Beranda » Tours » Paket Tour Belitung 2 Hari 1 Malam

JABEJABEHOLIDAY.ID, IDEAS FOR HOLIDAY – Belitung ditetapkan sebagai 10 Bali Baru Destinasi Wisata di Indonesia. Tentunya Traveler penasaran kan, Let’s Go Eksplor Negeri Laskar Pelangi. Nah, untuk Anda yang ingin berwisata singkat, kami menyediakan Paket Tour Belitung 2 Hari 1 Malam. Paket ini merupakan paket reguler atau paket full service wisata Belitung alias Tour + Hotel + Meals sudah include.

Nikmati keindahan pantai berpasir putih, keunikan formasi bebatuan granit berukuran raksasa, dan air laut yang jernih. Saksikan langsung panorama indah alam bawah laut dalam Tour Belitung 2D1N.

Paket Tour Belitung 2 Hari 1 Malam

 

Detail Paket Tour Belitung 2 Hari 1 Malam

Eksplor Pulau-pulau di Belitung

Kami akan menjemput Anda di Bandara Internasional H.A.S. Hanandjoedin Tanjungpadan, Belitung. Sebagai pembuka, kami menyediakan Welcome meals : Mie Khas Belitong yang gurih dan minuman Jeruk Kunci. Mie Belitong adalah jenis mie hasil home industry yang dibuat tanpa pengawet.

Karakter Mie Belitong ini berwarna kekuning-kuningan, berminyak, dan akan mudah hancur jika ditekan ( tidak kenyal ). Menambah kenikmatannya, kuah Mie Belitong yang kental terbuat dari campuran bumbu-bumbu yang didominasi oleh udang.

  • Eksplor Pantai dan Pulau di Belitung

Pantai Tanjung Kelayang merupakan pusat Kawasan Ekonomi Khusus di Belitung. Keindahan pantai ini membuat pengunjung nyaman untuk berleha-leha dan bersantai.


Berpasir putih, air laut yang jernih, dan formasi granit nan unik warisan geopark membuat keindahan Pantai Tanjung Kelayang semakin memesona.

Pantai Tanjung Kelayang juga sebagai titik start kegiatan tour pulai ( Islands Hopping ) di Belitung.

  • Batu Garuda Belitung

Keunikan formasi granit ini membentuk seperti kepala Burung Garuda. Anda bisa melakukan dokumentasi dari atas boat nelayan tradisional. Batu Garuda menjadi ikonik Pariwisata Belitung. Selain memang terlihat jelas dari Pantai Tanjung Kelayang, bentuknya menjadi daya tarik wisatawan.

Batu Garuda juga menjadi ide bagi logo Belitong Geopark. Menurut Ahli Geologi ITB, usia granit ini antara 65 – 200 Juta Tahun.

 

Asal Mula Bebatuan Granit Belitung

Saksikan keunikan formasi bebatuan yang membentuk goa di Pulau Kelayang. Sebagaimana Anda tahu, granit di pulau ini sudah sangat tua atau berusia 65 – 200 juta tahun.

Pulau Kelayang terletak persis di samping Batu Garuda atau di sebelah barat Pantai Tanjung Kelayang. Disebut Pulau Kelayang karena di pulau ini sering terlihat banyak burung kelayang atau biasa disebut burung walet.

Anda juga bisa melakukan release tukik ( anak penyu ) sebagai wujud kepedulian lingkungan.

  • Pulau Pasir

Pulau Pasir atau biasa disebut Gusong merupakan (hanya) hamparan pasir yang dikelilingi oleh beberpa pulau seperti Pulau Kepayang, Pulau Batu Berlayar, dan Pulau Pekador.

Di Pulau ini terdapat keunikan ragam Bintang Laut. Jika Anda ingin mengambil dokumentasi, Guide akan memandu Anda agar menambil dokumentasi underwater. Dengan demikian, Bintang Laut ini tetap berada di dalam air.

  • Explore Batu Berlayar

Dokumentasi di Pulau Pasir juga menarik karena dikelilingi oleh pulau-pulau di sekitarnya. Mengapa disebut Batu Berlayar. Perpaduan antara bebatuan yang membentuk layar dan badan kapal, serta tepian berpasir, membuat Batu Berlayar mirip sekali dengan Kapal yang sedang berlayar. Oleh karena itulah masyarakat sekitar menyebutnya batu berlayar.

Pulau ini terletak di area Barat Daya dari Pantai Tanjung Kelayang. Jika ditempuh dengan Boat Tradisional, hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit.

