Beranda » Belitong » Geosite Batu Begalang Kelubi, Wisata Baru Perbukitan Pesona Alam Perawan

JABEJABEHOLIDAY.ID, IDEAS FOR HOLIDAY – Wiw, ada destinasi wisata baru di Kabupaten Belitung Timur yang menawarkan keindahan alam perbukitan perawan (Asli), lestari dan asri. Destinasi wisata itu adalah Geosite Batu Begalang.

Area wisata ini terdapat hamparan batu-batu granit besar dan spot-spot foto menarik dengan pemandangan alam dan hutan di bawahnya yang tentu saja menjadi magnet bagi wisatawan/pengunjung.

Oleh pemerintah daerah, Wisata Batu Begalang yang terletak di dekat Bukit Pemantauan Desa Kelubi Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur ini dijadikan sebagai salah satu geosite.

Akses Menuju Batu Begalang

Untuk sampai ke destinasi wisata baru Batu Begalang, dari Desa Kelubi pengunjung bisa menempuh jarak ± 3km dengan menggunakan kendaraan bermotor dan mobil yang aksesibilitasnya bisa diakses dengan baik.

  • Bandara H.AS Hanandjoeddin – Batu Begalang

Jarak dari Bandara Internasional H.AS Hanandjoeddin menuju Batu Begalang adaah 62,6 kilometer atau waktu tempuh 1 jam 20 menit.

  • Kota Manggar – Batu Begalang

Jarak dari Ibukota Kabuapaten Belitung Timur, yakni Kota Manggar menuju Batu Begalang yakni 28,8 kilometer atau dengan waktu tempuh 45 menit.

Destinasi Wisata Batu Begalang Baru Saja Diresmikan

Destinasi wisata baru Batu Begalang telah resmi dibuka oleh Bupati Belitung Timur, yang pembukaannya diwakilkan kepada H. Sayono Asisten I Bidang Pemerintahan dan Sosial Kab. Belitung Timur pada tanggal 10 Juni 2021.

Pembukaan tersebut juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kab. Belitung Timur, perwakilan Bank Sumsel Babel Cabang Manggar dan tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, pemerintah berharap dengan adanya destinasi wisata baru di Desa Kelubi ini bisa mendorong pengembangan kawasan destinasi wisata di Belitung Timur.

Selain itu, wisata yang berbasis kearifan lokal ini diharapkan bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat setempat.

Batu Begalang Salah Satu Geosite di Belitung Timur

Sebagaimana anda ketahui, Pulau Belitong telah ditetapkan menjadi UNESCO Global Geopark (UGG) pada tanggal 14 April 2021 oleh Dewan Eksekutif UNESCO pada siding ke-211.

Penetapan sebagai UGG ini menjadi power, inspirasi serta spirit baru untuk mengusulkan Batu Begalang menjadi destinasi wisata geosite, yang akan bergabung dengan geosite-geosite lainnya di Belitung Timur.

Keunikan di Batu Begalang

  • Wisata alam yang masih asli alias perawan
  • Memiliki panorama dari atas perbukitan memesona
  • Terdapat formasi bebatuan granit raksasa yang berusia ratusan juta tahun

Apa yang Anda Lakukan di Batu Begalang

  • Menikmati suasana pegunungan yang sejuk
  • Melihat panorama dari ketinggian sembari menikmati minuman
  • Menyaksikan sunset (Matahari terbenam) dan sunrise (Matahari terbit)
  • Berburu foto

Fasilitas Pendukung di Geosite Batu Begalang

Untuk mendukung aktivitas kepariwisataan atau kenyamanan para pengunjung, pengelola di destinasi wisata Batu Begalang sudah menyediakan berbagai fasilitas.

Adapun fasilitas tersebut diantaranya shelter (Bangunan/tempat bersantai), spot-spot foto menarik, dan toilet.

Asal Usul Kemunculan Batu Granit di Pulau Belitong

Menurut Geoligis ITB, Budi Brahmantyo, batu granit di Pulau Belitong sudah ada sejak Jaman Triassic atau berusia sekira 208 – 245 juta tahun.

