Beranda » Tradition & Culture » Buang Sampah Sembarangan di Belitung Didenda 50 Juta

JABEJABEHOLIDAY.ID, IDEAS FOR HOLIDAY – Hi Traveler, berikut ini info penting yang wajib Anda ketahui jika ingin berlibur ke Pulau Belitung. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten Belitung sedang getol-getolnya mengkampanyekan kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan.

Adapun konsekuansinya adalah denda dan pidana. Tentu saja tak ada  yang perli dikhawatirkan, karena aturan ini tidak berlaku bagi Traveler khususnya dan Masyarakat Belitung umumnya yang selalu mencintai dan menjaga kebersihan.

Sosialisasi & Ujicoba

Aturan dan penerapannya sudah menjadi program dan akan segera dilaksanakan. Maka, Barangsiapa yang Buang Sampah Sembarangan di Belitung Didenda 50 Juta.

Penerapan ini rencananya akan dimulai pada bulan September 2019. Aturan ini berlaku bagi orang perorang atau pun badan usaha yang tidak membuang sampah di tempat yang telah disediakan.

Buang Sampah Sembarangan di Belitung Didenda 50 Juta

Adapun tata cara penerapannya tertuang dalam Perbub No. 23/2019 yang sudah diterbitkan pada 28 Juni 2019 lalu. Rencananya, aturan ini akan disosialisasi dan ujicobakan di sepanjang Bulan Agustus 2019 ini.

Denda Maksimal 50 Juta dan Kurungan 3 Bulan

Kemudian untuk analisa dan penentuan tingkat kesalahan pelanggaran, akan dilakukan oleh Petugas Penyidik Pegawai negeri Sipil (PPNS). Jika memang melakukan kesalahan, akan mendapatkan ancaman hukuman berupa denda maksimal 50 juta, serta pidana kurungan selama 3 (tiga) bulan.

Selanjutnya, melalui sidang yang digelar Pengadilan Negeri, akan dilakukan penetapan hukuman pidana bagi yang bersangkutan. Pemberian sanksi ini merupakan sebagai tindak lanjut dari Pasal 57 Peraturan Daerah No.5/2014 tentang Ketertiban Umum.

Berikut ini Mekanisme Pelaporan Bagi Pembuang Sampah Sembarangan di Belitung;

  1. Laporan dari warga dalam bentuk tertulis,
  2. Sertakan bukti berupa rekaman elektronik (foto atau video),
  3. Pemanggilan dalam batas waktu yang ditentukan.

Mendisiplinkan Masyarakat

Diterapkan aturan untuk senantiasa menjaga kebersihan dan bertanggungjawab membuang sampah pada tempat-tempat yang ditentukan, merupakan bentuk usaha pemerintah untuk mendisiplikan masyarakat. Hal ini juga bentuk sinergi bagi semua elemen untuk menjaga citra pariwisata Belitung.

Sebagaimana diketahui, Belitung merupakan salah satu destinasi unggulan nasional yang termasuk dalam 10 Bali Baru. Apalagi Keindahan dan Kebersihan merupakan bagian yang penting dalam industri pariwisata.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.