Beranda » Budaya » Belitung Timur » Museum Kata Andrea Hirata

JABEJABEHOLIDAY.ID, IDEAS FOR HOLIDAY – Mungkin sebagian dari Anda pernah membaca Novel Laskar Pelangi, Andrea Hirata. Sebagian pula hanya menonton filmnya saja. Keduanya, baik film karya Riri Riza atau pun Novelnya Andrea Hirata merupakan karya fenomenal di Indonesia. Andrea kemudian mengadaptasikan karyanya ke dalam bentuk museum yang menggunakan namanya sendiri; Museum Kata Andrea Hirata.

Percaya atau tidak, di kemudian hari, setelah beberapa tahun Laskar Pelangi bergaung di seantero Indonesia, ia kemudian memberikan dampak yang besar bagi Pulau Belitung dalam berbagai sektor. Apa yang di gambarkan Andrea dalam novelnya dan Riri Riza dalam filmnya, tidak hanya mennyajika potret suram pendidikan di Indonesia, faktanya lebih dari itu.

Keduanya justru mengangkat tentang isyu banyak hal. Hingga saat ini, terutama sektor pariwisata berkembang pesat. Sektor pariwisata memanggil sektor-sektor lainnya. Dari Laskar Pelangi, pariwisata di Belitung kini menjadi salah satu sektor andalan ekonomi masyarakat Belitung, pasca timah.

 

Museum Kata Andrea Hirata

Museum Kata terletak di Jalan Laskar Pelangi, Desa Lenggang, Kecamatan Gantung Belitung Timur. Di museum ini Andrea kembali berkarya, bagaimana representasi novel dan film ke dalam museum.

Jika Anda menginap di Tanjungpandan, untuk menuju Museum Kata Andrea Hirata akan menempuh perjalanan sejauh 68 kilometer atau 1 jam 12 menit dengan kendaraan bermotor.

Bilik Ikal, Mahar, dan Lintang

Di Museum Kata Andrea Hirata, Novelis Maryamah Karpov dan Sang Pemimpi ini kemudian membagi ruang-ruang menjadi tiga bilik. Sesuai dengan Tokoh Sentral di Laskar Pelangi, Bilik-bilik ini diantaranya Bilik Ikal, Bilik Mahar, dan Bilik Lintang.

Bilik Mahar, sebagaimana ciri khas tokoh, terdapat berbagai piranti seni, demikian juga di bilik kedua tokoh novel lainnya, terdapat kecenderungan atas karakter tokoh. Anda bisa melihat bagaimana bilik Ikal; terlihat gambar yang diframe menunjukkan foto Ikal sedang berteriak sebagaimana ekspresinya di dalam Film Laskar Pelangi. Di bilik Lintang, Anda akan melihat beberapa tokoh cerdas inspirasi Lintang. Tentu saja ada sepeda ontel milik Lintang yang digunakannya untuk bersekolah.

 

Dokumentasi Museum Kata Andrea Hirata

1. Ruang Ikal, Sang Tokoh Sentral Laskar Pelangi. 

Museum Kata Andrea Hirata

Beberapa karya sastera Andrea Hirata yang sudah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa dunia ditampilkan. Ikal yang juga memiliki mimpi untuk bersekolah ke luar negeri yang di kemudian hari mimpi tersebut tercapai digambarkan dengan sebuah tas koper untuk perjalanan ke luar negeri.

 

2. Masukilah ruang Lintang. 

Museum Kata Andrea Hirata Belitung Timur

Sepeda bersejarah tokoh Lintang Laskar Pelangi. Sepeda ontel ini seringkali digunakannya untuk bersekolah dan menempuh perjalanan puluhan kilometer setiap hari, acapkali berpapasan dengan buaya, dari Tanjung Kelumpang ke Gantung.

Sepeda tersebut ditempatkan di ruangan ini untuk mengenang sang tokoh. Sosok paling pintar dan paling bersemangat sekolah. Salah satu ruh Laskar Pelangi ada pada tokoh Lintang yang menginspirasi.

 

3. Momentum Dramatis dalam Puzzle Laskar Pelangi.

Museum Kata Andrea Hirata Belitung Timur

Ekspresikan dirimu sebagaimana Ikal memanggil-manggil Lintang yang sudah bulat memutuskan untuk berhenti sekolah. Momentum dramatis ini terjadi pada saat ayah Lintang meninggal dunia, beberapa hari ia tidak sekolah dan kawannya sudah bertanya-tanya.

Apa yang terjadi selanjutnya adalah saat Lintang masuk sekolah, bukan untuk belajar, namun untuk berpamitan dengan guru dan kawan-kawan yang ia kasihi. Karena faktor ekonomi, runtuhlah dunia pendidikan yang semula diagungkannya.

