Beranda » Budaya » Belitung Timur » Yuk Eksplor Bangunan Bersejarah di Bukit Samak

Yuk Eksplor Bangunan Bersejarah di Bukit Samak

BELITUNG TIMUR, JABEJABEHOLIDAY.ID – Ingin melihat bangunan bersejarah yang dibangun oleh Belanda? Anda bisa mengeksplor Bukit Samak – Manggar Belitung Timur, di sana kamu bisa melihat bangunan bersejarah berupa rumah – rumah, masjid, sekolah dan bangunan lainnya. Bangunan tersebut juga bisa dijadikan background foto.

Saat ini, Bukit Samak sering dijadikan tempat jogging oleh masyarakat khususnya mereka yang berdomisili di Kota Manggar. Bukit Samak juga memiliki spot-spot foto kreatif menjadi daya tarik wisata yang menarik minat wisatawan lokal, domestik/ nusantara bahkan mancanegara.

A2 merupakan salah satu bangunan yang menjadi heritage atau warisan Belanda. Oleh Pemerintah Kabupaten Belitung Timur A2 menjadi rumah dinas Bupati Belitung Timur. A2, dibangun sejak tahun 1916 oleh Perusahaan Tambang Timah Swasta milik Belanda, NV. Biliton Maatschappij.

Rumah A2, posisinya tepat berada di bawah Rumah A1 yang berada dipuncak Bukit Samak. Dahulu, A2 sempat menjadi kediaman dokter, yang melayani kesehatan karyawan perusahaan tambang dan juga kepala administratur tambang yang tinggal di rumah A1.

Desain rumah A2 termasuk dalam kelompok arsitektur Indo-Eropa, gaya ini memadukan arsitektur modern yang disesuaikan dengan iklim, bahan bangunan dan teknologi yang berkembang pada saat itu.

Penandanya adalah keberadaan gevel (gable) segitiga pada bagian depan, tower segitiga delapan yang terbilang langka untuk rumah tinggal, bouvenlich atau lubang ventilasi motif kreypak, plafon yang tinggi dan volume ruangan yang lebih besar untuk menyesuaikan iklim tropis.

Let’s explore Bukit Samak – Manggar East Belitung

Want to see the historical buildings that built by the Dutch? You can explore Bukit Samak/ Samak Hill – Manggar East Belitung, there you can see historic buildings in the form of houses, mosque, schools and others. The building can also be used as a photo background.

Referensi: Disbudpar Belitung Timur

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

1 komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.