Beranda » Panorama » Campang Kemudi, Pulau Eksotis di Selatan Belitung Timur
Campang Kemudi, Pulau Eksotis di Selatan Belitung Timur

Dua gazebo dibangun di atas batu granit raksasa menambah eksotisme Pulau Campang Kemudi yang terletak di Desa Tanjung Kelumpang, Kecamatan Simpang Pesak, Kabupaten Belitung Timur. Foto: sue/ JH

BELITUNG TIMUR, JABEJABEHOLIDAY.ID – Pulau Campang Kemudi merupakan salah satu pulau unik yang terletak di Desa Tanjung Kelumpang. Kecamatan Simpang Pesak, Kabupaten Belitung Timur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Disebut unik karena Campang Kemudi merupakan pulau yang bentuknya memanjang. Di satu sisi terdapat lingkaran pepohonan mangrove sementara di sisi lain formasi batuan granit raksasa. Adapun di antara kedua titik itu adalah garis pasir yang memanjang sekitar 400 meter. Seperti Gusong atau pulau pasir tanpa pepohonan.

Nah, di atas batu granit inilah oleh Dinas Pariwisata Pemkab Belitung Timur dibangun dua buah gazebo berukuran 3 x 4 meter. Keberadaan dua gazebo ini menambah keelokan panorama Campang Kemudi.

Bagi yang ingin berkunjung ke pulau ini, terlebih dahulu melewati jalur darat menuju Pelabuhan Nelayan di Tanjung Kelumpang. Yakni, jalur yang biasa dilalui jika anda berkunjung ke Pantai Punai. Namun perbedaannya hanya pada persimpangan akses ke Pelabuhan Nelayan tersebut. Pelabuhan nelayan ini melewati jalan tanah merah, sekitar 500 meter dari jalan raya yang beraspal.

Jika dari Pelabuhan Nelayan menuju Campang Kemudi memerlukan waktu tak kurang dari 60 menit, tidak demikian halnya jika kita berangkat dari Pantai Punai yang hanya memakan waktu sekitar 20 menit.

Perjalanan laut dengan perahu nelayan lokal menuju Campang Kemudi juga memiliki keunikan, pengunjung bisa menyaksikan formasi bebatuan granit raksasa yang muncul ke permukaan laut.

Panorama lain yang bisa disaksikan di sekitar Pulau Campang Kemudi adalah Pulau Berukik Tepi, Pulau Berukik Tengah dan Pulau Berukik Layar.

Alkisah di Balik Nama Campang Kemudi

Ada ceritera dari mulut ke mulut yang disampaikan secara turun-temurun asal muasal nama tiga pulau yang melegenda di Tanjung Kelumpang. Untuk nama ini, ada yang berkaitan langsung secara makna, namun ada pula yang tidak.

Konon, pada masa lampau pernah terjadi kecelakaan sebuah kapal di Perairan Pantai Punai. Sebutlah di Pulau Pandan, di mana terdapat tali kapal yang dimaksud di pulau tersebut. Kemudian Pulau Campang Kemudi, tempat ditemukannya kemudi kapal.

Dan terakhir adalah Pulau Malang Layar. Di pulau ini ditemukan layar dari kapal yang tenggelam. Karenanya, pulau tempat ditemukannya layar disebut Pulau Malang Layar.***

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.