 

4. Sastrawan Dunia dan Ruang Ekspresi

Museum Kata Andrea Hirata Belitung Timur

Ruangan di bawah ini merupakan area terbuka sebagai bilik-bilik ekpresi dan pelajaran sastera dunia. Andrea menempatkan pintu dan jendela-jendela di banyak sisi sebagai simbol akses masuknya ilmu pengetahuan yang tidak berbatas.

Ada banyak spot-spot foto menarik yang bisa Anda Ambil di Museum Kata Andrea Hirata. Perpaduan bangunan unik, kata-kata, serta warna-warni pada berbagai properti membuat suasanya cerah dan menarik.

 

5. Ruang Utama Kata-Kata

Museum Kata Andrea Hirata Belitung Timur

Banyak yang harus Anda baca di Museum kata Andrea Hirata. Meskipun terdapat banyak gambar pendukung, sebetulnya kekuatan di museum ini adalah kata-kata.

Bagian terbaik dari film dan potongan kalimat-kalimat yang diambil dari novel menjadi daya tarik museum ini. Di sinilah kekuatan kata, sementara gambar-gambar di sekelilingnya adalah pendukung dan penuntun imajinasi.

 

6. Warung Kupi Kuli.

Museum Kata Andrea Hirata Belitung Timur

Mampirlah ke dapur tempat bersantai sembari menikmati kupi kuli. Dinamakan Kupi Kuli adalah warung kopi tempat berkumpulnya kuli-kuli tambang timah.

Demikian pengantar singkat, sebuah referensi bagi Anda yang ingin liburan ke Belitung. Untuk layanan wisata ke Belitung, Anda bisa reservasi Paket Tour Belitung bersama Belitung Tour & Travel kepercayaan Anda.

 

Destinasi Lainnya di Kampung Laskar Pelangi

  • SD Laskar Pelangi

Satu-satunya lokasi tempat shooting film Laskar Pelangi yang masih eksis dan ramai dikunjungi di Belitung Timur adalah Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi. Sekolah ini memang dibuat khusus untuk pembuatan film yang digarap oleh Riri Riza dan Mira Lesmana.

SD Laskar Pelangi ini terletak di Desa Lenggang, sekitar 1,2 kilometer dari Museum Kata. SD ini merupakan gedung sekolah sederhana yang terdiri dari dua ruangan, berdinding kayu, dan beratap seng.

Tidak ada yang istimewa di dalam ruangan kelas tersebut. Hanya sejumlah kursi dan meja yang sudah reot, gambar Pahlawan nasional di sekeliling ruangan yang tertempel di dinding. Dan tentu saja papan tulis yang sudah lapuk dimakan waktu.

  • Dermaga Kirana

Dermaga Kirana terletak persis di depan SD Muhammadiyah Laskar Pelangi. Dermaga ini merupakan dermaga unik karena terdapat bangunan yang menyerupai rumah keong.

Apa bisa Anda lakukan di destinasi ini? Pertama Fotografi, banyak tempat unik, cantik dan menarik yang bisa anda ambil di area ini. Kedua tentu saja mengeksplor Sungai Lenggang.

Selain menjadi destinasi kunjungan wisatawan, karena keunikannya, tempat ini seringkali dijadikan lokasi fashion show Batik Belitong.

  • Batik Simpor

Batik Simpor terletak tidak jauh dari Museum Kata Andrea Hirata atau 350 meter. Lokasi tersebut merupakan kediaman Keluarga Besar Basuki Tjahja Purnama alias Ahok.

Persis di sebelah rumah keluarga besar ini terdapat galeri Batik Khas Belitong, yaitu Batik Simpor. Simpor merupakan daun hutan yang lebar dan sering dipakai oleh ibu-ibu rumah tangga membungkus makanan.

Selain Galeri Batik Simpor, persis di depan bangunan ini terdapat tempat oleh-oleh Kampoeng Fifi. Di tepat oleh-oleh ini Anda bisa menemukan apa yang khas dari Belitung Timur.

  • Warkop Gantung

Seperti di Manggar yang dikenal dengan Kota 1001 Warung Kopi, demikian juga halnya dengan Gantung. Di Kampung Laskar Pelangi ini juga banyak terdapat warung kopi. Ngopi atau ngupi sepertinya sudah menjadi budaya dan tradisi masyarakat Belitung Timur.

Bahkan Informasi terakhir yang beredar, Akiong, salah satu tokoh dalam Laskar Pelangi kini membuka warung kopi di Gantung. Jika Anda bisa mampir dan bercengkrama dengan sosok tersebut, tentu akan menambah warna liburan Anda.

 

Explore Negeri Laskar Pelangi

Untuk mengunjungi Museum Kata Andrea Hirata, Anda bisa melakukan reservasi Paket Tour Belitung 2 Hari 1 Malam, Paket Wisata Belitung 3 Hari 2 Malam, dan Paket Tour Belitung 4 Hari 3 Malam.

Selain varian paket wisata yang disebutkan di atas, Traveler juga bisa melakukan reservasi One Day Tour Belitung ke Museum Kata Andrea Hirata.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.