Beranda » Pulau » Barat Laut Belitung » Pulau Batu Garuda Belitung

JABEJABEHOLIDAY.ID, IDEAS FOR HOLIDAY РPulau Belitung menyimpan warisan bebatuan granit berusia 65 hingga 200 juta tahun. Formasi Batu Granit yang kemudian disebut Pulau Batu Garuda ini terletak persis di depan Pantai Tanjung Kelayang Kabupaten Belitung. Dari pesisir pantai pun bisa terlihat gundukan granit ini. Jika ditempuh dengan boat tradisional akan memakan waktu tidak lebih dari lima menit.

Oh ya, mengapa disebut Batu Garuda. Nyatanya, ada salah satu bagian dari formasi bebatuan granit ini yang berbentuk seperti kepala Burung Garuda, Lambang Negara Indonesia.

Awal mula terbentuk batu granit ini berasal dari proses pembekuan magma yang bersifat asam dengan kandungan silika hingga 65 persen. Bebatuan ini membentuk batholit di kedalaman puluhan kilometer dari permukaan tanah. Disebabkan oleh proses tektonik, kemudian terjadi pengangkatan dan keretakan.

Puluhan hingga ratusan tahun kemudian setelah mengalami berbagai proses seperti pelapukan, abrasi, dan transformasi angin, serta air, maka terbentuklah berbagai varian granit dalam berbagai bentuk. salah-satunya Pulau Batu Garuda.

 

Explore Pulau Batu Garuda Belitung

Ke Pulau Belitung kalau tidak mengeksplor pulau-pulau yang cantik dan unik rasanya seperti tidak pernah berlibur ke Belitung. Hal inilah mengapa Travel di Belitung menempatkan Island Hopping sebagai salah satu destinasi pokok dalam itinerary.

Dalam wisata Island Hopping di Belitung, Pulau Batu Garuda selalu menjadi destinasi persinggahan pertama. Sebetulnya tidak singgah, boat tradisional nelayan hanya singgah di depan Batu Garuda. Traveler hanya bisa mengambil dokumentasi dari atas boat dengan background Batu Garuda.

Keunikan Pulau Batu Garuda

  • Berbentuk seperti kepala Burung Garuda.

Unik kan Traveler. Sebagaimana yang tertulis di atas, proses pembentukan yang unik ini dikeranekan proses geologi yang sangat panjang.

  • Warisan Geopark berusia 65 – 200 juta tahun.

Tepatnya sejak jaman triassic, artinya sudah lama sekali.

  • Menjadi objek foto yang instagramable.

Oleh karena itu jangan heran jika saat Traveler mengetik katak kunci di instagram atau media sosial lainnya banyak muncul foto-foto Batu Garauda.

  • Menjadi panorama yang menarik dari Pantai Tanjung Kelayang.

Karena Jaraknya dekat sekali, maka bisa disebut Batu Garuda dan Pulau Kelayang merupakan serambi Pantai Tanjung Kelayang.

 

Dokumentasi Batu Garuda Belitung

1. Panorama Pulau Batu Garuda dari Pantai Tanjung Kelayang Belitung.

Batu Garuda Belitung

Pengambilan gambar di atas dari Pantai Tanjung Kelayang. Wah, meskipun dekat dengan pantai, terlihat sekali keindahan terumbu karangnya, Traveler.

Nah pada malam hari, Batu Garuda terlihat bercahaya dan memang sengaja dibuat bercahaya. Cahaya ini menggunakan lampu dengan sumber energi yang berasal dari tenaga surya. Penasarankan bagaimana keindahannya pada malam hari?

 

2. Pulau Batu Garuda terletak di sebelah Pulau Kelayang.

Batu Garuda Belitung

Sesungguhnya Batu Berlayar merupakan bagian dari Pulau Kelayang. Atau disebut juga dengan anak pulau. Ini dikarenakan posisinya yang berdekatan, sementara dari segi ukuran Batu Garuda lebih kecil.

 

3. Pulau Batu Garuda dari tampak atas.

Batu Garuda Belitung

Jika terlihat dari view ‘mata burung’ dengan alat drone, Pulau Batu Garuda Belitung ini hanyalah onggokan batu-batu kecil. Nyatanya ini formasi batu raksasa ya Traveler.

 

4. Pelepasan Seekor Anak Penyu (Tukik) dari Pulau Kelayang di depan Batu Garuda.

Batu Garuda Belitung

Release anak penyu alias tukik merupakan bentuk kepedulian Anda terhadap alam, khususnya kelestarian biota laut di Pulau Belitung. Yuk bantu lestarikan agar Anda tetap melihat keindahannya dan pengunjung berikutnya bisa melihat keindahan yang sama yang Anda lihat. Terima kasih sudah peduli.