Paket Tour Belitung 2 Hari 1 Malam

Nikmati keindahan bawah laut pulau Belitung yang ditumbuhi oleh berbagai terumbu karang cantik. Anda juga akan bertemu dengan ratusan ikan yang membentuk formasi schooling.

Seusai snorkeling, saatnya makan siang dengan menu utama ikan bakar, kepiting, serta aneka menu seafood di Pulau Kepayang. Di Pulau Kepayang Belitung terdapat penangkaran anak penyu. Anda bisa melakukan pelepasan penyu ke laut.

 

Yuk Eksplor Pantai Laskar Pelangi

Setelah puas dan tentunya lelah menjelajahi pulau-pulau unik di bagian Barat Laut Pantai Tanjung Kelayang, saatnya bersantai di Pantai Tanjung Tinggi.

  • Pantai Tanjung Tinggi Belitung

Pantai Tanjung Tinggi merupakan salah satu pantai tercantik di Belitung. Pantai ini merupakan salah satu lokasi shooting film Laskar Pelangi. Disebut Tanjung Tinggi karena terdapat bebatuan granit berukuran besar atau meraksasa dan tingi-tinggi. Dengan demikian masyarakat menyebutnya Pantai Tanjung Tinggi.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Tanjung Tinggi bisa saja disebut salah satu pantai yang memiliki keindahan tak terperi. Pantai ini menyajikan pasir putih dan air laut yang jernih. Belum lagi ditambah dengan keunikan batu-batu granit.

Batu-batu granit sebesar raksasa ini membentuk busur, melengkung. Hal inilah yang membuat Tanjung Tinggi menyerupai teluk.

Yuk Eksplor Lebih Jauh Keindahan Pantai Laskar Pelangi

Nah untuk Anda yang tadi di pulau belum sempat atau belum puas mengeskplor laut, silahkan lihat langsung keindahan terumbu karang di Pantai Tanjung Tinggi.

Di pantai ini, Anda bisa menyewa perahu karet dan paddle untuk menikmati asyiknya mandi di pantai. Jangan lupa berhati-hati dan selalu menggunakan life jacket untuk keselamatan.

Jika sore hari sudah mau beranjak, jangan pulang dulu. Berjalanlah ke arah barat dan nikmati keindahan sunset dari Pantai Tanjung Tinggi.

 

Tanjungpandan – Belitung City Tour

Menikmati sarapan pagi di hotel dan mempersiapkan diri dan barang bawaan untuk hotel check out. Saatnya melihat budaya dan tradisi Melayu Belitong dari dekat. Dalam program Belitung City Tour ini, Traveler akan diajak berkeliling Kota Tanjungpandan.

Ada banyak hal yang bisa Traveler lihat sembari ngopi.

Paket Tour Belitung 2 Hari 1 Malam

  • Ngopi di Belitung

Menelisik tradisi dan budaya Belitung lebih dekat. Sebetulnya Belitung memang bukan daerah penghasil kopi. Namun demikian, masyarakat Belitung memiliki semangat ngopi yang luar biasa.

Tidak hanya di Tanjungpandan, bahkan di Manggar (Ibukota Kab. Belitung Timur) akan Anda temukan banyak warung kopi. Tak heran jika kota ini disebut Kota 1001 Warung Kopi. Sebutan kota ini diperkuat dengan adanya pemecahan rekor muri untuk Pengopi sebanyak 17.070 orang. Rekor ini memecahkan rekor sebelumnya di Lampung dengan peminum kopi sebanyak 15.000 orang.

Ngopi bagi masyarakat Belitong adalah tradisi. Di warkop akan banyak inspirasi. Obrolan yang berlangsung juga membuahkan banyak tema, dari mulai ekonomi, budaya, hingga politik.

Dalam Tradisi Masyarakat Belitong, ngopi di warung kopi seolah menjadi suatu kewajiban. Entah menu apa yang akan di pesan di warung kopi, mungkin teh, bisa saja coklat, atau jenis minuman lain, tapi jika Anda bertanya kepada mereka yang mau berangkat ke warung kopi, maka mereka akan menjawab; ngupi.

Begitu pula halnya saat di warung kopi. Sebagaimana yang disebutkan di atas, meski saat di warkop memesan minuman teh, akan tetapi sepulangnya dari warung kopi jika ditanya dari mana maka dijawab, ya… ngupi.

  • Danau Kaolin

Selanjutnya kita mengunjungi Danau Biru. Danau ini terletak di Jalan Murai, Desa Aik Rayak, Tanjungpandan Belitung. Dari dekat, air danau ini akan terlihat biru dengan tepian tebing berwarna putih.