Adapun terbentuknya bebatuan ini merupakan hasil pembekuan magma yang sifatnya asam dan memilik kandungan silika sekitar 65 persen. Proses ini terjadi puluhan kilometer di dalam perut bumi.

Namun, akibat adanya gempa bumi pada priode tertentu dan terjadi patahan, perlahan-lahan batu ini muncul ke permukaan. proses tersebut kemudian menjadikan apa yang terlihat seperti saat ini di Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Tanjung Kelayang serta beberapa area lainnya di Pulau Belitong.

Geosite Lainnya di Kabupaten Belitung Timur

  • Geosite Gunung Lumut

Sama halnya dengan Batu Begalang, wisata Geosite Gunung Lumut yang terletak di Desa Limbongan Kecamatan Gantung Kabupaten Belitung Timur ini merupakan jenis destinasi perbukitan yang menawarkan panorama memesona.

Uniknya, sebagian area di Gunung Lumut ditutupi oleh lumut hijau. Hal ini spot menarik yang bisa didokumentasikan saat anda berada di Gunung Lumut.

  • Geosite Openpit Nam Salu

Merupakan destinasi eks tambang timah, Openpit Nam Salu merupakan salah satu destinasi yang terletak di Desa Senyubuk Kecamatan Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur.

Berada di Bukit Kik Karak, destinasi ini menawarkan panorama indah eks tambang, yakni berupa kawah besar yang ditengahnya terdapat danau. Hal menarik lainnya adalah terdapat goa (tunnel) yang berada di sisi danau.

Wisata ini dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata Senyubok Berijo yang bermitra dengan Badan Pengelola Openpit Nam Salu.

  • Geosite Burung Mandi

Hal menarik dari Pantai Burung Mandi adalah terdapat jejeran perahu bercadik yang disebut kater. Perahu ini seringkali digunakan nelayan untuk memancing ikan.

Destinasi ini terletak di Desa Burung Mandi, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur.

  • Geosite Tebat Rasau

Objek wisata ini terletak di Desa Lintang, Kecamatan Simpang Renggiang, Kabupaten Belitung Timur.

Destinasi wisata ini dikelola oleh para nelayan sungai lokal yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Lanun.

Banyak hal menarik di Tebat Rasau, salah satunya ikan buntal sungai yang tidak beracun. Ikan ini berbeda dengan ikan buntal yang berada di laut yang tentu saja beracun.

  • Garumedang Tektites Geosite

Destinasi wisata Garumedang Tektites Geosite terletak di Dusun Garumedang, Desa Sukamandi, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur.

Hotel yang Berada Dekat dengan Destinasi Batu Begalang

Kabupaten Belitung Timur memiliki area yang cukup luas, yakni 2.507 kilometer persegi, namun demikian, dengan akses jalan beraspal yang bagus, untuk menuju dari satu destinasi ke tempat lainnya tidak membutuhkan waktu lama.

Di samping jalan beraspal yang mulus, minimnya jumlah kendaraan juga mendukung kelancaran lalu lintas dari satu tempat ke wilayah lainnya.

Oleh karenanya, akses dari destinasi Batu Begalang ke tempat lainnya terbilang ‘dekat’ atau singkat. Berikut ini hotel-hotel yang letaknya tidak jauh dari wisata Batu Begalang.

  • OYO 515 Oasis Hotel

Oasis Hotel terletak di Jalan Raya Gantung No.1 Desa Padang, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia 33512.

Hotel Oasis memiliki empat kelas kamar dengan berbagai fasilitas seperti kolam renang, layanan kamar 24 jam, WiFi gratis di tiap kamar dan tempat umum, area parkir mobil, serta fasilitas pendukung lainnya.

  • OYO 539 Omah Andini

Omah Andini terletak di Jalan Merbabu, Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung, Belitung, Indonesia, 33512.

Hotel ini memiliki kamar hotel berkelas yang nyaman, fasilitas kebugaran, restoran, serta panorama yang indah di tepi danau.

Tak hanya itu, demi kenyamanan bagi tamu, hotel ini memiliki fasilitas kamar seperti AC, handuk, pancuran, air mineral kemasan, WiFi gratis, lemari pakaian, rak pakaian, balkon/teras, Line TV satelit/kabel, dan Meja.***

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.