Beranda » Budaya » Belitung Timur » Dermaga Kirana Belitung Timur

JABEJABEHOLIDAY.ID, IDEAS FOR HOLIDAY – Belitung Timur memang tak habis-habisnya membangun beragam wisata kreatif untuk dikunjungi. Kali ini melalui pihak ketiga atau pihak yang juga merupakan pengembang pembangunan hotel, membuat sebuah kawasan wisata menarik. Destinasi wisata itu adalah Dermaga Kirana.

Destinasi ini terletak di Desa Lenggang, Kecamatan Gantung dan berdekatan dengan Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi.

Dermaga ini dibuat dengan lantai berbahan dasar papan dan dibangun zigzag hingga ke tepi dermaga di bibir Sungai Lenggang. Bangunan lantai berdiri di atas tanah, dengan jarak sekitar 1 meter sebagaimana umumnya dermaga.

Tidak hanya menjadi destinasi yang dikunjungi oleh wisatawan, pada momen tertentu, dermaga unik ini juga sebagai tempat diselenggarakannya fashion show batik khas Belitong.

Dermaga Kirana Belitung Timur

 

Dermaga Kirana ( Rumah Keong ) di Belitung Timur

Sebagai sebuah destinasi yang ramai dikunjungi, tentu Dermaga Kirana yang biasa juga disebut Rumah Keong ini memiliki beberapa keunikan, diantaranya;

  • Desain Arsitektur yang Nyentrik dan Unik

Rumah Keong memang unik, tidak heran banyak pengunjung yang ingin berpose dengan latarbelakang bangunan mirip keong ini. Hal yang menarik adalah gazebo-gazebo ini terbuat dari rotan (DUM), namun hampir menyerupai, dari warna dan bentuk.

Sementara itu lantai bangunan yang terbuat dari kayu sengaja dibangun menyerupai huruf Z, hingga ke tepi dermaga.

  • Memiliki Banyak Spot Foto dan Instagramable

Kebanyakan pengujung yang datang memang untuk berfoto. Selain dengan latarbelakang arsitektur bangunan yang unik, background lainnya adalah panorama Sungai Lenggang itu sendiri.

Apalagi jika foto diambil pada siang hari, awan biru yang menaungi menjadi warna tersendiri yang berpadu dengan air sungai. Bagi penggemar media sosial, terutama instagram, banyak sekali wisatawan yang memposting dan barangkali pernah terlihat oleh Anda.

 

  • Tersedia Fasilitas Wisata Air

Beberapa perahu berwarna-awarni terikat di Dermaga. Perahu ini disewakan bagi siapa saja yang mau bermain di sekitar sungai.

Selain perahu kecil yang menggunakan dayung, terdapat pula perahu yang berukuran agak besar dan beratap. Perahu ini digerakkan dengan mesin yang juga disewakan untuk siapa saja yang ingin mengeksplor Sungai Lenggang, Gantung.

  • Berada dalam Kawasan Wisata Kampoeng Laskar Pelangi

Yup, Dermaga Kirana memang masih masuk dalam kawasan Kampong Laskar Pelangi. Beberapa destinasi utama wisata di Belitung Timur rata-rata berada di Desa Lenggang, termasuk Dermaga Kirana.

Oleh karena itu, jika ingin berkunjung ke Dermaga Kirana, tentu tidak sulit dan mudah diakses. Jika Anda berangkat dari Bandara H.A.S Hanandjoeddin Tanjungpandan, jarak yang ditempuh sekitar 59 kilometer dan jika Anda berkendara maka akan merlukan awaktu 1 jam 2 menit.

Dermaga Kirana Belitung Timur

Destinasi Wisata Sekitar Dermaga Kirana

Saat berada di Kecamatan Gantung, Belitung Timur, tentunya Anda ingin mengunjungi beberapa destinasi wisata yang ada di daerah tersebut. Berikut ini Kami mereferensikan beberapa tempat wisata yang wajib Anda kunjungi saat berada di area ini;

  • Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi

Jarak dari Dermaga Kirana ke Destinasi Wisata Unggulan di Desa Lenggang ini, Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi hanya 230 meter. Tentunya jika Anda berkendara saja tidak akan membutuhkan waktu sampai 2 menit.

Replika SD Laskar Pelangi adalah bekas lokasi yang digunakan oleh Sineas Riri Riza saat membuat Film Laskar Pelangi. Oleh Pemerintah Desa Lenggang, tempat ini kemudian menjadi daya tarik wisata bagi daerah tersebut.

