Beranda » Pulau » Barat Laut Belitung » Pulau Batu Berlayar Belitung

JABEJABEHOLIDAY.ID, IDEAS FOR HOLIDAY – Pulau Batu Berlayar Belitung merupakan satu dari sekian banyak keunikan dan keindahan yang memoles Negeri Laskar Pelangi, Pulau Belitung. Bagaimana tidak, onggokan bebatuan granit yang dikelilingi pasir di tengah lautan. Sebuah pemandangan indah unik, dan mengundang pertanyaan. Untuk ini, Anda bisa membaca sejarah dan asal usul granit di Pulau Belitung.

Batu Berlayar terletak di sebelah barat laut Pantai Tanjung Kelayang. Pulau kecil ini selalu menjadi tujuan wisatawan. Jika ditempuh dengan boat tradisional nelayan, memerlukan waktu paling lama 20 menit.

Dari Barat Pantai Tanjung Kelayang, Batu Berlayar terlihat jelas, karena jaraknya begitu dekat.

Batu Berlayar Belitung

 

Pesona Pulau Batu Berlayar

Dua batu granit besar menyerupai sirip ikan hiu, sementara bebatuan granit lainnya tampak berbaring. Disekitarnya terdapat pasir putih laksana buih-buih ombak. Demikianlah mengapa masyarakat menyebut pulau ini laik Batu Berlayar. Perpaduan dua batu raksasa seperti sirip ini diumpamakan layar. Batu yang berbaring ialah badan kapal, dan pasir adalah ombaknya.

Batu Berlyar sangat nyaman dikunjungi saat air laut surut, dengan demikian akan memudahkan para pengunjung mengambil dokumentasi.

Memasuki area Pulau Batu Berlayar tidak dikenakan biaya, alias gratis. Namun demikian, saat melakukan tour ke Batu Berlayar dan pulau-pulau lainnya, Anda harus menyewa boat tradisional nelayan sekitar.

Pulau ini tidak lebih dari 1/2 hektar. Mengelilinginya dengan berjalan kaki saja tidak akan menghabiskan waktu hingga 10 menit.

Batu Berlayar Belitung

  • Di Sekitar Batu Berlayar

Pulau-pulau lain memiliki jarak yang dekat dengan Batu Berlayar. Misalnya di sebelah utara terdapat Gusong atau Pulau Pasir. Gusong terbilang unik laksana gurun di tengah lautan. Hal menarik di Gusong adalah Bintang Laut. Namun peringatan lebih awal untuk Traveler agar tidak melakukan dokumentasi di atas permukaan laut terhadap bintang laut ini.

Kemudian di sebelah Barat Laut Batu Berlayar adalah Pulau Kepayang. Pulau ini adalah yang terbesar dibandingkan dengan pulau-pulau satelit lainnya yang berada di Barat Laut jika ditinjau dari Pantai Tanjung Kelayang.

Pulau Kepayang juga menyimpan keunikan lain. Selain terdapat resto yang menjadi persinggahan makan siang bang Traveler yang melakukan kegiatan islands hopping, di pulau ini terdapat penangkaran penyu. Nah, sebagai bentuk penyelamatan penyu, Traveler bisa melakukan pelepasan (release) penyu ke laut.

Dan di sisi Barat Daya dari Pulau Batu Berlayar adalah Pulau Pekador. Pulau ini jarang disinggahi oleh para wisatawan. Namun tidak ada salahnya jika ingin sekedar berleha-leha di pantai dan menelusuri keunikan Pulau Pekador.

 

  • Resume Keunikan-keunikan Batu Berlayar

Tidak hanya unik, pulau-pulau satelit pada islands hopping di Belitung memiliki latar belakang dan asal usul. Latarbelakang ini tentu juga menjadi sumber keunikan itu sendiri.

  1. Bebatuan Granit pada Berlayar ada sejak zama triassic atau sekitar 65 – 200 juta tahun yang lalu.
  2. Berbentuk unik menyerupai sirip ikan hiu atau layar karena proses pelapukan, pengikisan akibat transportasi angin, es, dan air.
  3. Instagramable, menjadi background objek foto yang menarik.
  4. Bagi penggila fotografi, Batu Berlayar bisa menjadi foreground sunset, milky way, dan star trail.

 

Eksplor Tour Belitung

Untuk mengeksplor Pulau Batu Berlayar dan pulau-pulau lainnya di Belitung, Anda bisa reservasi Paket Wisata Belitung.

Jika Anda lebih lama di Belitung, bisa memilih Paket Tour Belitung 4 Hari 3 Malam. Pilihan lainnya untuk perjalanan tour yang lebih singkat yaitu Paket Tour Belitung 3 Hari 2 Malam.

Meski perjalanan singkat Paket Wisata Belitung 2 Hari 1 Malam pun Anda bisa mengeksplor pulau dan pantai di Belitung pada hari pertama kedatangan ke Belitung.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.