 

5. Selfie dengan Background Pulau Batu Garuda

Batu Garuda Belitung

Yup, Pulau Batu Garuda sangat instagramable. Sayang dong jika tidak menyempatkan mengambil dokumentasi dari atas boat tradisional. Boatman akan memberhentikan boat persis di depan pulau dan mengambil posisi yang tepat agar Anda bisa mengambil sisi terbaik.

 

Tips Traveler 

  1. Mintakan Boatman agar mampir ke Pulau Batu Garuda saat Islands Hopping atau mengambil dokumentasi dari atas boat.
  2. Mengambil foto dokumentasi Pulau Batu Garuda dari Pulau Kelayang juga menjadi dokumentasi yang menarik.
  3. Jika ingin singgah ke Pulau Batu Garuda atau mengeksplor lebih formasi granit ini bisa menggunakan perahu kecil atau kayak.
  4. Tetap happy dan berhati-hati.
  5. Reservasi wisata Pulau Batu Garuda silahkan menghubungi Tour Organizer lokal Belitung.

 

Destinasi Wisata Pulau Selain Batu Garuda

Tentu saja dalam tour pulau di Belitung tidak hanya mengunjungi Pulau Batu Garuda. Masih ada beberapa destinasi wisata pulau lainnya yang akan Anda datangi.

  • Pulau Batu Berlayar

Batu Berlayar terletak di sebelah Barat Lau Pantai Tanjung Kelayang. Untuk menuju pulau ini menggunakan boat tradisional nelayan yang membutuhkan waktu kurang dari 20 menit.

Sama halnya dengan Batu Garuda, Pulau Batu Berlayar adalah formasi batu granit yang berusia ratusan juta tahun. Batu-batu ini unik, karena nampak dari kejauhan laksana kapal yang sedang berlayar.

Tempat ini sangat bagus bagi pecinta fotografi. Momentum terbaik untuk pengambilan gambar adalah saat sunset, milky way, dan star trail.

  • Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas tentu saja merupakan Primadona Wisata Belitung. Tujuan utama tour pulau di Belitung adalah Pulau Lengkuas.

Di tengah pulau ini dibangun sebuah mercusuar pada tahun 1882. Hingga kini mercusuar ini mash aktif dan menjadi panduan bagi pelayaran nasional dan internasional.

Nikmati pesona yang ada di Pulau Lengkuas. Untuk lebih klop, lakukan juga kegiatan snorkeling di sekitar perairan Pulau Lengkuas. Saksikan keindahan terumbu karang dan sensasi dikelilingi oleh ratusan ikan.

  • Pulau Kepayang

Pulau Kepayang merupakan pulau terbesar yang Anda kunjungi dalam kegiatan Belitung Island Hopping. Luasnya lebih kurang sekitar 3 hektar.

Di Pulau Kepayang terdapat resto yang menyajikan berbagai varian menu seafood. Menu utamanya tentu ikan bakar yang maknyus. Pilihan menu seafood lainnya seperti udang, kepiting, cumi, bahkan siput gonggong pun ada di sini.

Jika Anda ingin melihat penangkaran anak penyu atau tukik, posisinya ter;letak di sebelah resto Pulau Kepayang. Anda pun bisa melakukan release tukik sebagai bentuk penyelamatan terhadap lingkungan.

  • Pulau Kelayang

Pulau Kelayang merupakan pulau terunik saat Anda melakukan island hopping. Di sebelah barat pulau ini terdapat formasi granit raksasa yang membentuk goa. rembesan air yang masuk ke bawah goa membentuk telaga yang kemudian dikenal dengan ‘Telaga Bidadari’.

Keunikan lain adalah panorama yang bisa Anda lihat dari Pulau Kelayang menuju Batu Garuda. Panorama ini sangat instagramable yang banyak diupload pengunjung.

Pulau Kelayang dan juga pulau-pulau lainnya sangat alami dan tanpa dikenakan tiket masuk saat Kita ingin mengeksplor tiap-tiap pulaunya. Tugas utama wisatawan hanyalah menikmati keindahan dan menjaga kebersihan pulau.

 

Let’s Explore Pulau Belitung

Yuk kapan lagi mau mengeksplor Pulau Belitung. Jangalah ragu dan bimbang Traveler, apalagi sampai mikir panjang. Jabejabe Holiday menawarkan varian paket tour Belitung untuk Anda.

Beberapa jenis paket tersebut diantaranya; Paket Tour Belitung Reguler, Paket Tour Belitung Hemat, Open Trip Belitung, Paket Outing Belitung, Honeymoon di Belitung, serta berbagai jenis paket wisata lainnya yang disesuaikan dengan selera liburan Anda.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.