikan pulau ini adalah keberadaan mercusuar di tengah Pulau.

Mercusuar ini dibangun oleh Pemerintah Belanda pada tahun 1882. Hingga kini, mercusuar yang berada dalam pengelolaan Kementrian Perhubungan RI ini masih aktif dan menjadi panduan pelayaran nasional dan internasional.

Jangan lewatkan juga mengeksplor pekarangan bawah laut dengan bersnorkeling di sekitar perairan Pulau Lengkuas. Saksikan keunikan formasi schooling ikan-ikan dan indahnya terumbu karang yang berwarna-warni. Pastikan Anda dalam panduan dan pengawasan Tour Guide atau Boatman.

  • Pulau Kepayang dan Kelayang

Saat tour pulau, akan lebih lengkap bila paket tour yang Anda reservasi include dengan makan siang di resto Pulau Kepayang. Tentunya

Anda bisa merasakan segarnya masakan seafood dengan ragam hasil laut berupa ikan bakar, kepiting, udang, serta varian menu lainnya. Menikmati menu laut dengan panorama laut tentunya menjadi lengkap ya Traveler.

Di Pulau Kepayang juga terdapat penangkaran tukik atau anak penyu. Anda bisa melakukan release penyu sebagai bentuk penyelamatan lingkungan.

Karang Salam

Salah satu spot snorkeling yang menarik adalah Karang Salam. Jika Anda belum puas bersnorkeling di PUlau Lengkuas, Anda bisa melakukan snorkeling di area Karang Salam yang terletak di depan Pulau Kepayang.

Di area ini terdapat beraneka ragam terumbu karang dan ratusan ikan akan mengelilingi Anda saat bersnorkeling.

Pulau Kelayang

Pulau Kelayang merupakan pulau yang terunik dalam tour pulau di Belitung. Pulau ini terletak persis di sebelah Batu Garuda. Keunikan ini bisa terlihat dari formasi batuan granit yang berbentuk unik di pulau ini.

Jangan lewatkan untuk mengeksplor pulau ini. Anda bisa menemukan formasi granit yang membentuk goa. di bawahnya, menyerupai telaga dari resapan air laut. Oleh masyarakat setempat, area ini disebut Telaga Bidadari.

Untuk Anda yang menyukai fotografi, di area ini banyak sekali spot foto menarik untuk stock koleksi instagrammu. Hal lain yang menarik dari Pulau Kepayang adalah panorama Batu Garuda yang berada dekat denga pulau ini. Puaskan diri di pulau ini sebelum menuju Pantai Tanjung Kelayang.

Pantai Tanjung Tinggi

Kembali ke Pantai Tanjung Kelayang dan mengunjungi Pantai Tanjung Tinggi (Pantai Laskar Pelangi). Pantai ini merupakan salah satu pantai terindah di Belitong. Tak heran jika sineas Riri Riza mengambil beberapa gambar di pantai ini.

Nikmati suasana pantai yang tenang. Explore keindahan pantai berpasir putih, laut tenang dan keunikan formasi granit raksasa di sepanjang pantai.

Jika Anda masih berada di Pantai Tanjung Tinggi hingga sore hari, berjalanlah ke arah barat pantai dan nikmati momenum matahari terbenam.

 

Tour Keliling Kota Tanjungpandan

Baiklah Traveler, masih ada program tour pada hari ketiga Anda berlibur di Negeri Laskar Pelangi, Pulau Belitung. Itinerary ini adalah tour keliling Kota Tanjungpandan.

Paket Tour Belitung 3 Hari 2 Malam

Ada beberapa destinasi yang bisa Anda kunjungi. Diantaranya sebagai berikut:

  • Mengunjungi Museum Timah

Jika Traveler pernah menonton film Laskar pelangi atau pernah membaca novel Laskar Pelangi, tentu tahu tentang puzzle sejarah Belitung sebagai negeri penghasil timah.

Di Museum Timah ini Traveler bisa melihat miniatur penambangan timah di beberapa area Pulau Belitong. Tidak hanya di darat, penambangan timah juga dilakukan di danau dan laut. Jika penambangan timah di darat menggunakan sistem Open Pit atau penambangan terbuka, berbeda dengan di danau atau di laut.

Penambangan di laut dan danau menggunakan Kapal Keruk. Kapal ini bisa dirakit di darat kemudian beroperasi dan membuat danau. Sistem ini kemudian melakukan pengerukan hingga membuat alur ke laut. Di Museum Geologi Timah ini Traveler bisa melihat miniatur Kapal Keruk. Itu dulu, kini kapal-kapal tersebut sudah tidak beroperasi lagi.

Selain Kapal Keruk, Traveler bisa melihat bagaimana sistem penambangan timah di darat. Penambangan ini membuka areal yang luas di daratan hingga membentuk cekungan besar. Penambangan di darat juga bisa dilakukan dengan sistem underground atau membuat tunnel, yaitu semacam goa.

Harta Karun Kapal Tenggelam

Museum geologi timah tidak hanya berisi sejarah penambangan timah, namun beberapa peninggalan harta karun yang diperoleh dari kapal-kapal tenggelam juga tersusun rapi.