Danau Kolin merupakan area pertambangan aktif. Adapun material yang dieksploitasi adalah kaolin. Kaolin sendiri merupakan bahan dasar untuk pembuatan cat rumah, porselin, serta kebutuhan kosmetik.

Hampir menyerupai kawah putih, kombinasi tepian putih kaolin dan air yang berwarna membuat danau ini menjadi tempat eksotis buruan fotografer dan wisatawan yang berkunjung.

  • Rumah Adat Belitong

Mengunjungi Rumah Adat Belitong adalah salah satu tour wajib. Tujuannya tentu saja agar Traveler mengetahui lebih dalam adat dan tradisi budaya Belitong.

Mengunjungi Rumah Adat Belitong seperti kembali ke masa lampau di tahun 1950an. Memasuki area replika Rumah Adat Belitong ini, Anda akan disambut oleh empat buah payung. Biasa disebut kembang guyang. Lalu, akses masuknya melalui tangga di depan bangunan.

Rumah ini terbagi menjadi lima bagian. Secara berurutan dari depan hingga bagian belakang; Teras, Ruang Utama, Loss, Dapur, dan Rumah Penjaga.

Rumah bagian depan atau teras berfungsi sebagai tempat menerima tamu atau tempat beransai. Kemudian ruang utama sebagai tempat berkumpulnya keluarga, bisa juga untuk menyambut tamu dan tempat mengaji.

Adat Perkawinan

Kembali ke content ruangan yang saat ini menjadi presentasi Budaya Belitong. Di ruangan ini, Anda akan melihat wujud tidak nyata atau replika dari adat perkawinan urang Belitong.

Terdapat singgasana pasangan manten, serta aksesoris perkawinan yang banyak sekali dan masing-masing memiliki makna dan arti tersendiri. Traveler bisa melihat bagaimana Pakaian Adat Melayu Belitong dalam acara selamatan perkawinan.

Di depan singgasana manten, terdapat dulang dan tudong saji, yaitu tempat saji makanan khas Belitong.

Jika Traveler melihat di area kiri, akan terlihat pakaian di dalam lemari. Pakaian ini disebut kancing 5 atau pakaian yang sering digunakan di acara-acara penting.

Foto-foto Jadul

Dokumentasi klasik yang terdapat atau ditempel di dinding-dinding ini merupakan wujud dari Belitong Tempo dulu. Dari sebelum hingga Belanda masuk ke Belitung.

Memasuki area selanjutnya adalah loss. Bagian ini merupakan penghubung antara ruangan utama dan dapur. Adapun di ruangan yang terpisah di bagian paling belakang adalah Rumah Penjaga. Tidak umum untuk rumah masyarakat Melayu Belitong, Rumah Penjaga biasanya dikhususkan dan dibangun hanya pada rumah-rumah pejabat atau petinggi pada jaman dulu.

  • Pantai Tanjung Pendam

Ada satu lagi pantai yang bisa Anda kunjungi saat ke Belitung, yaitu Pantai Tanjung Pendam. Pantai ini merupakan pantai wisata yang terletak di pusat kota.

Pada sore hari, pantai ini banyak dikunjungi oleh masyarakat lokal dan wisatawan untuk melihat keindahan panorama sunset. Dan pada pagi harinya, pantai ini biasa digunakan sebagai sarana berolahraga.

 

  • Yuk Belanja Oleh-oleh

Jangan lupa untuk belanja oleh-oleh. Tentunya Traveler ingin membeli suatu yang khas Belitong untuk menjadi buah tangan kepada keluarga, tetangga, dan teman.

Ada beberapa tempat yang bisa Traveler kunjungi. Diantaranya Klapa Oleh-oleh, Belitung Outlet, Galeri KUMKM, dan tempat oleh-oleh basah seperti kepiting isi yang maknyus.

Ciri oleh-oleh khas Belitong tentu saja makanan atau cemilan olahan hasil laut seperti kerupuk, getas, pletek, dan jenis lainnya seperti teri crispy.

 

Yuk Ke Belitung

Kapan lagi yah ke Belitung. Yuk gak usah bingung mikir panjang. Jika waktu berlibur Anda pendek, Anda bisa melakukan reservasi Paket Tour Belitung 2 Hari 1 Malam. Namun jika Anda memiliki waktu yang agak panjang dan mau liburan berlama-lama, Anda bisa reservasi Paket Wisata Belitung 3 Hari 2 Malam dan Paket Tour Belitung 4 Hari 3 Malam.

Jabejabe Holiday juga menyediakan paket tour lainnya ke Belitung; honeymoon, outing perusahaan, paket keluarga, opentrip, paket tour tanpa hotel dan paket super murah.

 

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.