Bangunan SD Laskar Pelangi ini dibuat dua ruangan sederhana yang terbuat dari kayu lapuk. Bahkan, bangunan yang doyong ini pun disanggah dengan kayu berukuran besar agar tidak roboh. Namun, di balik rumah sekolah sederhana ini tercipta generasi emas yang kemudian menjadi inspirasi bagi pendidikan di Indonesia.

  • Museum Kata Andrea Hirata

Jika primadona wisata di Kabupaten Belitung adalah Pantai Tanjung Tinggi dan Pulau Lengkuas, adapun di Belitung Timur adalah Museum Kata Andrea Hirata dan Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi.

Jika Anda dari Dermaga Kirana, perjalanan ke Museum Kata Andrea Hirata membutuhkan waktu lima menit dan menempuh perjalanan pendek sejauh 2,3 kilometer. Museum Kata pun masih berada di Desa Lenggang, yaitu di Jalan Laskar Pelangi.

Ada banyak inspirasi Andrea yang dituangkannya ke dalam bentuk karya museum. Di dalam museum terunik 2017 ini, terdapat ruangan yang terdiskripsikan berdasarkan karakter-karakter tokoh di Film Laskar Pelangi. Beberapa sscene terbaik di film Laskar Pelangi juga ada di museum ini.

Warung Kupi Kuli bisa Anda temukan di bagian dapur museum. Seruput pula sajian kopi kuli khas Belitung sembari menikmati suasana museum. Di bagian belakang dan samping bangunan utama museum terdapat ruang sastera dunia dan Replika SD Laskar Pelangi.

  • Bendungan Pice

Pice atau Bendungan Pice merupakan salah satu tempat yang kini menjadi destinasi wisata di Gantung. Bangunan besar yang diresmikan pada tahun 1937 ini dirancang oleh Arsitektur Belgia, Dr. Vence.

Mungkin sebagian Traveler sudah mengetahui, kata Pice berasal dari bahasa Cina Kek yaitu Pichie yang memiliki arti Pintu Air.

Bendungan ini berukuran panjang 50 meter serta memiliki 15 pintu air dengan lebar 2,5 meter tiap-tiap pintunya. Pintu ini memiliki ketinggain sekitar 10 meter.

Bila Anda berada di kawasan Replika SD Laskar Pelangi atau Dermaga Kirana, maka jarak menuju ke Bendungan Pice sejauh 2,3 kilometer yang jika berkendara memakan waktu 6 menit.

  • Batik Simpor

Kerajinan Khas Belitung Timur Batik Simpor merupakan oleh-oleh yang bisa Anda bawa dari Belitung Timur. Jika Anda berangkat dari Dermaga Kirana atau Rumah Keong, jarak ke Batik simpor ini adalah 2,7 kilometer atau jika berkendara membutuhkan waktu enam menit.

Batik Simpor terletak berdekatan dengan Kampoeng Fifi, sebuah rumah panggung yang juga menjual oleh-oleh khas Belitung Timur. Kedua area oleh-oleh khas belitung Timur ini merupakan kediaman Keluarga Besar Basuki tahja Purnama Alas Ahok.

Ada beragam jenis batik simpor dengan berbagai motif dan desain bisa Anda temukan di Galeri Batik Simpor. Sebagaimana Traveler ketahui, simpor merupakan daun berukuran besar dari pohon simpor yang banyak digunakan sebagai pembungkus makanan. Di kemudian hari, motif dari daun ini menjadi inspirasi pebuatan batik.

 

Wisata Lainnya di Belitung Timur

Untuk melengkapi kunjungan wisata di Belitung Timur, Anda bisa Objek Wisata Ngenjungak di Kantor Disbudpar, Manggar, Belitung Timur.

Manggar dikenal sebagai Kota 1001 Warung Kopi, jika berkesempatan, mampirlah di salah satu warung kopi dan rasakan sajian kopi khas dengan racikan yang pas. Kunjungi pula wisata religi Vihara Dewi Kwan Im dan Pantai Burung Mandi di Kecamatan Damar.

Eksplor Wisata Kampoeng Laskar Pelangi

Tentunya Anda tertarik untuk berkunjung ke Kecamatan Gantung di Belitung Timur. Anda bisa memilih berbagai jenis Paket Tour Belitung yang sesuai dengan keinginan dan selera Anda.

Kami merekomendasikan jenis Paket Tour Belitung 2D1N, Paket Wisata Belitung 3D2N, dan Paket Tour Belitung 4D3N. Namun demikian, Anda bisa memilih jenis Paket Tour Belitung Tanpa Hotel, Paket Tour Belitung Outing dan beberapa paket lainnya.

Anda bisa menghubungi Travel Advisor Jabejabe Amazing Holiday untuk berkonsultasi dan menentukan paket yang sesuai dengam budget serta keinginan Anda.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.