Peninggalan keramik dan porselin china ini tidak hanya diperoleh dari laut, namun banyak sekali ditemukan di area-area penambangan timah. Sejarah ini menguatkan tentang keberadaan china kuncit yang berbaur dengan masyarakat melakukan penambangan timah di era lampau.

Properti Sejarah

Selain porselin dan keramik, museum ini juga terdapat banyak sekali properti sejarah perjuangan masyarakat Belitung saat melawan penjajahan Belanda. Keberadaan senapan, pedang bahkan meriam menambah kekayaan koleksi museum Timah.

 

  • Rumah Adat Belitong

Kunjungan lainnya dalam city tour Kota Tanjungpandan adalah Rumah Adat Belitong. Di rumah adat ini terdapat varian tradisi dan budaya masyarakat Belitong yang sudah berkembang sejak jaman dulu hingga saat ini.

Bangunan rumah adat ini terletak di Jalan Ahmad Yani, Tanjungpandan. Terletak persis di sebelah rumah dinas Bupati Belitung.

Rumah Adat Belitong merupakan bangunan kokoh yang terbuat dari 90 persen kayu. Perhitungan unik rumah gede atau rumah panggong belitong ini berbeda dengan hitungan jaman sekarang. Dulu, masyarakat Belitong menghitung besar rumah dalam hitungan dulang.

Dulang merupakan sajian makan khas Belitong. Dalam dulang terdapat lauk-pauk yang disajikan untuk empat orang. Seberapa banyak dulang dan seberapa banyak rumah dalam menampung tamu, sebesar atau sekecil ini pula ukuran Urang Belitong saat membangun rumah.

 

  • Pantai Tanjung Pendam

Wisata Pantai Tanjung Pendam terletak di Pusat Kota Tanjungpandan. Dari Tugu Satam, pantai ini berjarak sekitar 1 (satu) kilometer.

Pantai Tanjung pendam selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat setempat dan wisatawan pada pagi dan sore hari. Di pagi hari, pantai ini sering digunakan sebagai tempat joging. Sementara itu sore hari banyak masyarakat datang ke pantai untuk menyaksikan sunset dan menikmati kopi di tepi pantai

Di sekitar area Pantai Tanjung Pendam banyak terdapat hotel, berbintang mau pun non bintang. Jadi tak mengherankan bila banyak wisatawan yang datang dan menikmati kenyamanan di pantai ini.

Tanjung Pendam merupakan salah satu pusat keramaian. Seringkali even-even besar diselenggarakan di tempat ini. Di sekeliling pantai banyak pula terdapat rumah makan dan toko oleh-oleh khas Belitong.

 

  • Oleh-oleh Belitung

Tak akan lengkap jika berlibur ke Belitung dan kembali ke kota asal tanpa membawa buah tangan. Banyak oleh-oleh Belitung yang bisa Anda beli di beberapa tempat oleh-oleh.

Klapa Oleh-oleh

Di toko tempat oleh-oleh Klapa ini akan banyak Anda temukan makanan olahan hasil laut. Seperti diantaranya pletek, getas, kerupuk ikan, kerupuk udang dan jenis oleh-oleh kering lainnya.

Klapa Oleh-Oleh terletak di Jalan Patimura, Desa Air Saga, Tanjungpandan. Posisi bangunan tidak jauh dari Jembatan Kubu Air Saga.

Dapatkan juga beberapa jenis kaos khas Belitong dalam desain yang unik dan mencirikan Belitong. Beberapa merk yang umum antara lain sepiak, serete, bansai, dan calong.

Belitung Outlet

Di Belitung Outlet Anda akan banyak menemukan ragam kaus Belitong. seperti yang sudah disebutkan di atas, desain anak-anak muda kreatif Belitong ini mencerminkan hal-hal yang unik seputar Negeri Laskar Pelangi.


Nah Traveler, untuk Anda yang ingin hunting kaos Belitong, Anda bisa mengunjungi Outlet ini. Jika Anda menginap di Bahamas Hotel Belitung, nah toko oleh-oleh ini persis berada di depan hotel tersebut.

Galeri KUMKM

Satu lagi tempat belanja oleh-oleh yang lengkap. Galeri Kumkm terletak di Pusat Kota Tanjungpanda. Atau sekitar 200 meter dari Tugu Satam.

Galeri ini merupakan kumpulan hasil produksi usaha kecil masyarakat Belitong. Ada banyak hal yang bisa Anda temukan di sini. Dari mulai kerajinan tangan, pernak-pernik, snack dan kaos Belitong.

 

Eksplor Pulau Belitung

Pelajari rincian itinerary Paket Tour Belitung 3 Hari 2 Malam. Dapatkan informasi pada Panduan Reservasi Paket Tour.

Untuk menyesuaikan dengan waktu liburan Anda, silahkan pilih opsi tour lainnya berdasarkan jumlah hari yaitu Paket Tour Belitung 2 Hari 1 Malam dan Paket Tour Belitung 4 hari 3 Malam. Untuk paket tour di atas 4 hari 3 malam, Anda bisa menghubungi kami.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.